Sid W. Richardson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sid Williams Richardson (25 Mei 189130 September 1959 adalah seorang pengusaha minyak asal Texas. Ia juga terkenal sebagai pengusaha ternak dan seorang filantropis.

Richardson mengenyam pendidikan di Baylor University dan Simmons College dari 1910 hingga 1912. Dengan uang pinjaman, ia dan partner bisnisnya, Clint Murchison, masuk ke bisnis perminyakan pada tahun 1919—1920. Ketika baru memulai usaha, sedikit demi sedikit harta mereka habis karena pasar minyak sedang terpuruk, untungnya pada tahun 1933, bisnis minyak kembali meledak.

Richardson pernah menjadi presiden Sid Richardson Gasoline Co. di Kermit, Sid Richardson Carbon Company di Odessa, dan Sid W. Richardson Inc., di Fort Worth, dan menjadi sekutu di persekutuan Richardson and Bass Oil Producers yang berbasis di Fort Worth.

Ia mulai masuk ke bisnis peternakan pada tahun 1930. Pada tahun yang sama, ia mulai menunjukkan kecintaannya terhadap seni Barat, terutama karya Frederic Remington dan Charles M. Russel. Ia membangun Sir Richardson Collection of Western Art untuk menampilkan karya-karya artis tersebut pada tahun 1982. Museum ini ditutup selama bertahun-tahun untuk direnovasi, kemudian pada tahun 2006 lalu dibuka kembali dengan nama Sid Richardson Museum.

Richardson telah memberikan banyak sumbangan dan beasiswa kepada organisasi di lingkungannya melalui badan amal Sid W. Richardson Foundation yang didirikan atas bujukan temannya Amon G. Carter pada tahun 1947. Yayasan tersebut memberikan berbagai penghargaan di bidang edukasi, kesehatan, pelayanan masyarakat, dan institusi kebudayaan di Texas. Markas besar yayasan ini terletak di gedung yang sama dengan Richardson Collection of Western Art.

Pada kematiannya tahun 1959, Richardson memberikan sebagian besar perkebunannya kepada yayasan miliknya, dan meninggalkan beberapa juta sisanya kepada tiga keponakan (salah satunya Lee Marshall Bass), sekaligus sekutunya, Perry Bass.

Institusi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]