Sharper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sharper
Poster resmi
SutradaraBenjamin Caron
Produser
  • Erik Feig
  • Jessica Switch
  • Julianne Moore
  • Bart Freundlich
  • Brian Gatewood
  • Alessandro Tanaka
Ditulis oleh
  • Brian Gatewood
  • Alessandro Tanaka
Pemeran
Penata musikClint Mansell
SinematograferCharlotte Bruus Christensen
PenyuntingYan Miles
Perusahaan
produksi
  • Apple Studios
  • Picturestart
  • FortySixty
  • G&T Productions
Distributor
Tanggal rilis
  • 10 Februari 2023 (2023-02-10) (Amerika Serikat)
  • 17 Februari 2023 (2023-02-17) (Apple TV+)
Durasi116 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Sharper adalah film thriller kriminal Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Benjamin Caron dan ditulis oleh Brian Gatewood dan Alessandro Tanaka. Film ini dibintangi oleh Julianne Moore (yang juga berperan sebagai produser), Sebastian Stan, Justice Smith, Briana Middleton dan John Lithgow. Film ini dirilis di bioskop tertentu di Amerika Serikat pada 10 Februari 2023 oleh A24, sebelum rilis streamingnya pada 17 Februari 2023 melalui Apple TV+.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tom[sunting | sunting sumber]

Tom adalah pemilik toko buku bekas di New York City. Suatu hari, seorang wanita bernama Sandra datang mencari buku, dan setelah awalnya Sandra menolak rayuan Tom, keduanya memulai hubungan asmara. Beberapa minggu setelah hubungan mereka, Sandra memberi tahu Tom bahwa kakaknya terlilit hutang dan harus membayar $350.000 atau kakaknya dibunuh. Tom mengungkapkan bahwa ayahnya kaya, dan menawarkan uang untuk menutupi hutangnya. Setelah memberikan uang kepadanya, Sandra menghilang, membuat Tom mengalami gangguan saraf.

Sandra[sunting | sunting sumber]

Sandra yang nama aslinya Sandy, seorang pembebasan bersyarat dengan sejarah kriminal yang panjang. Suatu malam, sebelum hubungannya dengan Tom, Sandy bertemu dengan seorang petugas pembebasan bersyarat yang korup. Petugas itu dibayar oleh pria yang tampaknya kaya, Max, yang sebenarnya adalah seorang penipu. Max menganggap Sandy sebagai anak didik, dan melatihnya untuk menjadi penipu. Setelah percobaan penipuan pertama mereka berhasil, keduanya berbagi ciuman penuh gairah.

Max[sunting | sunting sumber]

Sebelum kemitraannya dengan Sandy, Max mengunjungi ibunya, Madeline, dan pacar barunya, seorang miliarder, Richard Hobbes, di apartemen mewah Richard. Max, yang tampak mabuk, meyakinkan Madeline untuk mengizinkannya tinggal di apartemen Richard. Keesokan harinya, Madeline dan Richard pulang ke rumah di mana Max yang tampaknya ditangkap karena meminta obat-obatan dari seorang petugas polisi yang menyamar. Madeline langsung menyadari bahwa Max melakukan penipuan agar Richard membayar petugas tersebut, yang sebenarnya mitra Max, Tipsy. Madeline memaksa Max untuk meninggalkan apartemen, tetapi kemudian terungkap bahwa Madeline dan Max adalah sepasang kekasih, bukan ibu dan anak, dan mereka bekerja untuk mengincar Richard.

Richard bertemu dengan Max, yang menuntut gaji satu tahun dalam bentuk tunai untuk Max meninggalkan Madeline sendirian bersama Richard. Saat bertemu dengan Richard, Max juga bertemu dengan putra Richard — Tom, yang saat itu belum bertemu dengan Sandy. Max, Madeline dan Tipy merayakan penipuan yang sukses, tetapi malam itu, Madeline memberi tahu Max bahwa Richard ingin menikahinya, dan dia akan tinggal bersamanya. Max kabur dari polisi yang dipanggil Madeline dan pergi dengan membawa uang.

Madeline[sunting | sunting sumber]

Richard meninggal, meninggalkan sebagian besar harta miliknya ke Madeline. Karena keraguan Richard tentang Tom. Setelah insidennya dengan Sandy, Tom hanya tinggal di toko buku. Dia juga ditunjuk sebagai ketua yayasan Richard, sedangkan Madeline adalah wali amanat.

Tom menyewa seorang teman lama keluarganya, Braddock, untuk menemukan Sandra. Terlepas dari upaya Madeline untuk meyakinkan Tom agar membatalkan penyelidikan, Sandy ditemukan, yang kecanduan heroin. Tom ingin Sandy tinggal di apartemen agar dia menjalani detoksifikasi. Madeline berbicara dengan Sandy, yang mengungkapkan bahwa Sandy mengetahui hubungan antara Madeline dan Max. Sebagai imbalan untuk membuatnya diam, Sandy meminta Madeline melacak Max agar dia dapat mengonfrontasinya karena meninggalkannya.

