Svätý Jur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Svätý Jur merupakan sebuah kota kecil di timur laut Bratislava, ibukota Slowakia. Dalam bahasa Slowakia, nama ini berarti Santo Georgius. Antara tahun 1960-1990, kota ini bernama Jur pri Bratislave. Svätý Jur berpenduduk sekitar 5.000 jiwa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Svätý Jur terletak di Distrik Pezinok, Region Bratislava, Slowakia barat daya. Daerah sekitarnya mencakup kebun anggur besar di Pegunungan Karpatia Kecil di sekitarnya dan paya Šúr yang unik, sebuah daerah yang dilindungi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggalian arkeologis menemukan bahwa daerah ini telah dihuni jauh sejak zaman Hallstatt dan Quadi. Pada abad ke-9, sebuah kastil Moravia Besar dibangun di sini. Svätý Jur pertama kali disebutkan dalam dokumen tertulis tahun 1209 dan mendapatkan hak kota pada tahun 1299. Kota ini menjadi kota bebas di Kerajaan Hongaria pada tahun 1647 Meskipun dibangun dinding antara tahun 1603-1664, Svätý Jur jatuh ke tangan Kesultanan Usmaniyah pada tahun 1663. Pasukan Turki juga menghancurkan Benteng Putih (bahasa Slowakia: Biely Kameň), pusat administrasi penting masa itu.

Pada abad ke-18, 19 dan 20, penduduk kota ini kebanyakan bangsa Jerman, yang diusir dari sini setelah Perang Dunia II.

Pada tahun 1840, rel kereta api pertama di Kerajaan Hongaria dibangun dari Bratislava ke kota ini.

Panorama Svätý Jur

Pranala luar[sunting | sunting sumber]