Universitas Stikubank Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Stikubank)
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Stikubank
Didirikan 28 April 1968
Jenis Universitas swasta
Rektor DR. Bambang Suko Priyono, M.M
Lokasi Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Nama sebelumnya Akubank, Stikubank
Situs web www.unisbank.ac.id

Universitas Stikubank Semarang, disingkat Unisbank, adalah Entrepreneurial University berbasis teknologi informasi dan komputer yang terletak di pusat kota Semarang.

Sejarah Universitas Stikubank[sunting | sunting sumber]

Berdirinya Akubank[sunting | sunting sumber]

Sejarah Unisbank bermula Pada tanggal 28 April 1968, YPPMI mendirikan Akademi Keuangan dan Perbankan(Akubank) dengan satu jurusan, yaitu Jurusan Keuangan dan Perbankan. Selanjutnya pada tanggal 29 November 1984, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 061/0/1984, membuka jurusan baru yaitu Jurusan Manajemen dengan Program Studi Diploma III Manajemen Informatika Keuangan dan Perbankan, dengan status terdaftar.Pada tanggal 15 Mei 1989, Akubank dikembangkan menjadi sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Keuangan dan Perbankan, disingkat STIKUBANK, dengan menambah jenjang pendidikan Diploma IV.

Melihat kebutuhan masyarakat akan lulusan pendidikan tinggi, khususnya di bidang manajemen dan akuntansi yang terus meningkat, maka STIKUBANK dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) STIKUBANK berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud Nomor 407/DIKTI/Kep/1992 tanggal 26 Agustus 1992, dengan perubahan jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Informatika Keuangan dan Perbankan menjadi Jurusan Manajemen Program Studi Diploma III Manajemen Keuangan, dengan status disamakan.

Untuk melanjutkan Jurusan Manajemen Program Studi D-III Manajemen Informatika Keuangan dan Perbankan, maka pada tahun 1993 YPPMI mendirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Stikubank, disingkat AMIK STIKUBANK. Jurusan yang diselenggarakan adalah Jurusan Manajemen Informatika jenjang Program Diploma III, dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 92/D/0/1993, tanggal 23 Juli 1993.

Berdirinya STIMIK stikubank[sunting | sunting sumber]

Untuk lebih meningkatkan keberadaannya dan mengantisipasi kebutuhan global, maka pada tahun 1994 AMIK STIKUBANK dikembangkan lagi menjadi sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatikan dan Komputer Stikubank, disingkat STMIK STIKUBANK, dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 086/D/0/1994 tanggal 19 Agustus 1994. Jurusan yang diselenggarakan oleh STMIK STIKUBANK adalah :

  • Jurusan/Program Studi S-1 Manajemen Informatika
  • Jurusan/Program Studi D-III Manajemen Informatika
  • Jurusan/Program Studi S-1 Teknik Informatika.

Pada tanggal 4 Maret 1998, dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 76/DIKTI/Kep/1998, Program Studi D-III Manajemen Informatika mendapat Status Diakui.

Untuk menyediakan tenaga kerja yang diperlukan oleh pasar, maka STMIK STIKUBANK membuka Program Studi D-I dan D-II Manajemen Informatika, berdasarkan Surat Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Nomor 1727/A/ 0.06.2/AK.10/1998 tanggal 27 Juni 1998. Program Studi D-I dan D-II Manajemen Informatika mendapat Status Diakui, mengikuti status Program Studi D-III Manajemen Informatika.

Satu tahun kemudian, yaitu pada tanggal 24 Maret 1999, Program Studi D-III (termasuk D-I dan D-II) Manajemn Informatika, telah memperoleh Status Disamakan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 71/DIKTI/Kep/1999. Mengingat sumber daya dipandang cukup memadai, maka pada tanggal 15 Februari 1999, STMIK STIKUBANK menambah jurusan/program studi baru, yaitu Program Studi D-III Komputerisasi Akuntansi dengan status Terdaftar berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 26/DIKTI/Kep/1999. Selanjutnya dalam upaya memenuhi tenaga yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka STMIK STIKUBANK membuka program studi baru, yaitu Program Studi D-III Teknik Komputer dengan status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 164/DIKTI/Kep/2000 tanggal 20 Mei 2000.

