Sinodalitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sinodalitas (dari sinode yang merupakan bahasa Yunani σύν "bersama" dan ὁδός "jalan, perjalanan") dalam Gereja Katolik sebuah istilah "sering digunakan untuk menggambarkan proses kolaborasi persaudaraan dan pemahaman bahwa badan-badan seperti Sinode Para Uskup diciptakan untuk mengekspresikan".[1]

Artinya[sunting | sunting sumber]

Sinodalitas menunjukkan gaya tertentu yang memenuhi syarat kehidupan dan misi Gereja Katolik. Komisi Teologi Internasional Takhta Suci menyatakan bahwa sinodalitas, jika menyangkut Gereja Katolik, berarti "modus vivendi et operandi yang spesifik" Gereja, Umat Allah, yang mengungkapkan dan memberikan substansi pada keberadaannya sebagai komuni ketika semua anggotanya melakukan perjalanan bersama, berkumpul dan mengambil bagian aktif dalam misi penginjilan". Sinodalitas juga "mengacu pada keterlibatan dan partisipasi seluruh Umat Allah dalam kehidupan dan misi Gereja".[2] Dikasteri untuk Pengupayaan Kesatuan Umat Kristen Gereja mencatat bahwa istilah sinodalitas "secara luas [...] mengacu pada partisipasi aktif semua umat beriman dalam kehidupan dan misi Gereja" .[3]

Penggunaan kontemporer[sunting | sunting sumber]

Sinodalitas dipandang sebagai salah satu kata kunci yang menjadi ciri kepausan Paus Fransiskus.[4][5]

Sebuah dokumen oleh Komisi Teologi Internasional yang membahas sinodalitas diterbitkan pada bulan Maret 2018.[6]

Sinodalitas menjadi tema Sinode Sinodalitas (dimulai di Roma pada Oktober 2021).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apa itu 'sinodalitas'? Penjelasan para ahli". Kantor Berita Katolik. Diakses tanggal 2022-01-12. 
  2. ^ Komisi Teologi Internasional, /rc_cti_20180302_sinodalita_en.html Sinodalitas dalam Kehidupan dan Misi Gereja (2 Maret 2018), no. 6.
  3. ^ -internazionale-per-il-dialogo-teologico-tra-la/docunti-di-dialogo/testo-in-inglese1.html "Dokumen Chieti | Sinodalitas dan Keutamaan Selama Milenium Pertama. Menuju Pemahaman Bersama dalam Pelayanan terhadap Persatuan Gereja" Periksa nilai |url= (bantuan). www.christianunity.va. 
  4. ^ Baranowski, Martin (20-09-2021). "Synodalität als Stärkung der Kirche". Die Tagespost. Diakses tanggal 2022-01-12. 
  5. ^ "Paus kepada umat beriman di Roma: Sinodalitas mengungkapkan hakikat Gereja - Vatican News". 2021-09-18. Diakses tanggal 2022-01-12. 
  6. ^ "Sinodalitas dalam kehidupan dan misi Gereja (2 Maret 2018)". www.vatican.va. Diakses tanggal 2022-01-12.