Sultan al-Atrash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sultan al-Atrash

Sultan al-Atrash ( 1891 - 1982 ) ( سلطان الأطرش ) atau lebih dikenal sebagai Sultan Pasha al-Atrash ( سلطان باشا الأطرش ) adalah seorang pemimpin penting Druze yang memimpin Revolusi Suriah dari tahun 1925 - 1927 . Dia berjuang pertama melawan kekuasaan Ottoman dan panjajahan Perancis, dan akhirnya melawan pemerintah Suriah yang cenderung diktator . Sultan al-Atrash adalah salah satu tokoh paling penting di Suriah karena telah berperan dalam kemerdekaan Suriah.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sultan al-Atrash lahir di desa kecil Al-Qrayya dua puluh kilometer selatan Sweida di Jebel al-Druze . Atrash keluarga adalah keluarga Druze yang sangat terkenal dan sangat penting, yang memerintah wilayah tersebut sejak 1879 . Ayahnya, Zuqan dilakukan di 1910 dekat Al-kafir, sebuah pertempuran besar melawan Ottoman, dimana dia menghadapi kekuatan Sami al-Farouq Pasha . Ayahnya ditangkap dan dieksekusi pada tahun 1911 karena memberontak.

Peran Dalam Revolusi Arab[sunting | sunting sumber]

Sultan al-Atrash saat memimpin pasukan

Sami Pasha menggunakan kekuatan militer dan tipu daya dan pada akhirnya berhasil menduduki Jabal el Druze. Dia mengirim ratusan Druze muda untuk berperang di Balkan , Sultan di antara mereka. Namun, selama Perang Dunia pertama, Ottoman meninggalkan Jabal el Druze dalam damai karena mereka takut pemberontakan. Sultan kemudian bisa mendapatkan berhubungan dengan gerakan Pan-Arab dan terutama dengan Revolusi Arab di Hijaz . Sebagai pemberontakan mulai ia mengangkat bendera Arab di benteng Salkhad dan rumahnya sendiri.

Ketika pasukan Arab mencapai Aqaba, ia mengirim seribu orang untuk bergabung pemberontakan. Dia bergabung dengan mereka sendiri, dengan yang lain 300 orang, ketika mereka mencapai Bosra . Pasukannya adalah yang pertama untuk memasuki Damaskus dan menaikkan bendera Arab di rumah pemerintah pada tanggal 29 September 1918. Sultan adalah teman baik dari Hashemit Emir Faisal I dari Irak , pemimpin pasukan Arab dalam pemberontakan, dan dianugerahi gelar Amir dan pangkat Jenderal di tentara Suriah, setara dengan judul Pasha . Faisal, kemudian raja dari Irak , banyak membantu Sultan selama bertahun-tahun di pengasingan.

Kerajaan baru-independen Suriah tidak bertahan lama, seperti yang diduduki oleh Perancis setelah Pertempuran Maysalun pada tanggal 24 Juli 1920. Sultan sedang mengumpulkan anak buahnya untuk melawan Prancis tapi berurutan peristiwa dipotong pendek usahanya, saat pasukan Perancis memasuki Damaskus dan negara dibagi menjadi lima negara, Jabal el Druze menjadi salah satu dari mereka.

Revolusi Suriah (1925-1927)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1925 Sultan Pasha al-Atrash memimpin pemberontakan yang meletus di Gunung Druze dan menyebar ke menelan seluruh Suriah dan bagian dari Libanon . Ini dianggap sebagai salah satu revolusi yang paling penting terhadap mandat Perancis , karena mencakup seluruh Suriah dan menyaksikan pertempuran sengit antara pasukan pemberontak dan Perancis.

Pada 23 Agustus 1925 Sultan Pasha al-Atrash resmi menyatakan revolusi melawan Perancis, dan segera pertempuran meletus di Damaskus , Homs dan Hama . Al-Atrash memenangkan beberapa pertempuran melawan Prancis pada awal revolusi, terutama Pertempuran al-kafir pada tanggal 21 Juli, 1925 Pertempuran al-Mezra'a pada tanggal 2 Agustus 1925, dan pertempuran Salkhad, al- Msifreh dan sebagai-Suwayda . Setelah kemenangan memberontak melawan Prancis, mengirim ribuan pasukan ke Suriah dan Libanon dari Maroko dan Senegal, dilengkapi dengan senjata modern, dibandingkan dengan beberapa pasokan pemberontak. Hal ini secara dramatis mengubah hasil dan memungkinkan Perancis untuk mendapatkan kembali banyak kota, meskipun perlawanan berlangsung sampai musim semi 1927. Prancis dihukum Sultan al-Atrash sampai mati, tetapi ia telah melarikan diri dengan pemberontak Transyordania dan akhirnya diampuni. Dia kembali ke Suriah pada tahun 1937 setelah penandatanganan Perjanjian Prancis-Suriah . Dia bertemu dengan resepsi publik yang sangat besar.