T-12 Cloudmaker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selubung T-12 di Museum Senjata Angkatan Darat Amerika Serikat, Aberdeen Proving Ground, Aberdeen, Maryland.

Bom gempa T-12 (juga dikenal sebagai Cloudmaker) dikembangkan oleh Amerika Serikat dari tahun 1944 hingga 1948 dan digunakan sampai penarikan pesawat pembom Convair B-36 Peacemaker pada tahun 1958. Bom ini adalah salah satu dari sejumlah kecil bom yang dirancang untuk target serangan kebal terhadap bom "lunak" konvensional, seperti bunker dan jembatan. Cloudmaker dapat mencapai hal tersebut dengan memiliki bagian hidung yang sangat tebal dan keras yang dirancang untuk menembus jauh ke dalam struktur beton yang diperkeras dan kemudian meledak di dalam target setelah penundaan waktu yang singkat.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

T-12 adalah pengembangan lebih lanjut dari konsep yang diprakarsai dengan senjata Tallboy dan Grand Slam Inggris yang dikembangkan oleh insinyur aeronautika Inggris Barnes Wallis selama Perang Dunia Kedua. Keduanya merupakan bom yang sangat aerodinamis dengan bobot paling besar yang dirancang untuk dijatuhkan dari ketinggian setinggi mungkin. Menembus dalam-dalam di tanah sebelum meledak, gelombang kejut yang dihasilkan ditransmisikan melalui tanah ke sasaran. Rongga bawah tanah dan gerakan tanah yang dihasilkan[1] juga bisa merusak struktur. Bom ini juga bisa digunakan melawan target yang diperkeras. Jenis bom ini dapat mencapai kecepatan supersonik dan memiliki sirip ekor yang dirancang untuk memutar bom untuk akurasi yang lebih tinggi.

Awalnya dirancang untuk memenuhi target bobot 42.000 pon (19000 kg) (muatan maksimum untuk pembom Convair B-36 "Peacemaker"), desain asli dengan selubung yang dikeraskan dengan bobot kurang dari 43.000 pon. T-12 versi akhir berbobot 43.600 pon (hampir 20 metrik ton). Ini dua kali ukuran bom terbesar Amerika Serikat sebelumnya, M110 (T-14) 22.000 pon, versi Grand Slam Inggris buatan Amerika. T-12 bukan pembesaran dari M110, tetapi menggabungkan modifikasi berdasarkan pengujian dan perhitungan. B-36 dirancang ulang sehingga dapat membawa T-12, meskipun B-29 Superfortress yang dikonversi telah digunakan untuk pengujian.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Li, J.C.; Ma, G.W. (19 May 2010). "An analytical study to predict underground explosion-induced ground motion". Dalam Zhao; Labiouse, Vincent; Dudt, Jean-Paul; Mathier, Jean-Francois. Rock Mechanics in Civil and Environmental Engineering. CRC Press. hlm. 305. ISBN 978-0-203-84069-6. Diakses tanggal 27 April 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]