Shin Koyamada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ShinKoyamada
Shin Koyamada
Lahir 10 Maret 1982 (umur 32)
Okayama, Prefektur Okayama
Tahun aktif 2002 - sekarang
Situs web
http://www.ShinKoyamada.com

Shin Koyamada (小山田 真 Koyamada Shin?, lahir di Okayama, 10 Maret 1982; umur 32 tahun) adalah aktor Jepang, sekaligus produser film, ahli seni bela diri, dan seorang filantropis.

Koyamada berperan sebagai lawan main Tom Cruise dalam film epos The Last Samurai produksi Warner Bros. yang laris di seluruh dunia dan menghasilkan pemasukan AS$456 juta. Koyamada juga membintangi film laga orisinal dari Disney Channel yang berjudul Wendy Wu: Homecoming Warrior. Ia menjadi produser sekaligus membintangi film Good Soil dan menjadi produser eksekutif untuk Wine Road of the Samurai. Koyamada juga dijadikan tokoh dalam buku komik The Dreamhoppers yang diproduksinya sendiri. Ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, terutama untuk Koyamada Foundation.

Koyamada pindah ke Amerika Serikat pada Juni 2000, dan kini tinggal di Los Angeles, California. Koyamada adalah seorang pemegang sabuk hitam dalam seni bela diri. Ia dapat berbicara dwibahasa: Jepang dan Inggris. Koyamada adalah duta besar internasional untuk Kyoto dan Prefektur Okayama.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Shin dilahirkan di Okayama, Jepang dari keluarga seorang pegawai negeri. Ayahnya pindah ke Okayama sesuai dengan penugasannya sebagai pegawai pemerintah setempat. Keluarga Koyamada berasal dari Kagoshima, dan masih keturunan langsung dari Kagenori Koyamada yang menjabat kepala klan Koyamada, sebuah klan samurai pada masa Prefektur Kagoshima disebut Domain Satsuma.[1] Ketika duduk di sekolah dasar, Shin sudah aktif sebagai atlet atletik. Ia bergabung dengan klub atletik remaja di Kota Okayama. Ketika masih kanak-kanak, berkat pengaruh dari ayahnya, Koyamada menjadi sangat menyukai film laga produksi Hollywood dan juga film laga Hong Kong.[2]

Meski bukan atas keinginan dirinya sendiri, Koyamada sewaktu duduk di sekolah menengah pertama, dikirim oleh orang tuanya untuk belajar di Brisbane, Australia selama tiga minggu. Perjalanan tersebut merupakan program Persatuan Orang Tua Murid dan Guru di sekolahnya, dan sekaligus merupakan perjalanan pertamanya ke luar negeri. Walaupun selama tiga minggu itu kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki Koyamada sama sekali tidak memperoleh kemajuan, pengalaman ke luar negeri itu telah mengubah pandangannya. Dirinya selalu menjadi ingin tahu mengenai hal-hal yang terjadi di luar negeri.[3] Ketika masih duduk di kelas 3 sekolah menengah pertama, ia memutuskan untuk pergi ke Hollywood untuk mengejar cita-citanya sebagai aktor. Namun keinginannya untuk pergi ke Hollywood berhasil dihalang-halangi oleh kedua orang tua dan guru-gurunya. Ketika duduk di sekolah menengah atas, Koyamada terpilih sebagai kapten tim sekolahnya dan mengikuti turnamen tingkat prefektur selama tiga tahun berturut-turut. Selain pelajaran senam yang didapatnya selama di SMA, Koyamada juga mengikuti les karate meski harus melawan larangan dari orang tuanya. Latihan karate tersebut merupakan pengalaman pertamanya dengan seni bela diri. Ia berlatih setiap akhir pekan untuk mengasah kemampuan bela diri yang akan dijadikan bekalnya menjadi aktor film laga.

