Sun Myung Moon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sun Myung Moon
Hangeul 문선명
Hanja 文鮮明
Alih Aksara yang Disempurnakan Mun Seon-myeong
McCune–Reischauer Mun Sŏnmyŏng

Sun Myung Moon (lahir 25 Februari 1920, lunar: 6 Januari 1920) adalah seorang pendeta yang mendirikan Gereja Unifikasi (belakangan diganti namanya menjadi Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Unifikasi Dunia) pada 11 Mei 1954, di Seoul, Korea Selatan. Moon adalah pencetus dan salah satu pengarang dari Prinsip Ilahi dan bersama istrinya, Hak Ja Han, ia merupakan salah satu pemimpin dari Gerakan Unifikasi (Gerakan Penyatuan Kembali), yang mencakup Federasi Antar-agama dan Internasional untuk Perdamaian Dunia (IIFWP), Federasi Perdamaian Universal, dan banyak organisasi lainnya. Ia pernah mengatakan bahwa dirinya adalah "Juru Selamat, Mesias, Tuhan yang Telah Datang Kembali dan Orang tua Sejati bagi seluruh umat manusia."[1] Ia juga terkenal karena sejak 1960 telah mengadakan Upacara Pemberkatan, yang seringkali disebut "pernikahan massal"; dan karena mendirikan surat kabar Washington Times pada 1982.

Nama dan bentuk sapaan[sunting | sunting sumber]

Nama Sun Myung Moon saat dilahirkan adalah Moon Yong-myung. Ketika dewasa ia mengganti namanya (menjadi Sun-myung). Bahasa Hanja untuk nama keluarga "Moon" (문, 文) berarti "kata" atau "literatur" dalam bahasa Korea. Huruf untuk "sun" (선, 鮮) berarti "segar". Huruf untuk "myung" (명, 明), yang merupakan salah satu dari nama kecilnya, berarti "terang".

Anggota-anggota Gereja Unifikasi menyebut Pdt. Moon "Bapak" (singkatan dari "Bapak Sejati"). Sebagian pendeta yang baru-baru ini bergabugn dengan Gerakan Unifikasi kini menyebutnya "Bapak Moon". Gelar-gelar serupa digunakan untuk istrinya.

Pada konferensi-konferensi ilmiah bentuk "Dr. Moon" juga digunakan sejak Pdt. Moon mendapatkan gelar kehormatan dari Sekolah Teologi Shaw.

Biografi awal[sunting | sunting sumber]

Hidup di Korea[sunting | sunting sumber]

Moon dilahirkan di Sangsa-ri, Deogun-myun, Jeongju-gun, Provinsi P'yŏng'an Utara, Korea (kini di Korea Utara) dari orang tuanya Moon Kyung-yoo dan Kim Kyung-gye. Keluarga Moon menganut kepercayaan tradisional Konfusianisme, tetapi menjadi Kristen ketika ia berusia sekitar 10 tahun.

Pada pagi Paskah, 17 April 1935, ketika ia berusia 16 tahun (dalam perhitungan umur Korea), Moon mengatakan ia mendapatkan penglihatan atau wahyu tentang Yesus ketika ia sedang berdoa di puncak sebuah gunung kecil. Ia mengatakan bahwa Yesus memohon kepadanya untuk menyelesaikan misinya dalam untuk menyelamatkan seluruh umat manusia.

Tahun-tahun SMA Moon dilewatinya di sebuah asrama sekolah di Seoul, dan belakangan di Jepang, tempat ia belajar teknik elektro. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, ia kembali ke Korea dan mulai memberitakan pesan-pesannya.

Moon ditangkap pada 1946 oleh pejabat-pejabat Korea Utara. Gereja menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan itu muncul dari rasa iri dan tidak suka dari pendeta-pendeta gereja lain setelah anggota-anggota mereka tidak lagi memberikan persepuluhan mereka kepada gereja-gereja mereka yang lama setelah bergabung dengan jemaat Sun Myung Moon. Polisi memukulinya dan meninggalkannya karena mengira ia sudah mati, tetapi seorang muridnya yang berusia remaja, Won Pil Kim, merawatnya hingga kesehatannya pulih kembali.

