Sumbu semimayor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sumbu semi-mayor)
Sumbu semi-mayor suatu elips

Sumbu mayor suatu elips adalah diameter terpanjangnya, yaitu garis yang membentang melintasi pusat dan kedua fokusnya, garis ini berakhir pada titik terlebar benda tersebut. Sumbu semi-mayor besarnya satu setengah sumbu mayor, dan membentang dari pusat, melintasi fokus, hingga pinggiran elips; singkatnya, sumbu semi-mayor adalah ukuran radius suatu orbit yang diambil pada dua titik terjauh orbit tersebut. Pada lingkaran, sumbu semi-mayornya adalah radius lingkaran. Sumbu semi-mayor bisa pula dianggap sebagai radius panjang elips.

Panjang sumbu semi-mayor a suatu elips berkaitan dengan panjang sumbu semi-minor b melintasi eksentrisitas e dan rektum semi-latus , sebagai berikut:

Sumbu semi-mayor hiperbola adalah, tergantung konvensinya, ditambah atau dikurang satu setengah jarak antara kedua cabang. Hasilnya adalah jarak dari pusat menuju verteks (titik balik) hiperbola.

Sebuah parabola bisa diperoleh sebagai limit urutan elips ketika satu fokus menjadi tetap sementara lainnya dimungkinkan bergerak mennjauh dalam satu arah, sehingga tetap. Hasilnya dan cenderung tidak terbatas, a lebih cepat daripada b.

Elips[sunting | sunting sumber]

Sumbu semi-mayor adalah nilai rata-rata jarak terkecil dan terbesar dari satu fokus ke titik-titik di elips. Gunakan persamaan dalam koordinat kutub, dengan satu fokus di asal dan fokus lainnya di sumbu-x positif,

Nilai rata-rata dan , (untuk ) adalah

Pada elips, sumbu semi-mayornya adalah rata-rata geometri jarak dari pusat menuju fokus dan jarak dari pusat ke direktriks.

Hiperbola[sunting | sunting sumber]

Sumbu semi-mayor hiperbola adalah, tergantung konvensinya, ditambah atau dikurang satu setengah jarak antara kedua cabang; jika sumbu semi-mayornya adalah adalah a di arah-x, maka persamaannya adalah:

Dalam hal rektum semi-latus dan eksentrisitas, rumusnya

Sumbu lintang suatu hiperbola sama dengan sumbu semi-mayor.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "7.1 Alternative Characterization". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-24. Diakses tanggal 2011-10-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]