Surat Milawata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Surat Milawata (CTH 182) surat perjanjian diplomatik dari raja Het di Hattusa kepada raja bawahan di Anatolia bagian barat sekitar tahun 1240 SM. Surat ini merupakan bukti penting dalam perdebatan tentang historisitas wiracarita Ilias yang ditulis oleh Homeros.

Alasan judulnya "Surat Milawata" adalah karena disebutkan bahwa kedua pihak dalam surat tersebut telah melakukan pergerakan pasukan di perbatasan Milawata; yang juga menyebutkan kota Atriya, di tempat lain dikenal sebagai negara bawahan "Millawanda". Para cendekiawan sepakat bahwa Millawanda dan Milawata merupakan nama kuno yang merujuk ke kota Miletos.[1][2][3]

Surat itu menuntut agar raja bawahan menyelesaikan perselisihan tentang sandera, menyerahkan buronan dari pengadilan Het, dan menyerahkan orang yang berpura-pura dari Wilusa ke utusan Het sehingga orang Het dapat mengangkatnya kembali sebagai raja di sana. Surat itu mengingatkan penerima bahwa ayah penerima telah berbalik melawan raja Het. Raja Het kemudian mengangkat penerima sebagai raja menggantikan ayah orang itu. Disebutkan juga bahwa wewenang penerima berada di pantai. Namun, karena ini mencakup peristiwa dari Wilusa ke Milawata, dan karena pemahaman saat ini adalah bahwa ini menyiratkan Troya di utara, hingga Miletos di selatan, harus disimpulkan wewenang mana yang seharusnya. Baik Kerajaan Mira dan daerah aliran sungai Seha dipisahkan dari negara pesisir dan persekutuan dari Arzawa, dan keduanya memiliki penguasa di akhir abad ke-14 SM yang memberontak melawan Hatti. Dari yang diketahui Mira dan daerah aliran sungai Seha, yang paling cocok adalah Kupanta-Kurunta dari Mira. Ketika Manapa-Tarhunta dari daerah aliran sungai Seha bergabung dengan pemberontakan Uhha-Ziti melawan Mursili II sekitar tahun 1320 SM, dia sendiri tidak berbuat banyak; dan Manapa-Tarhunta tetap diam setelah Mursili memaafkannya. Sebaliknya, Mashuiluwa dari Mira memberontak dan menghasut Pitassa untuk memberontak pada sekitar tahun 1310. Setelah itu, Mursili menggulingkan Mashuiluwa dan mengangkat keponakan Mashuiluwa dan anak angkat Kupanta-Kurunta (yang juga keponakan Mursili).

Dalam perjanjian berikutnya, Mursili setuju untuk menyerahkan Kuwaliya ke Kupanta-Kurunta, yang berbatasan dengan sungai Astarpa (yang berliku-liku?), yang disebutkan Mursili dalam sejarahnya sebagai dekat dengan "Millawanda"; perbatasan Milawata juga disebutkan dalam surat Milawata.Terakhir, meskipun ini adalah "penjelasan untuk kenyamanan", Kupanta-Kurunta diketahui telah bertahan sebagai raja hingga masa pemerintahan Hattusili III (1265–1235 SM), yang memungkinkan banyak calon penulis di pihak Het; dengan asumsi bahwa perjanjian antara Muwatalli II (1295–1272 SM) dan Alaksandu dari Wilusa tidak salah (tetapi perhatikan catatan kaki referensi Beckman dalam Hittite Diplomatic Texts), Manapa-Tarhunta meninggal sebelum perjanjian itu (yaitu, sebelum sekitar tahun 1280 SM).

Seperti surat Manapa-Tarhunta (k. 1295 SM) dan surat Tawagalawa (k. 1250 SM), surat Milawata menyebutkan petualang terkenal bernama Piyama-Radu;[2] tetapi sebagai sosok masa lalu. Nama "Milawata" diduga merupakan perkembangan selanjutnya,perjalanannya menjadi "Mil[w]atos" dari prasasti Linear B / LHIIIB yang ditemukan di Pylos dan Thiva. Kesepakatan ilmiah menempatkan surat Milawata sebagai bagian terakhir dari rangkaian surat perjanjian diplomatik bangsa Het.

Burney (Historical Dictionary of the Hittites, 2006) dan Bryce (Kingdom of the Hittites, 2005) mengaitkan surat Milawata dengan tulisan Tudhaliya IV kepada raja Mira selanjutnya. Jika demikian, rujukan surat tentang peristiwa-peristiwa di mana hubungan Kupanta-Kurunta dan Mursili II dimaksudkan untuk membangkitkan dinasti mereka daripada penokohan yang sebenarnya, atau peristiwa sejalan dari masa kemudian (namun akan menghilangkan beberapa penjelasan di atas untuk menempatkan surat dari Mira).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hawkins, David J. (2009). "The Arzawa letters in recent perspective" (PDF). British Museum Studies in Ancient Egypt and Sudan. 14 (2009): 73–83. 
  2. ^ a b Bryce, T.R. (1985). "A Reinterpretation of the Milawata Letter in the Light of the New Join Piece". Anatolian Studies. 35 (1985): 13–23. doi:10.2307/3642868. 
  3. ^ Hoffner Jr., Harry A. (2009). Beckman, Gary M., ed. Letters from the Hittite Kingdom. Atlanta: Society of Biblical Literature. hlm. 293.