Singin' in the Rain (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Singin' in the Rain
Singing in the rain poster.jpg
Sutradara Stanley Donen
Gene Kelly
Produser Arthur Freed
Penulis Betty Comden
Adolph Green
Pemeran Gene Kelly
Donald O'Connor
Debbie Reynolds
Jean Hagen
Distributor Metro-Goldwyn-Mayer
Tanggal rilis 27 Maret 1952
Durasi 103 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $2.540.800 USD


Film Singin' in the Rain adalah sebuah drama musikal tahun 1952. Diperankan oleh Gene Kelly, Donald O'Connor, dan Debbie Reynolds. Film ini disutrdarai oleh Gene Kelly yang juga menjadi pemeran utama, sekaligus koreografer pada film ini.

Film ini selalu disebut-sebut sebagai drama-komedi musikal terbaik yang pernah dibuat.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Don Lockwood (Gene Kelly) adalah seorang bintang film tampan yang serba-bisa. Seorang aktris kurang berbakat, Lina Lamont (Jean Hagen) yang hampir selalu menjadi pasangannya di film-film yang dibintanginya, selalu meyakinkan dirinya - dan publik - bahwa drama percintaan palsu di studio selama ini adalah kenyataan.

Suatu hari, ketika menghadiri acara yang dihadiri oleh fans-fans nya yang histeris, Don melarikan diri, dan lompat masuk ke mobil yang sedang dikendarai oleh Kathy Selden (Debbie Reynolds). Akhirnya ia mengantar Don sampai ke sebuah tempat - yang kebetulan searah dengan tujuannya. Kathy sempat mengatakan bahwa ia adalah seorang aktris panggung. Don menghadiri sebuah acara. Dalam acara tersebut, ketua studio Don mempertunjukan video singkat tentang 'gambar yang berbicara', sebuah hal yang baru pada masa itu. Tetapi, sayangnya para tamu tidak terkesan. Tak disangka, Don dan Kathy berjumpa lagi, dan ternyata Kathy adalah seorang gadis penari di acara itu. Don mengejek Kathy yang ketika di mobil berkata bahwa ia adalah seorang aktris. Kathy yang malu dan kesal, melempar kue ke wajah Don tetapi malah mengenai wajah Lina.

Setelah film bersuara yang pertama, The Jazz Singer pada yahun 1927, sukser di pasaran, R.F bersikeras ingin membuat film yang akan dibintangi Don dan Lina, The Dueling Cavalier secara bersuara. Masalah utamanya adalah suara Lina. Suara Lina jauh dari kata 'merdu'. Selain itu, pemutaran ulang film untuk dipertunjukan kepada penonton adalah sebuah bencana! Suara dan gambar tidak sesuai.

Teman baik Don, Cosmo Brown (Donald O'Connor), mendapatkan ide agar Kathy menjadi suara Lina. Kathy akhirnya setuju, dan proses pengisian suara pun dijalankan. The Dueling Cavalier diubah menjadi sebuah film musikal yang berubah pula judulnya menjadi The Dancing Cavalier. Film ini sangat sukses. Lina adalah orang yang paling menikmati kesuksesan ini. Ia bahkan mengancam R.F agar mengatur sedemikian rupa agar Kathy tetap mau menjadi suaranya.

Akhirnya, pada suatu acara, para penonton menyoraki Lina agar bernyanyi. Don, Cosmo, dan R.F menyuruh Kathy untuk sekali lagi menjadi suara Lina dari belakang panggung. Kathy sangat marah. Ia kecewa, tak menyangka bahwa mereka akan berani memintanya berbuat seperti ini dan menyatakan bahwa inilah terakhir kalinya. Ia pun berkata tak sudi bertemu lagi dengan Don dimanapun, kapanpun itu. Lina akhirnya, 'bernyanyi' dengan penuh percaya diri. Ketika sedang asyik bernyanyi, tiba-tiba semua penonton yang ada tertawa terbahak-bahak. Ternyata, Don, Cosmo, dan R.F mengangkat tirai di panggung untuk memperkenalkan ke para penonton 'bintang sesungguhnya dari film tersebut'.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Fakta[sunting | sunting sumber]

  • Debbie Reynolds bukanlah seorang penari ketika film ini dibuat. Ketika itu Kelly sering mengejeknya karena keterbatasannya dalam menari. Dan hal itu sempat membutnya marah. Seorang kru yang ketika itu sedang berjalan-jalan di sekitar studio tak sengaja melihat Reynolds sedang menangis di bawah piano. Pada masa pengambilan gambar untuk nyanyian "Good Morning", kaki Reynolds terluka. Beberapa tahun kemudian, ia menyatakan bahwa sepanjang hidupnya, pengalaman tersulitnya adalah masa-masa pembuatan film ini dan melahirkan.
  • Donald O'Connor sebenarnya juga kurang suka bekerja dengan Kelly. Ia berkata bahwa Kelly adalah pribadi yang kurang menyenangkan meskipun ia pernah menyatakan bahwa Kelly 'sabar' terhadapnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]