Moon ditangkap lagi dan dikenai hukuman penjara lima tahun. Pada 1948 Moon dikirim ke kamp kerja Heung-Nam, dan di sana para tahanan secara rutin dipaksa bekerja hingga mati dengan jatah makanan yang sangat sedikit. Moon mengatakan bahwa ia selamat berkat perlindungan Allah atas dirinya, dan kebiasaannya untuk menghemat setengah dari jatah minumannya untuk mencuci bahan kimia yang berbahaya dari kulitnya setelah bekerja sepanjang hari mengantongkan dan memuat pupuk kimia dengan tangan telanjang. Setelah menjalani hukumannya selama 34 bulan, ia dibebaskan pada 1950 ketika pasukan-pasukan PBB masuk ke kamp itu dan para penjaganya melarikan diri.

Moon dipenjarakan sebentar karena tuduhan melakukan pemalsuan selama Perang Korea ketika, tak lama setelah meloloskan diri dari Korea Utara, ia berusaha menggunakan sejumlah mata uang Korea Utara di Korea Selatan. Ia dibebaskan setelah bekas guru taman kanak-kanaknya memberikan vouched for him. ia was also charged with draft evasion; these charges were eventually dropped, seelah dipastikan bahwa Moon berada di kamp tahanan Korea Utara selama perang. Belakangan ia menjelaskan kepada para pengikutnya bahwa sebagai hamba Allah, ia tidak ingin berada dalam posisi bahwa ia diharuskan membunuh sesamanya.

Pada 1954, ia mendaftarkan 'Perhimpunan Roh Kudus untuk Penyatuan Kekristenan se-Dunia di Seoul' (juga dikenal sebagai Gereja Unifikasi).

Beberapa sosiolog dan peneliti gerakan agama baru telah menulis bahwa kepemimpinan Moon dalam Gereja Unifikasi didasarkan pada otoritas karismatis.[2][3]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Moon menikah dengan Hak Ja Han, istrinya yang ketiga,[4] pada 11 April 1960, tak lama setelah ia berusia 17 tahun, dalam sebuah upacara yang disebut "Pernikahan Suci". Istri pertamanya telah meninggalkan Moon karena konflik dari apa yang dilihat Moon sebagai peranan mesianiknya. Han, yang disbut "Ibunda" atau "Ibu Sejati" oleh para pengikutnya, dan suaminya, disebut sebagai "Orang tua Sejati" oleh para anggota Gereja Unifikasi.

Hak Ja Han melahirkan 14 anak; anak perempuannya yang kedua meninggal pada masa balita. Keluarga ini dikenal oleh gereja ini sebagai "Keluarga Sejati" dan anak-anaknya sebagai "Anak-anak Sejati."

Tak lama setelah pernikahan mereka, mereka memimpin sebuah Upacara Pemberkatan untuk 36 pasangan, yang pertama dari banyak upacara seperti ini.

Pada 1990-an Moon mengunjungi beberapa negara bekas komunis, dan sebagian masih komunis. Pada 1990, ia mengorganisir suatu pertemuan besar antara pemerintah dan media di Moskwa. Hal ini memenuhi janji yang pernah ia buat pada 1976 bahwa suatu hari kelak ia akan mengorganisir suatu "pertemuan besar untuk Allah di Moskwa." Pada konferensi ini, pada peringatan ke-30 pernikahan mereka, Pdt. dan Ny. Moon bertemu dengan Presiden Mikhail Gorbachev. Mereka memberikan sejumlah wawancara bersama-sama, yang disiarkan di televise maupun di surat-surat kabar. Moon pergi ke Korea Utara pada Desember 1991, dan bertemu dengan Presiden Kim Il Sung, yang pernah mengirimnya untuk disiksa dan melakukan kerja paksa di kamp tahanan.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Peranan Gereja dalam memproduksi amunisi[sunting | sunting sumber]

Anggota-anggota gerejanya bekerja dalam memproduksi amunisi di Korea Selatan pada 1960-an, seperti yang didokumentasikan dalam sebuah Laporan Kongres Amerika Serikat tentang Gereja Unifikasi dari 1978.

