Sonic Youth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sonic Youth
Sonic Youth live 20050707.jpg
Kim Gordon dan Thurston Moore di Stockholm, 2005.
Latar belakang
Asal New York City, New York, Amerika Serikat
Genre Rock alternatif
Noise rock
No Wave
Post-punk
Rock eksperimental
Punk rock
Avant Garde
Tahun aktif 1981–sekarang
Label Neutral, Ecstatic Peace!, Homestead, SST, Enigma, DGC, SYR, Interscope
Artis terkait Ciccone Youth, Chuck D
Situs web www.sonicyouth.com
Anggota Kim Gordon
Thurston Moore
Lee Ranaldo
Steve Shelley
Mark Ibold
Mantan anggota Bob Bert
Richard Edson
Jim O'Rourke
Jim Sclavunos

Sonic Youth adalah band rock alternatif asal Amerika Serikat yang dibentuk di New York City pada tahun 1981. Anggota-anggotanya adalah Thurston Moore (vokal dan gitar), Lee Ranaldo (vokal dan gitar), Kim Gordon (vokal, bass, gitar), Mark Ibold (bass), and Steve Shelley (drum).

Pada awal karier mereka, Sonic Youth diasosiasikan dengan gerakan musik dan seni No Wave di New York City. Terinspirasi antara lain oleh eksperimen-eksperimen musikal Glenn Branca dan The Velvet Underground serta garage rock The Stooges, mereka dikenal sering bereksperimen menggunakan berbagai metode yang tidak biasa untuk mengubah suara instrumen musik yang mereka gunakan.

band ini dilakukan interpretasi mereka dari etos punk hardcore underground di seluruh Amerika berkembang yang lebih terfokus pada DIY (Do It Your Self) dari genre daripada sound yang spesifik. Akibatnya, sebagian orang menganggap Sonic Youth sebagai penting dalam munculnya rock alternatif dan gerakan indie rock. Keberhasilan band yang berpengalaman dan pujian kritis keberadaan mereka, terus ke milenium baru, termasuk penandatanganan untuk major label DGC tahun 1990, dan headlining tahun 1995 Lollapalooza festival.

Sonic Youth mendapatkan beragam pengaruh musik, mulai dari musisi protopunk berpengaruh Patti Smith untuk komposer John Cage. Band ini dipuji karena telah "redefined what rock guitar could do", menggunakan berbagai unorthodox guitar tunings, dan menyiapkan gitar dengan benda seperti tongkat drum dan obeng untuk mengubah timbre instrumen '. Pada tahun 2011, Ranaldo mengumumkan bahwa band ini "berakhir untuk sementara waktu," setelah pemisahan Moore dan Gordon.

Pembentukan dan sejarah awal: 1977-1981

Sejarah Sonic Youth dimulai ketika gitaris Thurston Moore pindah ke New York City pada awal 1976. Tertarik dengan punk, Moore bergabung dengan Coachmen, setelah tiba di kota, kuartet berbasis gitar. Lee Ranaldo, seorang mahasiswa seni di Binghamton University, menjadi penggemar para Coachmen, dan dia dan Moore dengan mudah berteman. Ranaldo adalah anggota ensemble gitar listrik Glenn Branca, yang melakukan tur di seluruh Amerika Serikat dan Eropa. Setelah pecahnya para Coachmen, Moore mulai jamming dengan Stanton Miranda, band tersebut, CKM, menampilkan seniman lokal Kim Gordon.

Moore dan Gordon membentuk sebuah band, tampil di bawah nama-nama seperti Male Bonding and Red Milk sebelum menyepakati Arcadians pada tahun 1980-an. Band ini baru saja berganti nama menjadi Sonic Youth pada saat mereka bermain Noise Fest pada bulan Juni 1981 di galeri White Columns, New York. Ansambel Branca juga bermain di festival itu. Penampilan mereka mengesankan Moore, yang menggambarkan mereka sebagai "band gitar paling ganas yang pernah saya lihat dalam hidup saya(the most ferocious guitar band that I had ever seen in my life)." Moore menanyakan Ranaldo apakah mau jika dia bergabung dengan bandnya. Ranaldo merimanya, band ini memainkan tiga lagu di festival ini di akhir pekan tanpa drummer. Setiap anggota band bergantian bermain drum, sampai mereka bertemu drummer Richard Edson.

Pemuda nama Sonic berasal dari menggabungkan julukan Fred MC5's "Sonic" Smith dengan tren artis reggae, seperti Big Youth, yang menampilkan kata "Youth" di nama mereka. Gordon kemudian ingat bahwa "segera setelah Thurston datang dengan nama Sonic Youth, terdengar lebih dari yang kita harapkan dan lebih dari apa yang kita ingin lakukan."