Suku Sadong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Suku Sadong merupakan salah satu suku bangsa yang terdapat di pulau Kalimantan. Mereka merupakan salah satu sub-suku dari Suku Dayak Bidayuh. Mereka berdiam di Kalimantan Barat bagian utara. Saat ini populasi mereka berjumlah sekitar 34.000 jiwa.[1]

Daerah domisili[sunting | sunting sumber]

Suku Sadong merupakan salah satu suku dari empat suku besar Dayak Bidayuh yang mendiami kawasan barat daya Serawak, terutama Bahagian Serian, Kuching dan di barat Kalimantan.

Mata pencaharian[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian penduduk adalah berladang berpindah, petani karet, buruh serabutan. Hanya sebagian kecil yang berprofesi sebagai pegawai pemerintah dan pedagang, apalagi pejabat pemerintah. Hanya pada dekade ini ada beberapa putra daerah yang menduduki jabatan-jabatan penting di pemerintahan. Alasan utama mata pencaharian penduduk demikian adalah kurangnya akses ilmu pengetahuan dan teknologi serta minimnya sarana pendidikan di sana. Anak-anak mesti berjalan sejauh puluhan kilometer dengan berjalan kaki untuk mencapai akses pendidikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zulyani,, Hidayah,. Ensiklopedia suku bangsa di Indonesia (edisi ke-Edisi kedua). Jakarta. ISBN 9789794619292. OCLC 913647590.