Dalam rangka mengimbangi kepercayaan masyarakat kepada STMIK STIKUBANK, maka telah dilakukan upaya proses akreditasi untuk dua Program Studi S-1, yaitu Manajemen Informatika/Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Dengan kerja keras seluruh sivitas akademika dan dukungan semua pihak, maka Program Studi S-1 Manajemen Informatika dan Program Studi S-1 Teknik Informatika telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN)-PT, dengan peringkat "A" untuk Program Studi S-1 Manajemen Informatika dan peringkat "B" untuk Program Studi S-1 Teknik Informatika. Akreditasi merupakan salah satu cara standardisasi program studi yang dilakukan BAN-PT Perguruan Tinggi.

Sampai dengan tahun akademik 2000/2001, STMIK STIKUBANK mengelola dan menyelenggarakan satu Program Studi D-I, 3 (tiga) Program Studi D-III dan 2 (dua) Program Studi S-1, yaitu :

  • Program Studi D-I Manajemen Informatika (status Disamakan)
  • Program Studi D-III Manajemen Informatika (status Disamakan)
  • Program Studi D-III Komputerisasi Akuntansi (status Terdaftar)
  • Program Studi D-III Teknik Komputer (status Terdaftar)
  • Program Studi S-1 Manajemen Informatika/Sistem Informasi (akreditasi "A")
  • Program Studi S-1 Teknik Informatika (akreditasi "B").

Berdirinya UNISBANK[sunting | sunting sumber]

Dalam perkembangan selanjutnya, antara lain guna mengantisipasi kebutuhan global akan lulusan perguruan tinggi di berbagai bidang ilmu, maka STMIK Stikubank berusaha menambah program studi baru multidisiplin ilmu. Selain STMIK Stikubank, YPPMI juga mengelola STIBA dan STIH Stikubank, oleh karena itu untuk melakukan efisiensi dan optimalisasi pengelolaan tiga sekolah tinggi di bawah satu yayasan sebagaimana tersebut di atas, maka STMIK, STIBA dan STIH Stikubank diupayakan untuk digabung menjadi sebuah Universitas yang dapat menyelenggarakan program studi multiidisiplin ilmu. Untuk maksud tersebut, maka YPPMI telah membentuk Panitia Pendirian Universitas (dengan nama UNIVERSITAS STIKUBANK) dengan susunan :

Mengacu kepada Keputusan Mendiknas Nomor 234/U/2000 ditetapkan bahwa Universitas terdiri atas sepuluh program studi atau lebih yang menyelenggarakan Program S-1 dan/atau Program Diploma dan mewakili tiga kelompok bidang ilmu pengetahuan alam dan dua kelompok bidang ilmu pengetahuan sosia l atau lebih, maka "Universitas Stikubank" mengajukan ijin penyelengaraan sebanyak 13 program studi (S-1 dan D-III) untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Akhirnya atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan kerja keras dari seluruh pengurus yayasan dan panitia pendirian yang tanpa kenal lelah serta bantuan dari berbagai pihak, maka keinginan untuk pendirian Universitas Stikubank (gabungan dari STMIK, STIBA dan STIH Stikubank) Semarang, telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pendidikan Nasional dengan Surat Keputusan Ijin Penyelenggaran Program Studi dan Pendirian Universitas Stikubank Nomor 53/D/O/2001 tanggal 5 Juli 2001 dan penandatanganan Surat Pernyataan antara Ketua Yayasan (YPPMI) dan Rektor Universitas Stikubank pada tanggal 13 Juli 2001 di Jakarta. Oleh karena itu sejak tanggal 5 Juli 2001, secara resmi STMIK, STIBA dan STIH Stikubank telah berubah bentuk dan bergabung menjadi UNIVERSITAS STIKUBANK Semarang, dengan mengelola lima Fakultas dan 13 Program Studi, yaitu :


