Skema cepat kaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Skema cepat kaya (Inggris: get-rich-quick scheme) adalah skema untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan modal atau investasi kecil. Istilah "cepat kaya" telah digunakan untuk menggambarkan penipuan sekuritas setidaknya sejak awal abad ke-20.[1][2] Skema atau frasa "cepat kaya" juga lazim dijumpai sebagai iming-iming dalam iklan atau komersial untuk merekrut orang-orang dalam berbagai penipuan berkedok investasi, seperti skema Ponzi atau skema piramida. Meskipun demikian, kemungkinan ada juga bisnis legal yang memanfaatkan beberapa bentuk skema ini.

Sebagian besar skema ini menciptakan kesan bahwa anggotanya dapat memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi dengan sedikit risiko, atau memperolehnya hanya dengan sedikit keterampilan, usaha, dan waktu. Skema cepat kaya sering kali juga mengiklankan bahwa kekayaan dapat diperoleh dengan instan dengan bekerja di rumah. Skema cepat kaya, baik yang legal maupun ilegal (hanya menjadi kedok penipuan) sering diiklankan di infomersial, majalah, dan surat kabar. Skema atau penipuan ilegal sering diiklankan melalui spam atau cold calling. Beberapa bentuk iklan untuk skema ini memasarkan buku, compact disc, atau mengadakan berbagai seminar tentang trik agar bisa menjadi kaya dengan cepat, alih-alih mendorong orang untuk berinvestasi langsung dalam skema yang lebih konkret.

Melalui media daring[sunting | sunting sumber]

Skema cepat kaya yang beroperasi sepenuhnya di Internet biasanya mempromosikan "trik rahasia" dalam pemasaran afiliasi dan iklan afiliasi. Skema ini biasanya akan mengklaim bahwa trik itu tidak memerlukan keahlian TI atau keahlian pemasaran khusus dan menawarkan kerangka waktu yang tidak realistis. Biasanya mereka menjanjikan keuntungan ratusan ribu, atau bahkan jutaan dolar dalam waktu singkat.

Baru-baru ini, skema cepat kaya yang memanfaatkan Bitcoin juga semakin marak ditemui. Persepsi anonimitas Bitcoin dan pertumbuhan popularitas yang cepat telah menjadi aset yang menarik bagi para penipu yang menggunakan kemiripan dan citra Bitcoin untuk mempromosikan skema mereka, yang sebenarnya belum tentu berkaitan dengan bitcoin. Biasanya skema ini menjanjikan untuk mengubah sejumlah Bitcoin menjadi jumlah uang yang lebih besar, misalnya dengan mendorong orang supaya "berinvestasi", namun biasanya investasi itu hanyalah Skema Ponzi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 'Get Rich Quick' Insurance from the Inside", The World's work, Volume 22, (1911)
  2. ^ S.A. Nelson "The Blockite and the Get-Rich-Quick Man", Everybody's Magazine, vol 10, 1904.
  3. ^ "Money flipping scams". stopfraudcolorado.gov. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Leila Schneps and Coralie Colmez, Math on trial. How numbers get used and abused in the courtroom, Basic Books, 2013. ISBN 978-0-465-03292-1. (Eighth chapter: "Math error number 8: underestimation. The case of Charles Ponzi: American dream, American scheme").