Setelah lulus SMA pada Juni 2000, Koyamada mengikuti program ESL musim panas di University of California, Riverside dan pindah ke Hollywood untuk mewujudkan keinginannya menjadi aktor film. Ketika baru sampai di Amerika Serikat, ia sama sekali tidak memiliki kenalan siapa pun, tidak memiliki tempat tinggal, dan bahkan tidak bisa berbicara bahasa Inggris.[4] Pada tahun 2001, ia masuk Los Angeles City College sebagai mahasiswa luar negeri, sekaligus mengambil pelajaran akting intensif di sebuah akademi teater dan kursus seni bela diri Shaolin Utara.

Karier[sunting | sunting sumber]

Akting[sunting | sunting sumber]

Karya awal[sunting | sunting sumber]

Mencoba menjadi aktor hanya berbekal sedikit uang, tanpa memiliki agen, manajer, dan koneksi di Hollywood adalah sesuatu yang nyaris mustahil. Demi memperoleh pengalaman dan portfolio, Koyamada bersedia bekerja apa saja dengan jam kerja yang panjang dan upah sangat sedikit, atau bahkan tidak dibayar sama sekali. Pada tahun 2001 di Knightsbridge Theater, ia menyiapkan koreografi sekaligus tampil sebagai di atas panggung memperagakan seni bela diri dalam produksi teater Coriolanus karya Shakespeare. Ia juga tampil sebagai bintang tamu dalam seri televisi Power Rangers Wild Force pada tahun 2002. Film pertamanya adalah film komedi pendek berjudul A Ninja Pays Half My Rent karya Steven Tsuchida.

The Last Samurai[sunting | sunting sumber]

Setelah melamar berkali-kali ke berbagai proyek film lewat sebuah situs pencari pemeran di Internet, Koyamada berhasil memperoleh peran pertamanya dalam film The Last Samurai produksi Warner Bros.. Perannya sebagai lawan main Tom Cruise. Tokoh yang diperankannya bernama Nobutada, seorang samurai muda, anak laki-laki dari Katsumoto. Nobutada adalah seorang jagoan pedang dan ahli memanah yang berteman dengan prajurit Amerika yang tertangkap (diperankan oleh Tom Cruise).[5] Pengambilan gambar The Last Samurai berlangsung di Jepang, Amerika Serikat, dan Selandia Baru selama hampir 8 tahun. Sewaktu pengambilan gambar berlangsung, Koyamada memperdalam keahliannya dalam bidang kyūdō (seni memanah tradisional Jepang) dan yabusame (seni memanah dari atas punggung kuda).[6] Film The Last Samurai berhasil menjadi film laris, dengan penghasilan sebesar AS$456 juta.[7]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai aktor
Tahun Judul Peran Jenis Catatan
2002 Power Rangers Wild Force Agent seri televisi
2002 Ninja Pays Half My Rent, AA Ninja Pays Half My Rent Black Ninja Film peran utama
2003 Last Samurai, TheThe Last Samurai Nobutada Film peran utama
2004 Jake 2.0 Shinji Makito seri televisi bintang tamu
2006 Disney Channel Games 2006 Diri sendiri seri televisi peran utama, Red Team
2006 Wine Road of the Samurai Narator, diri sendiri Film dokumenter
2006 Wendy Wu: Homecoming Warrior Shen film televisi peran utama
2007 Disney Channel Games 2007 Himself seri televisi peran utama, Yellow Team
2007 Constellation Film Yoshito
2007 Good Soil Jinbei Masuda Film peran utama
2008 Disney Channel Games 2008 Diri sendiri seri televisi peran utama, Blue Team
2010 Ai No Shizuku Seinen Makibi film televisi peran utama
2013 Heart of the Dragon John Watanabe seri film web peran utama
2014 The Yokai King Ippei "The Yokai King" seri televisi peran utama
2015 Reborn Musashi Miyamoto Permainan video peran utama (pengisi suara)
Sebagai produser
Tahun Judul Peran Jenis
2006 Wine Road of the Samurai Produser Film dokumenter
2007 Good Soil Produser eksekutif Film
2012 Spirit Fashion Produser Seri televisi
2013 Spirit Earth Produser Seri televisi
2013 Spirit Love Produser Seri televisi
2013 Spirit Music Produser Seri televisi
2013 Spirit Art Produser Seri televisi
2013 Heart of the Dragon Produser Seri video di web
2013 Reborn Produser Permainan video


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]