Fakultas Teknologi Informasi Fakultas Bahasa dan ilmu Budaya Fakultas Hukum Fakultas Ekonomi Fakultas Teknik
D-III Manajemen Informatika D-III Bahasa Inggris S-1 Ilmu Hukum D-III Manajemen Industri D-III Teknik Elektronika
D-III Komputerisasi Akuntansi S-1 Bahasa dan Sastra Inggris S-1 Manajemen S-1 Teknik Industri
D-III Teknik Komputer S-1 Akuntansi
S-1 Sistem Informasi
S-1 Teknik Informatika

Ada hal penting yang perlu kita pahami bersama, bahwa nama STIKUBANK bukan sebuah singkatan Sekolah Tinggi Keuangan dan Perbankan, tetapi telah menjadi sebuah nama akronim "Sasana Taruna Informatika dan Komputer untuk Pembangunan dan Kesejahteraan" disingkat "STIKUBANK", sehingga universitas yang didirikan oleh YPPMI dinamakan UNIVERSITAS STIKUBANK disingkat dengan "UNISBANK"[1].

Dalam perjalanan selanjutnya, pada tanggal 14 Maret 2003 Akademi Pariwisata STIKUBANK bergabung dalam Universitas Stikubank dan pada tahun 2007 dilanjutkan dengan STIE STIKUBANK dengan SK Mendiknas No. 106/D/O/2007 tanggal 22 Agustus 2007. Dengan bergabungnya AKPARTA STIKUBANK dan STIE STIKUBANK, saat ini universitas STIKUBANK memiliki 5 Fakultas dengan 14 Program Studi Pilihan dan Program Diploma Kepariwisataan dengan 2 pilihan Program Studi. Berdasarkan sejarah berdirinya AKUBANK hingga terbentuknya Universitas STIKUBANK (UNISBANK) hingga saat sekarang ini , maka disepakati bahwa setiap tanggal 28 April merupakan hari Lahirnya UNISBANK Semarang.

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

Awal Berdiri[sunting | sunting sumber]

Penanggung Jawab Ketua Sekretaris Anggota
H. Hadi Wuryan,S.H.,C.N., M.H Drs. Y. Sutomo,M.M. Drs. R. Basiya, M.M. Ir. Lukas Setiawan
FX Budi Dharmakusuma, S.E. Dr. Ir. V. Priyo Bintoro, M.Agr.
Ir. Bambang Dwiloka, M.S.
Nur Aini, S.E.
Sunardi, A.Md.

2009 - 2013[sunting | sunting sumber]

Nomor Jabatan Nama
1 Rektor DR. Bambang Suko Priyono, M.M
2 Sekretaris Rektor Sunardi S.Kom

Fakultas[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Teknologi Informasi
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Bahasa dan Budaya
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Program Pariwisata

BEM FTI[sunting | sunting sumber]

BEM FTI STIKUBANK adalah BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI (BEM FTI) UNIVERSITAS STIKUBANKSemarang Adalah organisasi yang menjadi sarana untuk menyapaikan gagasan tentang ilmu teknologi , dan untuk belajar menjadi seorang pemimpin dan menjadi seorang anggota yang bertanggung jawab dengan tugas-tugas yang diberikan kepada ketua BEM FTI Adapun dalam organisasi ini, ketuan BEM membuat beberapa Pogram kerja yang harus dikerjakan oleh seluruh anggota BEM. Sistem yang digunakan untuk melakukan program kerja adalah

  • setiap program kerja ketua yang di tunjuk harus siap dan diharapkan bias memimpin para anggotanya agar bekerja maksimal
  • setiap anggota harus mengerjakan tugasnya dengan waktu yang di tetapkan oleh ketua panitia
  • disetiap ada rapat program kerja diwajibkan hadir, jika tidak hadir memberi alasan yang masuk akal pada ketua panitia
  • disetiap kegiatan diharuskan ada sertifikat
  • dan setelah berahir rapat program kerja ,jikan anggota ada masalah bias diutarakan, agar semua anggota bekerja dengan kompak
  1. PROGRAM KERJA BEM FTI adalah
  • PELATIHAN PENGURUS

