Stadion Nasional (Sierra Leone)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Stadion Nasional Siaka Stevens
Informasi stadion
PemilikPemerintah Sierra Leone
OperatorKementerian Olahraga Sierra Leone
Lokasi
LokasiFreetown, Sierra Leone
Konstruksi
Dibuat1979
Dibuka1980
Data teknis
PermukaanRumput
Kapasitas45,000 penonton[1]
Pemakai
Tim nasional sepak bola Sierra Leone
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Stadion Nasional Siaka Stevens, atau umumnya dikenal secara informal sebagai Stadion Nasional, adalah stadion nasional dari Sierra Leone yang terletak di ibu kota Freetown. Stadion ini biasanya digunakan untuk pertandingan sepak bola dan juga memiliki fasilitas atletik, ini adalah stadion terbesar dan utama di Sierra Leone dan memiliki kapasitas 45.000.[2] Stadion ini berfungsi sebagai kandang bagi Tim nasional sepak bola Sierra Leone, yang dikenal sebagai Leone Stars.

Beberapa klub sepak bola profesional Sierra Leone dibawah Sierra Leone National Premier League memainkan pertandingan kandang mereka di stadion ini.

Stadion ini juga terkadang digunakan sebagai tempat hiburan sosial, budaya, agama, politik, dan musik. Pelantikan Presiden Sierra Leone yang baru terpilih biasanya diadakan di stadion.

Stadion Siaka Stevens dimiliki oleh Pemerintah Sierra Leone, dan dioperasikan, dijalankan, dan dikelola oleh Kementerian Olahraga Sierra Leone, yang secara teknis merupakan bagian dari Pemerintah Sierra Leone. Stadion ini dinamai presiden pertama Sierra Leone Siaka Stevens, yang menandatangani dan menyetujui anggaran untuk pembangunan stadion pada tahun 1979.

Referensi[sunting | sunting sumber]