Stadion San Nicola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
San Nicola da Bari
Informasi stadion
Pemilik Pemerintah Kota Bari
Lokasi
Lokasi Bari, Italia  Bendera Italia
Konstruksi
Dibuka 1990
Data teknik
Permukaan Rumput
105x68m
Kapasitas 58.270
Pemakai
A.S. Bari

Stadion San Nicola adalah sebuah stadion multi-guna yang terletak di Bari, Italia. Stadion ini dirancang oleh Renzo Piano dan menjadi kandang dari klub A.S. Bari. Stadion ini juga menjadi tuan rumah final Liga Champions UEFA 1990/91, yang akhirnya dimenangkan oleh FK Crvena Zvezda. Bentuk stadion ini sendiri menyerupai bunga dengan terdiri dari 26 'kelopak' dan tingkatan paling atas yang berbentuk cincin ditinggikan dengan jarak spasi setinggi 8 meter, hal ini cukup untuk menjamin kondisi keamanan bagi para penonton. Stadion ini berkapasitas 58.270 penonton, namun belum pernah terisi penuh untuk sebuah pertandingan sepak bola, termasuk pada final Liga Champions UEFA 1990/91 yang hanya menampung sekitar 51.000 penonton.

Stadion ini dibangun untuk penyelenggaraan Piala Dunia 1990, di mana stadion ini menjadi host lima pertandingan : Uni Soviet vs. Rumania, Kamerun vs. Rumania, Kamerun vs. Uni Soviet (Grup B Babak Penyisihan Grup), Cekoslowakia vs. Kosta Rika (Babak 16 Besar), dan Italia vs. Inggris (Perebutan Peringkat 3).

Stadion San Nicola pun menjadi saksi bisu saat Italia secara mengejutkan ditahan imbang oleh Republik Irlandia dengan skor 1-1 akibat gol balasan dari Irlandia pada menit ke-87 pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010. Para pemain timnas Italia pun mendapat cemoohan dari para pendukung saat mereka sudah berada di luar lapangan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]