Menurut laporan yang sama, "A Moon Organization business" (Sebuah bisnis organisasi Moon) terlibat dalam pembuatan senjata dan "merupakan kontraktor pertahanan yang penting di Korea. Bisnis ini terlibat dalam produksi senapan M-16, senjata anti pesawat udara, dan berbagai senjata lainnya.". Laporan ini juga mengatakan bahwa "yang sangat diprihatinkan adalah keterlibatan Organisasi Moon dalam produksi dan penjualan senapan-senapan M-16 serta senjata-senjata lain yang diberikan kepada Korea dalam program bantuan AS dan yang dikenai Akta Pengendalian Ekspor Senjata. Pada akhir 1977, para wakil Organisasi Moon berusaha merundingkan kembali kesepakatan ko-produksi antara Colt Industries dan pemerintah Republik Korea. Keadaan-keadaannya menunjukkan bahwa mereka adalah utusan-utusan rahasia pemerintah Korea yang, di bawah kesepakatan ko-produksi, mempunyai kontrol eksklusif terhadap produksi M-16. Meskipun pemerintah Korea mengatakan bahwa negara itu ingin memproduksi 300.000 tambahan M-16 karena kebutuhan untuk melengkapi pasukan-pasukannya sendiri, Organisasi Moon berusaha memperoleh persetujuan Colt untuk mengekspor senjata ke negara ketiga."

Anak laki-laki keempat Moon, Kook Jin "Justin" Moon mendirikan Kahr Arms, sebuah perusahaan senjata ringan yang berbasis di Blauvelt, New York dengan pabriknya di Worcester, Massachusetts.[5][6]

Masa tahanan[sunting | sunting sumber]

Lawan-lawannya sering mengutip kenyataan bahwa Moon pernah dipenjarakan dengan tuduhan-tuduhan pelanggaran pajak dan telah dilarang berkunjung ke sejumlah Negara sebagai bukti bahwa ia bukan seorang pemimpin agama yang sah. Para pendukung Moon menolak masa penahanan dan larangan bepergian itu sebagai contoh penganiayaan, sambil mengatakan khususnya bahwa Yesus sendiri juga dianiaya dan akhirnya dihukum mati oleh pemerintah Roma.

Pengaruh politik[sunting | sunting sumber]

Beberapa komentator, termasuk wartawan independen Amerika Robert Parry, pernah mengatakan bahwa Moon, meskipun ia tidak pernah mencalonkan diri untuk suatu jabatan politik, mempunyai sejarah yang panjang dalam memberikan sumbangan politik melalui berbagai organisasi seperti misalnya Federasi Perempuan untuk Perdamaian Dunia dan Yayasan Washington Times, dengan uangnya yang mengalir melalui kelompok kanan keagamaan khususnya.[7] Pada pertengahan 1990-an bekas Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush menerima jutaan dolar dari Federasi Perempuan untuk Perdamaian Dunia yang berafiliasi dengan Moon atas namanya di seluruh dunia, sebuah fakta yang dimanfaatkan Moon dalam berbagai medianya.[7] Pada Juni 2006 Houston Chronicle melaporkan bahwa pada 2004 Yayasan Washington Times memberikan AS$1 juta kepada Yayasan Masyarakat Houston Raya, yang memberikan sumbangan kepada Perpustakaan Presiden George H.W. Bush. Seseorang yang digambarkan sebagai "detektif elektronik Virginia yang bernama Larry Zilliox" oleh wartawan Rick Casey mengatakan bahwa hal ini dimaksudkan untuk melobi anak Bush Presiden George W. Bush agar memberikan pengampunan kepada Moon atas pelanggarannya dalam kasus pajak pada 1982.[8]

Pada 2006 Parry melaporkan bahwa Moon mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keluarga Bush dan dengan demikian ia mempunyai pengaruh tak langsung terhadap pemerintah Amerika Serikat. [1]

Di sini dan di sini Gorenfeld mencatat sedikit tentang hubungan antara keluarga Bush dan Moon (termasuk foto-foto dan video).

Masalah-masalah lain[sunting | sunting sumber]

Moon barangkali adalah salah satu pemimpin agama yang paling controversial. Ia telah banyak dikritik. Beberapa tokoh kebebasan sipil menganggap seruannya untuk mempersatukan agama dan politik sebagai pelanggaran dari pemisahan antara agama dan negara dalam sistem demokrasi, dan bahwa ia akan menghancurkan individualisme. Namun, organisasi kebebasan sipil terkemuka di Amerika Serikat, Amerika Civil Liberties Union mengajukan suatu amicus curiae yang mendukung Moon dalam kasus pajaknya.

Terhadap ucapan-ucapannya tentang Holocaust pun telah muncul sejumlah keberatan, sebagian karena akibat tidak langsung dari sejumlah pemimpin Yahudi penting, khususnya Yohanes Pembaptis, tidak mendukung Yesus sehingga menyebabkan ia dibunuh oleh pemerintah Roma. Lihat Gereja Unifikasi dan anti-Semitisme. Moon telah melakukan banyak usaha untuk rekonsiliasi di Israel antara ketiga agama Abrahamik utama (Yudaisme, Kristen, dan Islam) dengan mengorganisizir ziarah-ziarah damai dengan para pemimpin agama dan politik.

