Sinema Puerto Rico

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Romance Tropical, film Puerto Rico pertama film dengan suara dan film berbahasa Spanyol kedua di dunia

Sejarah Industri sinema di Puerto Rico dimulai saat invasi AS ke pulau tersebut pada 1898. Pada waktu itu, para prajurit Amerika membawa kamera-kamera untuk merekam apa yang mereka lihat. Sementara, kegiatan perfilman oleh penduduk setempat disana tidak berlangsung sampai 1912 ketika bangsa Puerto Rico mulai membuat film mereka sendiri.

Setelah itu, sinema Puerto Rico berkembang dengan perlahan. Selain itu, industri tersebut telah menghasilkan beberapa aktor dan aktris dan satu film yang dinominasikan pada Academy Award (lihat Daftar pemenang dan nominasi Penghargaan Akademi Puerto Rico).

Dimulai pada akhir 1990an, industri film Puerto Rico mengalami pertumbuhan yang signifikan dan sejumlah produksi lokal dibuat setiap tahunnya.

Tahun--tahun awal: 1912-1950[sunting | sunting sumber]

Juan Emilio Viguié Cajas, pelopor industri film Puerto Rico

Setelah gambar-gambar awal yang direkam oleh para prajurit Amerika pada 1898, kebanyakan film yang diproduksi di pulau tersebut adalah dokumenter. Sementara, kegiatan perfilman oleh penduduk setempat disana tidak berlangsung sampai 1912 ketika Rafael Colorado D'Assoy merekam film non-dokumenter pertama yang berjudul Un drama en Puerto Rico. Setelah itu, Colorado dan Antonio Capella Martínez membuat Perhimpunan Industri Film Puerto Rico pada 1916, yang memproduksi film pertama mereka yang berjudul Por la hembra y el gallo. Perusahaan film lainnya yang dibentuk pada waktu itu adalah Tropical Film Company (1917) dan Porto Rico Photoplays (1919).

Tropical Film Company dibangun oleh dua intelektual dalam Gerakan Kemerdekaan Nasional dan seorang pembuat film veteran yang berpindah ke Puerto Rico dari Spanyol. Meskipun perusahaan tersebut diketahui telah memproduksi empat film, tidak ada diantaranya yang meraih sambutan.

Pada 1934, Juan Emilio Viguié Cajas memproduksi dan menyutradarai film Puerto Rico pertama dengan suara, Romance Tropical. Sedikit yang diketahui mengenai film tersebut atau salah satu pernyataan diatas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Sinema AS Templat:Sinema dunia