Sorority Row

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sorority Row
Sorority Row.jpg
Poster
Sutradara Stewart Hendler
Produser Darrin Holender
Mike Karz
Penulis Josh Stolberg
Pete Goldfinger
Pemeran Briana Evigan
Leah Pipes
Rumer Willis
Jamie Chung
Audrina Patridge
Julian Morris
Margo Harshman
Matt Lanter
Carrie Fisher
Musik Lucian Piane
Sinematografi Ken Seng
Penyunting Elliot Greenberg
Distributor Summit Entertainment
E1 Entertainment
Tanggal rilis
Durasi 101 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $12,500,000[1]
Pendapatan kotor $26,735,797
Diikuti oleh Sorority Row 2

Sorority Row adalah film slasher Amerika tahun 2009. Disutradarai oleh Stewart Hendler, film ini dibintangi Briana Evigan, Leah Pipes, Rumer Willis, Jamie Chung, Margo Harshman, Audrina Patridge, dan Carrie Fisher. Film diproduki Summit Entertainment dan ditulis oleh Josh Stolberg dan Pete Goldfinger. Film ini merupakan remake dari film tahun 1983 yang berjudul The House on Sorority Row.

Plot[sunting | sunting sumber]

Enam orang saudari di Rumah Persaudaraan Theta Pi merencanakan sesuatu di pesta liar yang mereka selenggarakan. Keenam orang itu adalah Jessica Pierson (Leah Pipes), Chugs Bradley (Margo Harshman), Claire Wen (Jamie Chung), Megan Claire (Audrina Partridge), Ellie Morris (Rumer Willis), dan Cassidy Tappan (Briana Evigan). Adik Chugs, Garrett (Matt Lanter) yang memacari Megan telah berselingkuh, maka para saudari itu (tidak termasuk Cassidy dan Ellie yang tidak mengetahui rencana tersebut) merencanakan sebuah lelucon. Saat di pesta, Megan yang sedang bercumbu dengan Garrett pura-pura overdosis dan meninggal. Ketiga lainnya termasuk Cassidy dan Ellie membawa Megan yang pura-pura mati ke sebuah bekas pertambangan. Agar tubuhnya tidak mengapung didanau, maka dengan bercanda, para saudari berpura-pura mencari bebatuan tajam untuk menusuk dada Megan. Rupanya Garrett bertindak sendiri dan menusuk dada Megan yang pura-pura mati dengan besi pembuka ban. Segalanya berlangsung ironis, dan saat Cassidy mencari sinyal untuk memanggil polisi dan Ellie menelungkup di dekat mobil, ketiga perempuan lain setuju untuk menjatuhkan mayat Megan ke dasar tambang untuk disembunyikan. Argumen tersebut dipaksakan kepada yang lain karena apabila kasus kematian Megan diketahui, maka masa depan mereka akan tertutup. Cassidy ternyata telah dijadikan “tokoh pembunuh” oleh Claire, Jessica, dan Chugs bila Cass melaporkan hal ini kepada polisi.

8 Bulan Kemudian. Wisuda berlangsung dari pidato yang diberikan Andy (Julian Morris), kekasih Cassidy. Mereka berencana untuk pergi ke rumah orangtua Andy setelah hari wisuda itu dimana rumah Theta Pi sekali lagi akan melaksanakan pesta liar. Cassidy sendiri sudah menjauh dari Theta Pi dan demi solidaritas, ia akan menghadiri pesta Theta Pi. Dalam sebuah perayaan wisuda formal di Theta Pi, kelima wanita melihat Maggie (Caroline D’ Amore), adik Megan yang akan masuk Theta Pi. Maggie rupanya masih punya rencana sendiri. Lalu, pestapun disiapkan. Didapur saat kelima orang berkumpul, mereka semua mendapatkan MMS yang sama yang berisi seorang pria memegang besi pembuka ban. Walaupun khawatir, Chugs berkata bahwa itu hanyalah lelucon Garrett yang kini menjadi agak gila. Dan pembunuhan dimulai, psikiater Chugs dibunuh bersama Chugs sendiri di rumah psikiater itu oleh seorang bertudung hitam dan menggunakan senjata besi pembuka ban yang sudah dimodifikasi dengan ujung harpun, pisau dan tombak.