Kelompok-kelompok pejuang hak kaum gay merasa keberatan atas kutukannya terhadap homoseksualitas. Pada 1997 ia mengatakan kepada anggota-anggota gerejanya:

Apakah dunia sekitar kita ini dunia yang damai yang berpusat pada Allah, ataukah semuanya kacau? (Kacau.) Itulah yang disebut seks bebas. Apakah artinya lesbian dan homoseksual? Itu adalah tempat dimana segala macam kotoran berkumpul. Kita harus mengakhiri perilaku itu. Bila hubungan yang kotor seperti ini berlangsung antara manusia, Allah tidak akan bahagia. Seperti itulah dunia sekular. Sebagai tuan atas segala ciptaan, apakah kita mengusahakan dunia seperti itu? (Tidak.) Sebagai manusia, kita harus memobilisir ke-40 miliar sel kita dan membersihkan tempat-tempat kotor itu. Apakah kalian kaum perempuan mau air yang penuh berisi kotoran-kotoran ini dituangkan kepada kalian? (Tidak.) Bagaimana dengan kaum laki-laki, apakah kalian mau direndam dalam air yang kotor seperti itu? (Tidak.) Hanya Setan dan anjing-anjing yang memakan kotoran yang mencari hal seperti itu. Allah menciptakan manusia dan mereka harus menjauhkan diri dari semua itu. Benarkah demikian? [YA!] Ada anjing-anjing tertentu yang mencari kotoran seperti itu dan memakannya. Karena itu sebutan anjing digunakan untuk menghina manusia. orang-orang yang suka anjing-anjing yang suka memakan kotoran pasti punya masalah. Khususnya orang Amerika dan para pemimpin Amerika. Bila mereka benar-benar mencintai anjing-anjing seperti itu, mereka juga menjadi seperti anjing-anjing yang memakan kotoran itu, dan menghasilkan kualitas hidup seperti itu. Bila anjing-anjing itu ada di dekat kita, tidakkah kita mencium baunya? Anda mau dekat-dekat dengan mereka atau jauh? (Jauh.) Orang Amerika, pikiran mereka ingin menjauhi, tetapi tubuh mereka masih ditarik oleh anjing-anjing pemakan kotoran ini. Benar! Kegiatan seks bebas itu sama dengan hal ini. Ayah memberikan kalian sebuah ungkapan.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Babington, Charles; Alan Cooperman (23 Juni 2004). "Pdt. Moon Mendapat Kehormatan dalam Resepsi di Capitol Hill, AS - Para Anggota Dewan Legislatif Mengatakan Mereka Tertipu". Washington Post: A01. 
  2. ^ Bromley, David G. dan Anson D. Shupe Moonies in America. Cult, Church and - Crusade Beverly Hills, Sage (1979) hlm. 110 "a living, awe - inspiring leader who is the medium of ongoing supernatural revelation" Shupe dan Bromley menganggap Moon sebagai tipe ideal dari kepemimpinan yang karismatis
  3. ^ Robbins, Thomas Charisma in the Encyclopedia of Religion and Society disunting oleh William H. Swatos (Februari 1998) ISBN 0-7619-8956-0
  4. ^ Biasanya, dalam menyampaikan biografi Moon kepada anggota-anggotanya, istrinya yang kedua (tidak resmi dinikahi) Myung Hee Kim dihitung sebagai istri kedua dan Hak Ja Han dihitung sebagai istri ketiga.
  5. ^ Farragher, Thomas (Maret 21, 1999). "Moon arms factory: His father preaches peace, dan ia makes guns". Boston Globe.  Unknown parameter |diakses= ignored (help)
  6. ^ Kahr Arms: The Company (click on "Research & Development" link in sidebar), Kahr Arms, Templat:Diakses 19 Agustus 2005.
  7. ^ a b The Moon-Bush Cash Conduit Robert Parry 14 Juni 2006. Consortiumnews.com, The Consortium for Independent Journalism, Inc.
  8. ^ $1 million Moonie mystery Rick Casey. Houston Chronicle 8 Juni 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pandangan yang mendukung[sunting | sunting sumber]

Pandangan kritis[sunting | sunting sumber]

Pandangan yang seimbang/netral[sunting | sunting sumber]