Skandal Sokal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Skandal Sokal, disebut juga kebohongan Sokal,[1] adalah jebakan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh Alan Sokal, seorang profesor fisika di New York University dan University College London. Pada tahun 1996, Sokal mengirim sebuah artikel ke Social Text, jurnal akademik tentang kajian budaya pascamodern. Artikel ini merupakan eksperimen untuk menguji ketelitian intelektual dan menyelidiki apakah "sebuah jurnal kajian budaya ternama di Amerika Utara – yang dewan redaksinya meliputi tokoh-tokoh seperti Fredric Jameson dan Andrew Ross – [mau] menerbitkan artikel yang dipenuhi omong kosong apabila (a) bahasanya meyakinkan dan (b) cocok dengan kecondongan ideologis para penyuntingnya".[2]

Artikel berjudul "Transgressing the Boundaries: Towards a Transformative Hermeneutics of Quantum Gravity"[3] ini diterbitkan di Social Text edisi musim semi/panas 1996. Artikel ini menyatakan bahwa gravitasi kuantum adalah konstruksi sosial dan linguistik. Waktu itu, jurnal tersebut tidak menerapkan penelaahan sejawat dan tidak meminta bantuan fisikawan untuk meninjaunya.[4][5] Ketika diterbitkan bulan Mei 1996, Sokal mengungkapkan di Lingua Franca bahwa artikelnya bohong.[2]

Kebohongan ini memancing perdebatan tentang bobot akademik komentar orang-orang humaniora terhadap ilmu fisika; pengaruh filsafat pascamodern terhadap disiplin ilmu sosial secara umum, termasuk apakah Sokal salah karena menipu penyunting dan pembaca Social Text; dan apakah Social Text sudah menerapkan penelaahan intelektual yang memadai.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sitiran[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Derrida (1997)
  2. ^ a b Sokal, Alan D. (5 June 1996). "A Physicist Experiments with Cultural Studies". Lingua Franca. Diakses tanggal 2016-10-28. 
  3. ^ Sokal, Alan D. (1996). "Transgressing the Boundaries: Toward a Transformative Hermeneutics of Quantum Gravity". Social Text. 46–47: 217–252. doi:10.2307/466856. 
  4. ^ Sokal, Alan D. (November 28, 1994). "Transgressing the Boundaries: Towards a Transformative Hermeneutics of Quantum Gravity". Social Text #46/47 (spring/summer 1996). Duke University Press. hlm. 217–252. Diakses tanggal April 3, 2007. 
  5. ^ Bruce Robbins; Andrew Ross (July 1996). "Mystery science theater". Lingua Franca. . Reply by Alan Sokal.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Wikibook