Sheila on 7 (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sheila on 7

Graphic Design by Lesin
Photography by Hanggoro
Album studio karya Sheila on 7
Dirilis16 Maret 1999 (Indonesia) (rilis di Malaysia & Singapura pada 5 Juni 2000)
DirekamOktober - Desember 1998
GenreAlternative Rock, Hard rock, Pop rock, Blues rock
LabelSony Music Indonesia
ProduserJan Djuhana
Kronologi Sheila on 7
Sheila on 7
(1999)
Kisah Klasik Untuk Masa Depan
(2000)Kisah Klasik Untuk Masa Depan2000

Sheila on 7 (dikenal sebagai "Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki" untuk versi rilis Malaysia & Singapura) adalah album studio pertama karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 1999 yang merupakan debut album Sheila on 7 di blantika musik Indonesia. Album ini sendiri mengusung hits single "Dan", "Kita", "J.A.P (Jadikan Aku Pacarmu)", "Perhatikan, Rani!" dan "Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki". Sheila on 7 salah satu band yang membangkitkan kembali era band muda di Indonesia pada awal millenium baru.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Sheila on 7 yang digawangi Duta (Vokal), Eross (Lead Guitar), Sakti (Rhythm Guitar), Adam (Bass) dan Anton (Drum) berinisiatif untuk mengajukan demo album pertama mereka ke "Major Label" di Jakarta setelah single mereka yaitu Kita mendapatkan apresiasi yang positif dari pendengar di Yogyakarta lewat Radio Geronimo FM. Perjalanan yang berliku-liku dilalui oleh band yang berdiri pada tahun 1996 ini kala mengajukan proposal dan demo pembuatan album mereka. Sempat ditolak Warner Music, Sheila on 7 akhirnya resmi dikontrak Sony Music Indonesia pada Oktober 1998 dan langsung melakukan rekaman album di bulan yang sama.

Rilis Album dan Kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Album berjudul sama dengan nama band ini pun rilis pada Maret 1999.[1] Single pertama mereka yaitu Kita sebelumnya rilis terlebih dahulu pada akhir Februari 1999 dengan video klip yang dibintangi para pemeran sinetron Lupus Milenia seperti Irgi Ahmad Fahrezy dan Mona Ratuliu. Namun, penjualan album pertama Sheila on 7 ini sempat seret kurang lebih 2 bulan. Yang paling fenomenal di album pertama ini adalah adalah single kedua yang diberi judul Dan. Lagu ini sangat berhasil mengharu biru pencinta musik di seluruh Indonesia. Bahkan, lagu dengan komposisi sederhana ini berhasil membuat rekor baru, menjadi nomor satu di chart MTV Ampuh selama 40 minggu dan berhasil menjadi Song of the Year selama dua tahun berturut-turut (1999 dan 2000) dan hingga kini belum ada lagi lagu Indonesia yang berhasil menyamai rekor fenomenal lagu karya Eross Candra ini. Tak dapat dipungkiri lagi Sheila on 7 menjelma menjadi idola remaja yang selalu menjadi buruan wartawan kemanapun mereka pergi.

Kontroversi sempat muncul tatkala single berikutnya Anugrah Terindah Yang Pernah Ku Miliki dituduh menjiplak lagu milik Cat Stevens yang berjudul "Father and Son". Kehadiran berita miring tersebut tidak menggoyahkan popularitas Sheila on 7.

Album pertama yang hanya bertitel “Sheila On 7” ini terjual mencapai 1,5 juta keping termasuk dari beberapa negara tetangga. Di Malaysia sendiri album ini dirilis dengan judul “Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki”, mengambil salah satu lagu hits yang ada di album ini.

Awalnya memang banyak yang mempertanyakan kemampuan bermusik mereka, karena musik yang mereka mainkan begitu simpel dan easy listening. Pada akhirnya mereka berhasil menjawab keraguan publik, karena nyatanya hingga sekarang Sheila on 7 tetap konsisten dalam berkarya dan berprestasi. Berkat album perdana ini, Sheila on 7 meraih begitu banyak penghargaan, salah satunya Best New Comer di MTV Indonesia Music Awards 2000.

Pengaruh dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan album Self Titled dari Sheila on 7, telah membuka jalan bagi beberapa band asal Yogyakarta untuk bisa sukses secara nasional atau bisa disebut dengan Yogya Invasion. Tepat setahun setelah rilisnya album pertama Sheila on 7, muncul grup musik Jikustik yang digawangi Pongky Barata dan Icha Mirza Hakim dengan album Seribu Tahun (2000) dan kemudian disusul beberapa band seperti Shaggydog, Letto, Endank Soekamti, The Rain, Hello dan Seventeen.

Album ini termasuk dalam 150 Album Indonesia Terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone Indonesia dengan menempati peringkat #33.

Selain itu lagu Dan juga termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik juga oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Semua lagu ciptaan Eross Candra kecuali Terlintas 2 Kata

  1. Tertatih
  2. Kita
  3. J.A.P
  4. Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki
  5. Pe De
  6. Dan
  7. Terlintas 2 Kata (Adam Muhammad Subarkah)
  8. Berai
  9. Bobrok
  10. Perhatikan, Rani!

Personil[sunting | sunting sumber]

Sheila on 7

Tim Produksi dan Musisi Tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Jan Djuhana - Produser
  • Sony Music Indonesia - Produser Eksekutif
  • Herman & Bambang Acam - Operator
  • Stephan Santoso - Mixing
  • Musica Mastering Studio - Mastering
  • Andi "Bayou" Irawan - String Solution & Keyboard pada lagu "Kita", "Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki" dan "Perhatikan, Rani!"
  • Aminoto Kosin - Sampling sound pada lagu "Dan"
  • Rejoz - Conga pada lagu "Berai" dan "Perhatikan, Rani!"
  • Lesin - Desain Grafis
  • Hanggoro R - Fotografi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buklet Majalah Hai No. 43 Tahun 2000 Edisi Sheila on 7