Slamball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Slamball adalah olahraga modifikasi basket yang dikombinasikan dengan sepak bola Amerika dan gimnastik. Olahraga ini diciptakan oleh Mason Gordon dengan memadukan aksi terbang tinggi, pukulan keras, serta aksi lapangan yang menakjubkan. Dalam permainan ini terdapat dua tim (4 orang per tim) yang akan bermain dalam waktu 20 menit (4 x 5 menit). Areal yang digunakan dalam permainan ini kurang lebih seukuran lapangan bola basket dengan 4 springbeds yang masing-masing diletakkan di lapangan sekitar 10 kaki ukuran basket. Selebihnya, lapangan dikelilingi oleh dinding plexiglass berukuran 12 kaki yang menjaga agar bola tetap berada di dalam area pertandingan saat permainan berlangsung.

Para pemain bebas menunjukkan gayanya dalam permainan ini seperti salto sampai gaya menabrak lawan untuk merebut bola. Dan akhirnya melakukan lompatan tinggi untuk memasukkan bola ke dalam ring. Sang penggagas Mason Gordon memulai permainan ini dari sebuah gudang di Los Angeles.

Menurut Gordon, slamball merupakan olah raga yang mampu menyenangkan semua penggemarnya di seluruh dunia dan yang membanggakan, meraih rating tertinggi katagori serial televisi di Amerika. Slamball merupakan perpaduan antara strategi dan keindahan.

Serial dengan rating tertinggi[sunting | sunting sumber]

Pertandingan akbar antara NFL Dallas Cowboys melawan New York merupakan pertandingan terbesar sepanjang musim “Sprint Cup in Fort Worth” milik Fox and NASCAR’s yang ditayangkan oleh televisi ABC. Serial kejuaraan 2008 ini melewati ekspektasi dengan mengantongi rating 1.4 overnight (3 share), berdasarkan hasil riset AC Nielsen Media Research data.

Slamball juga mencapai rating yang mengagumkan di pasar lokal, termasuk Buffalo (4.9/9), Minneapolis (4.1/9 share), Dayton (3.9/7), Cleveland (3.4/7), Indianapolis (2.8/5) and Pittsburgh (2.2/4). Slamball telah meningkatkan rating serial The CW series One Tree Hill sejak digabung menjadi cerita multipel episode yang menayangkan Nathan Scott (James Lafferty) dalam olah raga yang dikemas dengan action tersebut.

Bahkan rating untuk Oktober 20 episode One Tree Hill yang memperkenalkan Slamball mencapai 3.0/8 dengan pemirsa dewasa antara usia 18-34. Ini adalah serial dengan rating tertinggi sepanjang masa. Pada tahun 2009, permainan ini akan dikemas dengan 6 tim yang akan bermain di seluruh kota di Amerika.

Olahraga ini tayang di kanal berbayar AXN setiap hari Kamis pukul 19.00 WIB.