Program yang pertama adalah PELATIHAN PENGURUS program ini menjadi yang pertama karena sebuah anggota yang baru akan dibina diberi Sebuah pembekalan kepada teman-teman pengurus lembaga kemahasiswaan agar lebih mengenal organisasi, kemudian tahu cara untuk menyikapi sebuah permasalahan dan dapat memecahkannya. Meningkatkan rasa saling percaya dan rasa kekeluargaan antar anggota .dan pelatihan pengurus diikuti oleh semua anggota BEM FTI, anggota HMPS TI, anggota HMPS MI, anggota HMPS SI.

  • BAKTI MASYARAKAT

Dengan program kerja bakti masyarakat, semua anggoota diharapkan untuk berbaur langsung dengan masyarat, bertujuan untuk mengenalkan sebuah kemajuan teknologi, mengajarkan kepada masyarakat bagaimana untuk mengunakan teknologi, dengan teknologi dapat member kemudahan bagi masyarakat tersebut. Pada bakti masyarakat 2012 bertempat di Demak, Yaitu Mengajarkan dampak baik buruknya internet kepada sekolahan yang masih kurang mengerti tentang itu , sekolah itu antara lain MADRASAH ALIAH dan MTs

  • FORUM IT

BEM FTI ingin membuat forum IT unisversitas sekota semarang, yaitu membuat hubungan kerjasama dengan BEM FTI se-semarang, dan yag diharapkan dapat bertukan pengalaman, pikiran, dan bias saling membantu antara fakultas .

  • LOMBA IT TINGKAT MAHASISWA SEKOTA SEMARANG

Dengan adanya lomba <IT> ini dapat diketahui tingkat perkembangan teknologi disemarang. BEM merencanakan lomba yang ingin diselenggarakan adalah DESAIN GRAFIS dan PEMPROGRAMAN. Dengan terselenggaranya acara ini, akan memotivasi para mahasiswa menjadi generasi-generasi yang handal di bidang Teknologi Informasi.

  • AUDIENSI

Tujuan acara ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa FTI untuk mengutarakan berbagai keluhan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas, pelayanan, dan lain sebagainya yang ada dalam lingkungan kampus Universitas Stikubank Semarang. Dengan adanya audiensi ini diharapkan dapat memberikan masukan yang positif dan dapat meningkatkan kinerja '''UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG'''. Sehingga dapat tercipta keselarasan antara mahasiswa dengan lembaga, khususnya Fakultas Teknologi Informasi.

  • SEMINAR NASIONAL

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa atao masyarakat, agar mengetahui teknologi terbaru dan yang gencar-gencarnya IT dimasyarakat. lingkup dari seminar nasional ini khususnya adalah mahasiswa UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG dan untuk umum.

  • KUNJUNGAN KERJA

Kunjungan Kerja adalah kegiatan yang bertujuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Kegiatan ini berupa kunjungan ke suatu tempat industry. Terutama industry yang berhubungan dengan Teknologi informasi.

BEM FTI membawahi beberapa organisasi

  • Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPSI TI)
  • Himpunan Mahasiswa Program Studi Manejemen Informasi (HMPSI MI)
  • Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HMPSI MI)

Keunggulan[sunting | sunting sumber]

  • Pernah Kampus Swasta tertinggi ( berlantai 9 untuk kampus mugas ) ( berlantai 13 untuk kampus kendeng).
  • Free Hotspot 24 jam.
  • Hotspot tersedia untuk tiap - tiap lantainya.
  • Kampus yang terletak di tengah kota, menjadikan UNISBANK sebagai kampus berlokasi strategis dengan kemudahan untuk mengakses.
  • Kampus yang bekerja sama dengan pihak luar dalam bidang sertifikasi internasional ( CISCO, ORACLE, MICROSOFT, FORESEC )
  • Lulusan unisbank siap kerja dengan skill dan komptensi yang sangat terasah.
  • Sistem KRS ( Kartu Rencana Studi ) yang diadakan secara online dan offline.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Website Resmi Unisbank, Sejarah Unisbank.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]