Story:Danau Memphremagog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danau Memphremagog
Danau Memphremagog (bahasa Prancis: Lac Memphrémagog) adalah sebuah danau air tawar glasial yang terletak antara Newport, Vermont, Amerika Serikat, dan Magog, Quebec, Kanada. Nama Memphremagog berasal dari Bahasa Algonkian, yang berarti "di mana ada hamparan air besar".
Jean-Philippe Boulet
Danau ini panjangnya 27 mil (43 km) dengan 73 persen dari luas permukaan danau di Quebec, di mana ia mengalir ke Sungai Magog. Namun, tiga perempat dari daerah aliran sungainya, 489 mil persegi (1.270 km), adalah di Vermont.
Jean-Philippe Boulet
Totalnya adalah 687 mil persegi (1.780 km), dengan 198 mil persegi (510 km) terletak di Quebec. Di Vermont, danau terletak di bagian kota Derby dan Newport, di samping kota Newport, sisanya di Daerah Orleans. Di Quebec, danau terletak di bagian Austin, Magog, Ogden, Potton, Saint-Benoît-du-Lac, dan Stanstead Township, semua dalam Munisipalitas Daerah Regional Memphremagog.
Mfwills
Danau menempati sebagian besar dari Lembaga Sumber Daya Alam Vermont dengan panggilan "Basin 17". Pada ujung sangat selatan danau, terdapat Teluk South, dihubungkan dengan bagian tersempit dari danau.
Unknown photographer
Ketinggian danau 682 kaki (208 m) dan maksimum kedalaman dicatat adalah 285 kaki (87 m), terletak di dekat garis internasional. Danau ini merupakan danau terdalam ketiga di Vermont. Danau ini memiliki 20 pulau. Provinsi Island, yang terbesar, terbagi dengan perbatasan internasional. Danau ini tidak teratur bentuknya, dan sepanjang pantainya terdapat beberapa lekukan mencolok, di beberapa tempat bertepi rendah, dan di beberapa bagian lain bertepi tinggi dan berbatu. Sepanjang pantai barat danau terdapat beberapa gunung, yang menonjol di antaranya adalah Owl Head, Elephantis, dan Sugar Loaf.
Dominiquematte