Suryadi Ismadji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Suryadi Ismadji (lahir 23 Desember 1969) adalah seorang dosen di Fakultas Teknik Kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Beliau lahir di Surabaya . Beliau juga seorang peneliti yang aktif berkontribusi menulis hasil penelitiannya dalam bidang teknik kimia.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Beliau menyelesaiakan studi S1 Teknik Kimia di Universitas Katolik Widya Mandala. Kemudian melanjutkan studi S2 Teknik Kimia di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Belaiu mendapat gelar doktor dari The University of Queensland, Australia pada tahun 2002.[1]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam penghargaan telah diterima sejak tahun 2003. Pada tahun 2010, beliau menerima Penghargaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF). Beliau dinilai aktif dan konsisten menghasilkan jurnal- jurnal ilmiah yang terbit dalam skala nasional maupun internasional. Beliau mengajukan penelitian tentang karbon aktif dengan memanfaatan limbah pertanian seperti kulit ketela pohon. Hal ini dinilai dapat menjadi solusi pemurnian minyak kelapa sawit dengan teknologi yang efisien.[2] Pada tahun yang sama, Suryadi Ismadji juga menerima penghargaan Australia Alumni Award untuk bidang Research and Innovation dari Kedutaan Australia. Pada tahun 2012, Suryadi Ismadji menerima penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan, Republik Indonesia. Pada tahun 2015 beliau menerima penghargaan Ahmad Bakri Award XIII dan APTIK Award 2015. Pada tahun 2017, Perhargaan Habibie Award XIX pada bidang Teknik dan Rekayasa berhasil diperoleh Suryadi Ismadji. Tahun 2018, predikat Dosen Berprestasi tingkat nasional (peringkat 2) berhasil diraih oleh Suryadi Ismadji. Dalam waktu 4 tahun berturut-turut (2019-2022), Suryadi Ismadji masuk dalam WORLD’S TOP 2% SCIENTISTS.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Suryadi Ismadji | Widya Mandala Catholic University Surabaya - Academia.edu". widyamandala.academia.edu. Diakses tanggal 2019-09-14. 
  2. ^ "Suryadi Ismadji Terima Penghargaan ITSF 2010". Tempo (dalam bahasa Inggris). 2011-02-10. Diakses tanggal 2019-09-14.