St. Elmo (film Thanhouser 1910)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
St. Elmo
Sebuah film masih dari karya yang hilang
SutradaraBarry O'Neil or Lloyd B. Carleton
ProduserThanhouser Company
Ditulis olehDiadaptasi dari Lloyd Lonergan
Tanggal rilis
  • 22 Maret 1910 (1910-03-22)
NegaraAmerika Serikat
BahasaFilm bisu
Antar judul Bahasa Inggris

St. Elmo adalah film pendek drama bisu Amerika Serikat tahun 1910 yang diproduksi oleh Thanhouser Company. Skenario diadaptasi oleh Lloyd Lonergan dari novel Augusta Jane Evans tahun 1866 yang bernama sama.

Alur[sunting | sunting sumber]

Alurnya diadaptasi dari novel tahun 1867 karya Augusta Jane Evans St. Elmo. Produksi sebenarnya sangat dipersingkat untuk menyampaikan plot film. Sinopsis dalam The Moving Picture World menyatakan: "St. Elmo, seorang pemuda kaya, bertunangan dengan sepupunya Agnes. Dick Hammond, sahabat St. Elmo, sedang belajar untuk pelayanan. Segera saat dia ditahbiskan dia akan bertanggung jawab atas sebuah gereja yang dibangun untuknya oleh St Elmo. Hammond, bagaimanapun, menganggap enteng persahabatan St Elmo dan bercinta dengan Agnes secara rahasia. Perselingkuhan itu diketahui oleh St Elmo, yang, pada Kemarahan atas pengkhianatan Hammond, menantangnya untuk berduel. Teman palsu itu kehilangan nyawanya dalam pertempuran berikutnya. Edna, cucu dari pandai besi desa, berkeliaran di tempat duel, sebagai saksi yang tidak diundang. St. Elmo terpaksa melakukannya melarikan diri dari negara. Dia dikejar oleh Agnes dan sheriff. Edna mengatakan kebohongan pertamanya saat dia menipu para pengejar St. Elmo tentang arahnya dan membawa mereka sepenuhnya keluar jalur. St. Elmo berhasil melarikan diri. Pada hari Edna menyaksikan duel kakeknya meninggal, meninggalkan dia sendirian di dunia Dia diadopsi oleh ibu St Elmo Lima tahun kemudian buronan kembali. Edna mengenalinya sebagai pemenang ganda tapi dia tidak ingat pernah bertemu dengannya. Dia menemukan bahwa dia mencintai gadis itu. Edna menolak gugatannya, menyatakan bahwa dia tidak akan pernah menikah dengan pria yang telah mengambil nyawa manusia. Dalam keputusasaan, St. Elmo mencoba bunuh diri, memilih kuburan Dick Hammond sebagai tempat, tetapi tujuannya dibelokkan oleh Edna, yang mengalah dan menjanjikan cinta dan simpatinya. St Elmo memutuskan bahwa hidup layak dijalani jika tetapi demi dia."[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Q. David Bowers (1995). "Volume 2: Filmography - St. Elmo". Thanhouser Films: An Encyclopedia and History. Diakses tanggal January 16, 2015.