Smith Flyer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Smith Flyer

Smith Flyer adalah mobil buatan Amerika Serikat yang diproduksi oleh Perusahaan AO Smith di Milwaukee dari tahun 1915 sampai sekitar 1919 ketika hak pembuatannya dijual kepada Briggs & Stratton dan diganti namanya menjadi Briggs & Stratton Flyer. Smith Flyer adalah mobil kecil, sederhana, ringan, kendaraan dua-tempat duduk dengan rangka kayu yang juga berfungsi sebagai badan dan sebagai suspensi. Sebuah mesin bensin kecil dipasang pada roda kelima, atau roda bermotor , untuk mendorong Flyer. Jarak antar poros roda adalah 1575 mm, diameter rodanya 20 inci (508 mm) , dan lebar 30 inci (762 mm). Karena roda ke-5 langsung digerakkan oleh mesin, menjalankan mobil dimulai dengan mengangkat roda penggerak dari mesin sedikit di udara, dan kemudian ketika mesin itu sudah menyala, maka sopir menurunkan mesin (dengan menggunakan tuas) dengan lembut untuk memulai gerakan maju.

Gerak langsung roda bermotor ini dikembangkan oleh Arthur William Wall dari Birmingham, Inggris sekitar tahun 1910 meniru sistem sepeda. Konsep melampirkan motor langsung ke roda tidaklah baru; Ferdinand Porsche mengembangkannya sekitar tahun 1900, tetapi roda motor listrik. The A.O. Smith Corporation Milwaukee, Wisconsin memperoleh hak manufaktur Poros ini pada tahun 1914 dan roda bermotor ini diproduksi pertama untuk digunakan pada sepeda, namun kemudian menambahkan papan kotak (buckboard) berbingkai kayu yang mereka sebut sebagai "Smith Roda bermotor". Pada tahun 1919 hak-hak manufaktur dibeli oleh Briggs & Stratton Company, yang menghasilkan Roda bermotor dan Flyers. Mereka membuat beberapa perbaikan pada mesin, meningkatkan ukuran diameter piston, batang penghubung baru dan dinamo roda gila. Perbaikan ini meningkatkan keluaran daya sampai 2 tenaga kuda (1,5 kW). Briggs & Stratton memasarkan Flyer secara nasional, dan bahkan mulai menerbitkan publikasi berjudul "Era Roda Bermotor". Pada tahun 1925, ketika mereka menjual hak atas Flyer ke Automotive Electric Services Corporation. Automotive Electric Services Corporation terus memebuat Flyer sampai pasokan mesin habis, kemudian mereka menggantikannya dengan motor listrik yang digerakkan oleh baterai.

Briggs & Stratton Flyer

Briggs & Stratton tetap meempertahankan motor yang telah menjadi jantung roda bermotor dan disesuaikan untuk aplikasi lain seperti mesin pemotong rumput dan menjalankan peralatan kecil. Mesin Roda bermotor adalah nenek moyang semua Mesin Briggs & Stratton selanjutnya.

Hampir semua Flyers dicat merah dan dikenal secara luas sebagai "Red Bug". The Flyer ini terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai mobil yang paling murah sepanjang masa. Daftar buku tahun 1922 mencatat Briggs & Stratton Flyer dijualdengan harga US $ 125 sampai US $ 150.

Beberapa Smith Flyers masih ada di koleksi di Amerika serikat, dan cetak biru untuk mobil tersedia secara online.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • David Burgess Wise, The New Illustrated Encyclopedia of Automobiles
  • Altman, Jim, “The Motor Wheel”, Antique Automobile, March-April 1971, 19-24.
  • McFarlan, Donald, Editor, The Guinness Book of Records, Bantam Books, 1992, page 361.
  • Ken W. Purdy, Motorcars of the Golden Past,Galahad Books, NY, Pages 98-99.
  • Rodengen, Jeff, The Legend of Briggs & Stratton, Write Stuff Syndicate, 1995, pages 30-39.