Sore hari telah menjelang. Ellie mulai ketakutan karena ia menemukan selimut yang digunakan untuk membungkus mayat Megan digantung di ruang bawah tanah. Keempat wanita yang tersisa sedikit khawatir namun tetap menjalankan aktivitas pesta nanti malam. Claire saat itu tengah bermandi Jacuzzi yang diberikan sabun busa bersama pacarnya, Mickey. Pada malamnya semua berlangsung meriah, Mickey diputusi oleh Claire. Saat Mickey dikejar seseorang yang akhirnya membunuhnya, hal itu disaksikan oleh Ellie yang bersembunyi. Hal itu sudah cukup bagi Ellie untuk menangis, tapi saat ia bertemu kembali dengan Cassidy, Claire, dan Jessica, mereka berempat mendapatkan sebuah video klip pembunuhan Megan yang direkam di ponsel. Klip itu akan dikirim ke polisi dalam waktu 20 menit apabila mereka berempat tidak datang ke pertambangan. Lalu, merekapun pergi ke pertambangan dan menemukan Garrett telah memotong pergelangan tangannya sendiri. Jessica menabraknya dengan mobil dan Cassidy memeriksa ponsel Garrett yang ternyata juga dikirimi klip yang sama. Karena ketakutan bahwa mungkin Megan masih hidup, Cassidy turun ke pertambangan dan menemukan bahwa mayat Megan menghilang dan diganti dengan tulisan dari darah, “Theta Pi Harus Mati”.

Sepulang dari pertambangan, keempat wanita menemukan bahwa rumah mereka sudah kosong. Salah seorang berkata bahwa Jacuzzi terlalu panas dan adanya pesta baru di Rho Sigma Nu. Keempatnya berpencar. Claire akan mematikan Jacuzzi yang kini menghasilkan busa terlalu banyak sementara ketiga lainnya memasuki rumah untuk menemukan Kyle, pacar Jessica. Saat mereka tengah mencari, mereka dikirimi informasi matinya Chugs. Saat itu, Claire muncul dari pintu belakang dan meminta tolong, namun pintu itu terkunci. Saat hampir terbuka, Cassidy melihat kaki Claire tersangkut dengan kabel Jacuzzi.

Claire tiba-tiba ditarik oleh seseorang dan Cassidy yang mencoba mencari Claire, melihat Claire terbaring dengan kepalanya yang hampir meledak karena mercon. Cassidy kembali ke rumah dan menguncinya. Lalu bersama Jessica dan Ellie, mereka ke atas dan menemukan Maggie terbaring tidur di kasur Jessica. Ternyata Maggie telah meniduri Kyle sebagai balasan untuk kakaknya. Akhirnya mereka berkelahi, dilerai Ellie, dan bersama, mereka bertemu dengan Mrs. Crenshaw, ibu asrama Theta Pi yang membawa shotgun. Mrs. Crenshaw berkata kepada keempat wanita itu untuk bersembunyi dan memanggil polisi sementara Mrs. Crenshaw akan mencari pembunuhnya, naas, ia meninggal saat diserang didapur. Dikamar Jessica, Maggie beranjak keluar karena ingin mencari kakaknya yang mungkin masih hidup. Jessica dan Cassidy pergi juga sambil membawa kapak karena mau mengambil ponsel Mickey untuk menelepon polisi. Ellie bersembunyi di kamar Jessica.

Saat berhasil mengambil ponsel Mickey, Kyle datang dan berkata bahwa ia sudah muak dengan Jessica. Ia menyerang dan menjadi gila, kendati akhirnya ia berhasil dipukul dengan kapak. Jessica dan Cassidy mulai berlari dan bersembunyi, mereka bersembunyi di kamar mandi dan melihat mayat Megan yang membusuk tergantung disana. Di pihak Maggie, Maggie diserang oleh seorang pria yang melempari bom Molotov, bom itu mulai membakar korden dan merambati perabot. Jessica terantuk kapak yang digunakan Kyle untuk mendobrak pintu kamar mandi. Lalu Cassidy yang berusaha kabur, dicekik oleh Kyle dan disaat yang tepat, Andy datang dan menusuk kepala Andy dengan kapak. Mereka bertemu dan berpelukan, dan saat itulah Cassidy melihat besi pembuka ban yang berada di saku Andy. Jessica yang baru sadar melihatnya dan mulai mengoceh. Andy menutup mulutnya dengan menusukkan ujung harpun ke mulut Jessica. Karena sadar ia tidak bisa lolos, Cassidy terpaksa bergabung dengan Andy yang ternyata adalah pelakunya. Andy mengetahui pembunuhan Megan dari Ellie dan berusaha melindungi Cassidy dari bahaya, semua orang yang tahu tentang itu dibunuh olehnya agar Cassidy tidak dituduh bersalah. Lalu, Andy berencana membunuh Ellie, dan Cassidy dengan Andy memisahkan diri untuk bertemu kembali diluar. Cassidy yang sendirian segera berlari untuk mencari Ellie. Ellie dibawa kebawah dan mereka dicegat Andy. Cassidy mengalihkan perhatian Andy agar Ellie kabur, lalu Andy dipukulnya hingga pingsan.

