Stratford-upon-Avon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Templat:GBmap

Stratford-upon-Avon

Stratford-upon-Avon adalah sebuah kota yang terletak di sungai Avon, sebelah selatan Warwickshire, Inggris. Stratford paling terkenal sebagai kota kelahiran William Shakespeare. Kota ini juga adalah pusat administratif dari Stratford-on-Avon District. Pada 2001 kota ini memiliki penduduk sebanyak 23.676 jiwa.

Industri[sunting | sunting sumber]

Karena hubungannya dengan Shakespeare, Stratford adalah tujuan pariwisata terkenal, dan menerima sekitar 500.000 pengunjung setiap tahun dari seluruh dunia. Selain turisme, industri-industri lain di kota ini termasuk aluminium dan narrowboat building.

Sejarah dan geografi[sunting | sunting sumber]

Stratford memiliki asal muasal Anglo-Saxon, dan berkembang sebagai kota perdagangan pada zaman pertengahan.

Peta bersejarah dari 1908

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Stratford terletak dekat kota kedua terbesar di Britania Raya, Birmingham, dan mudah dicapai dari junction 15 dari M40 motorway. Stratford Northern Bypass sepanjang 7 mil dibuka pada bulan Juni 1987 sebagai A422. Kota ini memiliki hubungan kereta yang baik dari Birmingham (Snow Hill station, Moor Street station) dan dari London, dengan tujuh jalur kereta langsung per hari dari London Marylebone.

Kota ini memiliki jalur sepeda yang baru, dan termasuk dalam canal network.

Tujuan pariwisata[sunting | sunting sumber]

New Place sekarang

Kota ini terletak di sungai Avon, dan di sebelah sungai ini terletak Royal Shakespeare Theatre, tuan rumah Royal Shakespeare Company. RSC juga memiliki dua gedung teater yang lebih kecil, Swan, yang dibuat menurut model Elizabethan theatre, dan The Other Place, sebuah black box theatre.

Tujuan pariwisata lainnya termasuk tempat lahir Shakespeare dan dua gedung kontemporer, Hall's Croft (mantan rumah anak Shakespeare, Susannah) dan New Place, yang dibangun di atas tanah bekas rumah Shakespeare. Selain itu terdapat juga Holy Trinity Church, di mana Shakespeare dibaptis dan dimakamkan.

Dekat kota ada beberapa rumah yang berhubungan dengan Shakespeare: Anne Hathaway's Cottage di Shottery, bekas rumah istri Shakespeare, Mary Arden's House, bekas rumah ibunya, dan pertanian dan gedung-gedung di Snitterfield, bekas rumah ayahnya.

Tujuan pariwisata yang tidak berhubungan dengan Shakespeare di antaranya adalah Teddy Bear Museum, peternakan kupu-kupu, Bancroft Gardens, dan Black Swan (dikenal sebagai 'Dirty Duck'), sebuah pub yang konon dikunjungi oleh aktor-aktor selepas dari panggung.

Delapan mil dari sana adalah Ragley Hall, salah satu dari England's finest stately homes dan tuan rumah dari Jerwood Sculpture Park.

Kota ini memiliki galeri seni yang dibiayai masyarakat, The Gallery, namun galeri ini ditutup pada tahun 2004.

Datangnya banyak turis telah menimbulkan ketegangan di antara penduduk selama bertahun-tahun, dan selalu ada keluhan tentang bis-bis turis yang membuat kemacetan di beberapa bagian kota.

Ada rencana untuk memperbaiki gedung Royal Shakespeare Theatre, dan untuk membangun kantor-kantor dan apartemen-apartemen di pasar ternak yang sudah tidak digunakan lagi di dekat stasiun kereta.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Stratford juga memiliki beberapa lembaga untuk mempelajari Shakespeare, termasuk Shakespeare Centre, dengan buku-buku dan dokumen-dokumen yang berhubungan, dan Shakespeare Institute, sebuah lembaga pendidikan.

Ada juga beberapa sekolah dasar dan lanjutan, termasuk dua grammar schools: King Edward VI School, juga dikenal sebagai "KES" dan Stratford-upon-Avon Grammar School for Girls, dikenal sebagai "Shottery". Stratford juga memiliki satu perguruan tinggi: Stratford-upon-Avon College.

Gereja[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]