Sun Yun-suan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sun Yun-suan (Hanzi: 孫運璿, hanyu pinyin: Sun Yunxuan) (10 November 1913 - 15 Februari 2006) adalah seorang politikus Taiwan, Republik Tiongkok. Ia terakhir menjabat sebagai penasehat presiden. Lahir di Kabupaten Fenglai, Provinsi Shandong, ia pertama kali sampai di Taiwan sesaat setelah Jepang kalah perang sebagai insinyur di Perusahaan Listrik Nasional Taiwan yang saat itu hancur karena Perang Dunia II.

Tamat dari Universitas Industri Harbin, berkarier sebagai insinyur membawanya menjabat berbagai pos-pos penting baik dalam bidang bisnis maupun politik.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia mencatat sukses dengan membawa Taiwan mencapai puncak kemajuan ekonominya dengan mengimpor teknologi tinggi berupa sirkuit terpadu dan produk aplikasi semikonduktor lainnya ke Taiwan. Ia juga menelurkan banyak ide tentang Taman Industri Sains ataupun Area Industri Bebas Bea di dekat pelabuhan ekspor. Satu karya terbesarnya adalah Institut Riset Teknologi Industri (工業研究院) yang meletakkan dasar kuat bagi perkembangan teknologi tinggi di Taiwan.

Pada tahun 1984, ia terserang stroke karena pendarahan otak. Semenjak itu pula karier politiknya meredup bersama kelumpuhan yang menyertainya. Sebenarnya, ia dipersiapkan oleh Presiden Chiang Ching-kuo saat itu untuk menjabat sebagai presiden Republik China pasca Chiang. Sejarah kemudian mencatat, Lee Teng-hui menggantikan Sun menjadi penerus tampuk kepemimpinan Republik China tahun 1988 sepeninggal Chiang.

Sun meninggal di Rumah Sakit Veteran Pusat Taipei, Taiwan pada dini hari pukul 00:33 tanggal 15 Februari 2006 karena penyakit jantung koroner.


Didahului oleh:
Chiang Ching-kuo
Perdana Menteri Republik Tiongkok
19781984
Diteruskan oleh:
Yu Kuo-hwa