Di lorong, ia mendengar Maggie dan mendatanginya, melihatnya terjebak di pojok ruangan yang dikelilingi kobaran api. Di sisi dekat Maggie, Andy datang membawa besi pembuka bannya, mengikat tali dan membentuk sebuah harpun lontar. Saat itu Andy berbalik ke arah Cassidy dan memukulnya, membuat lantai ruangan itu roboh dan menjerumuskan Cassidy. Cassidy yang nyaris terbunuh Andy, diselamatkan Ellie yang menembak Andy dengan shotgun milik Mrs.Crenshaw. Andy terbaring di lantai yang merapuh dan menjatuhkannya kedalam kobaran api. Ellie menolong Cassidy dan Maggie lalu bersama mereka keluar dari rumah yang sekarang sudah terbakar penuh dan disambut pemadam kebakaran, polisi, dan paramedis.

15 Bulan Kemudian, Theta Pi telah direnovasi dan para anggota baru Theta Pi termasuk Maggie, menyanyi yel-yel Theta Pi seiring para senior mereka pulang. Di antara para tukang kebun yang merapikan tanaman, ada Garrett yang memegang sekop kebun.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Para pemeran.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sorority Row memasuki tahap pra-produksi pada Januari 2008. Telah dilakukan pra-shooting yang dimulai pada 18 Oktober 2008 di Pittsburgh. Film ini kemudian bersetting dan difilmkan di Pennsylvania, dimana di salah satu blok komplek perpustakaan didesain agar mirip Rumah Persaudaraan. Nama universitas tempat para saudari itu adalah Rosman University, diambil dari nama sutradara film The House of Sorority Row yang menjadi asal film ini. Adegan di dalam ruangan dilakukan di Crafton, Pennsylvania.[2] Film resmi selesai disyuting pada 26 Maret 2009 dan selesai untuk dirilis pada 2 Mei 2009.[3]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Soundtrack film ini dirilis E1 Records pada 1 September 2009, dan menampilkan musik dari musikus kondang seperti Shwayze, Ladytron, Lykke Li, Aimee Allen, dan lain-lain.Sorority Row Soundtrack > overview". Allmusic. Retrieved on November 7, 2009.</ref> Lagu utamanya adalah lagu Aimee Allen yang berjudul Emergency.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Kritik dari film ini pada awalnya sangat bagus, tetapi menjadi pertengahan. Website Rotten Tomatoes melaporkan film ini mendapatkan rating 24% dari kritik positifnya, dari 68 kritikus.[4] Di Metacritic, film ini mendapatkan skor 24 dari 100, berdasarkan sebelas kritik dan dikategorikan sebagai "generally unfavorable reviews".[5] Reaksi dari para penonton awam lebih positif dengan perolehan 44%. Kebanyakan dari mereka memuji akting Leah Pipes yang berperan sebagai Jessica.

Film ini mendapatkan $5,059,802 dari minggu pertamanya dan mendapatkan peringkat keenam.[6] Lalu film ini jatuh 50% dari perolehan minggu keduanya dan mendapatkan $8,965,282. Secara internasional, film ini mendapatkan lebih banyak untuk, seperti di Britania Raya yang dimana film ini mendapatkan peringkat keempat.ref name=UK>U.K. Box Office for the Weekend of September 11th, 2009 - IMDB</ref> Dan termasuk sepuluh besat di Australia dan Meksiko.[7]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Sorority Row dirilis pada tanggal 9 September 2009 di Britania Raya dan 11 September 2009 di Amerika Serikat.[8] Kemasan DVD dan Blu-Ray telah dirilis pada tanggal 11 Januari 2010 di Britania Raya.[9] and the 23rd February, 2010 in the US.[10]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Briana Evigan berkata bahwa sebuah skenario telah dibuat sebagai sekuel, tetapi itu terjadi film ini dirilis. Kini belum dipastikan apakah kabar itu benar atau tidak.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]