Sistem lampu ancang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sistem lampu ancang di Bremen

Sistem lampu ancang (Inggris: approach lighting system;[1] disingkat dengan "ALS"), adalah sistem pencahayaan yang dipasang pada ujung landas pacu dari sebuah bandara dan terdiri dari serangkaian baris lampu, lampu strobo, atau kombinasinya yang memanjang keluar dari landas pacu. Sistem ini biasanya terdapat pada landasan yang memiliki prosedur pendekatan instrumen (IAP) yang berhubungan dengannya sehingga memungkinkan pilot untuk mengidentifikasi lingkungan landasan pacu secara visual dan meluruskan pesawat dengan landasan setelah tiba di tempat yang ditentukan pada titik pendekatan.

Sistem kerja[sunting | sunting sumber]

Keterlihatan minimum yang diperlukan untuk instrumen pendekatan ini dipengaruhi oleh keberadaan dan jenis pendekatan dari sistem pencahayaan. Di Amerika Serikat, sebuah pendekatan ILS CAT Itanpa lampu ancang memiliki minimal visibilitas 3/4 mil, atau rentang visual sejauh 4.000 kaki. Dengan sistem lampu ancang sejauh 1.400 kaki atau lebih, minimal potensi visibilitas mungkin akan dikurangi menjadi 1/2 mil (rentang visual landasan 2.400), dan adanya wilayah mendarat serta lampu tengah dengan pendekatan yang sistem pencahayaan yang sesuai cocok dapat mengurangi visibilitas menjadi 3/8 mil (rentang visual landasan 1.800 kaki).

Pencahayaan landasan dikendalikan oleh menara kontrol lalu lintas udara. Di bandara yang tidak memiliki menara kontrol, pencahayaan pilot terkontrol dapat dipasan yang dapat diaktifkan oleh pilot melalui radio. Dalam kedua kasus tersebut, kecerahan lampu dapat disesuaikan untuk pengoperasian pada waktu siang dan malam.

Persepsi kedalaman tidak beroperasi pada jarak yang pada umumnya dipakai dalam pesawat terbang, sehingga posisi dan jarak dari landasan pacu dengan pesawat terbang harus dinilai oleh seorang pilot dengan menggunakan isyarat dua dimensi seperti perspektif, dan sudut ukuran serta gerakan dalam bidang visual. Sistem pencahayaan ancang memberikan tambahan isyarat yang memberikan informasi landasan pacu itu sendiri dan membantu pilot untuk menilai jarak dan keselarasan pesawat untuk mendarat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aeronautical Information Manual (AIM)". faraim.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 September 2018.