Stamp Act Congress

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Stamp Act Congress adalah sebuah pertemuan tanggal 19 Oktober 1765 di New York City antara para perwakilan Tiga Belas Koloni. Mereka mendisukusikan dan menerapkan Stamp Act yang baru disahkan oleh Parlemen Britania Raya yang berkuasa di seberang lautan, yang tidak mengikutsertakan perwakilan apapun dari koloni tersebut. Pertemuan ini dilakukan di bangunan yang kemudian bernama Federal Hall. Kongres ini terdiri dari 9 dari 13 perwakilan koloni.

Koloni yang tidak mengirim perwakilannya adalah Georgia, North Carolina, Virginia, dan New Hampshire. Para perwakilan dari New York adalah perwakilan county-county tertentu di dalam koloni tersebut, bukan koloni itu sendiri.

Pada Juni 1765, sebuah surat dari Majelis Massachusetts dikirim ke dewan perwakkilan seluruh koloni untuk "bersama membicarakan masalah-masalah koloni saat ini". Seluruh perwakilan telah menjabat di badan legislatif masing-masing koloni dan mereka pura-pura setia kepada George III dari Britania Raya, raja berkuasa pada masa itu.

Ketika kabar kongres tertunda mencapai London, Menteri Perdagangan sangat terkejut sampai-sampai ia perlu menulis surat kepada Raja. Menteri Perdagangan melaporkan kepada raja bahwa "ini adalah maslaah terpenting bagi Kerajaan dan badan legislatif Britania Raya... dan harap dipertimbangkan oleh Parlemen." Tetapi, ketika Parlemen diberitahu tentang keberadaannya, Stamp Act Congress sedang dilaksanakan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bahan pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Unger, Barlow, John Hancock, Merchant King and American Patriot, 200, ISBN 0-7858-2026-4