Statistika multivariat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Statistika multivariat merupakan objek kajian pada statistika yang mempelajari perilaku dan hubungan antara dua atau lebih variabel. Dasar dari kajian ini adalah analisis korelasi dan analisis regresi untuk dua variabel. Prinsip yang sama kemudian dikembangkan untuk lebih dari dua variabel. Kompleksitas yang muncul akibat penambahan variabel dan tipenya (nominal, ordinal, atau rasional), serta teknik penyaringan informasi yang bisa diambil menjadi kajian pembahasannya.

Statistika multivariat saat ini diterapkan di hampir semua cabang ilmu, baik ilmu pengetahuan alam maupun sosial. Teknik-tekniknya disukai karena dianggap mampu memodelkan kerumitan sistem yang nyata, meskipun sulit untuk diterapkan. Komputer dengan kapasitas memori yang besar tidak terhidarkan dalam analisis data yang menggunakan statistika multivariat.

Teknik-teknik dalam statistika multivariat[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan hubungan antarvariabel dan tujuan penyaringan informasi, terdapat beberapa kelompok teknik dalam bidang ini.

  1. Korelasi kanonik
  2. Analisis faktor (termasuk analisis komponen utama)
  3. Analisis diskriminasi
  4. Analisis kluster (pengelompokan)
  5. Analisis varians multivariat

Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.