Max setuju untuk bertemu dengan Sandy dan Madeline. Dalam pertemuan tersebut, Tom dan Braddock juga datang untuk memastikan kecurigaan Tom bahwa ketiganya telah bekerja sama. Tom menodongkan pistol ke Sandy, lalu ke Madeline. Sandy membuang pistol dari tangan Tom, dan diambil oleh Madeline, yang kemudian tampaknya menembak dan membunuh Tom setelah Tom memaksanya untuk mengarahkan pistol ke arahnya. Putus asa untuk menghindari penjara, Madeline langsung mentransfer semua uangnya ke yayasan Richard yang di pegang oleh Tom.

Madeline, Max dan Sandy diterbangkan ke Oklahoma City. Madeline mengingatkan Max bahwa dia yang memegang kendali atas uang tersebut, karena Tom sudah meninggal dan dia adalah wali amanat yayasan Richard. Setelah Sandy yang putus asa pergi ke toilet pesawat, Madeline menyadari bahwa darah di lengan bajunya tidak nyata, artinya Tom masih hidup. Saat Madeline memeriksa toilet pesawat, Sandy sudah tidak ada.

Sandy[sunting | sunting sumber]

Sifat sebenarnya dari skema tersebut terungkap; setelah jatuh cinta dengan Tom, Sandy mengakui identitas aslinya kepada Tom, dan keduanya menyusun rencana untuk menipu Madeline dan Max, meminta Tipsy dan rekannya Goldie—yang menyamar sebagai "Braddock"—untuk membantu mereka. Pertemuan antara Sandy dan Max telah direncanakan, begitu pula penembakan yang tampak jelas dari Tom di tangan Madeline. Karena Tom masih hidup, dia memegang kendali atas yayasan dan uangnya. Tom, Sandy, Tipsy dan Goldie bertemu di toko buku untuk merayakan kesuksesan mereka. Tom dan Sandy mulai menghidupkan kembali hubungan mereka.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Julianne Moore sebagai Madeline
  • Sebastian Stan sebagai Max
  • Justice Smith sebagai Tom
  • Briana Middleton sebagai Sandra
  • John Lithgow sebagai Richard Hobbes
  • Darren Goldstein sebagai Pat Braddock
  • Phillip Johnson Richardson sebagai "Tipsy" Detective Collins
  • Kerry Flanagan sebagai Larusso
  • David Pittu sebagai David
  • Quincy Dunn-Baker sebagai William Tyler
  • Hannah Dunne sebagai Brenda
  • Giullian Yao Gioiello sebagai Jack

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2021, diumumkan bahwa A24 akan memproduksi film ini untuk Apple TV+, disutradarai oleh Benjamin Caron dan dibintangi oleh Julianne Moore, berdasarkan naskah yang ditulis oleh Brian Gatewood dan Alessandro Tanaka yang merupakan bagian dari skenario Daftar Hitam tahun 2020 yang akan tidak akan dirilis di bioskop selama tahun kalender 2020.[2][3][4] Pada Juli 2021, Sebastian Stan ditambahkan sebagai pemeran, dengan Justice Smith dan Briana Middleton bergabung pada Agustus.[5][6][7] Pada bulan September, John Lithgow bergabung dengan syuting dimulai pada 13 September di New York City.[8]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Sharper dirilis di bioskop tertentu di Amerika Serikat pada 10 Februari 2023 melalui A24, dan dirilis di Apple TV+ pada 17 Februari 2023.[9]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 69% dari 134 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 6,5/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Meskipun tidak pernah mendekati cerita klasik yang ingin ditiru, Sharper cukup ramping dan cukup pintar untuk menghabiskan waktu."[10] Di Metacritic, film ini memiliki skor 65 dari 100 berdasarkan 35 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang disukai secara umum".[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sharper (2023)". AllMovie. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2023. Diakses tanggal January 13, 2023. 
  2. ^ Kroll, Justin (March 26, 2021). "'The Crown' Director Benjamin Caron Boards Apple's 'Sharper' Starring Julianne Moore". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 14, 2021. Diakses tanggal March 26, 2021. 
  3. ^ Desta, Yohana (December 14, 2021). "The Black List 2020: Scripts About Cannibals, Billionaires, and Tabloid Faves Make the Cut". Vanity Fair. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2021. Diakses tanggal March 28, 2021. 
  4. ^ "Film and TV Projects Going Into Production – Sharper". Variety Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 15, 2021. Diakses tanggal May 15, 2021. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (July 29, 2021). "Sebastian Stan Joins Julianne Moore In 'Sharper' Con Artist Pic From Apple Original Film & A24". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2022. Diakses tanggal August 5, 2021. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (August 5, 2021). "Justice Smith Boards Julianne Moore Con Artist Pic 'Sharper' From Apple Original Film & A24". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2022. Diakses tanggal August 5, 2021. 
  7. ^ D'Alessandro, Anthony (August 9, 2021). "Julianne Moore's Apple & A24 Film 'Sharper' Adds Briana Middleton In Lead Role". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2022. Diakses tanggal August 9, 2021. 
  8. ^ Hipes, Patrick (September 10, 2021). "John Lithgow Joins Cast Of Apple Thriller 'Sharper' Ahead Of Production Start". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2022. Diakses tanggal September 11, 2021. 
  9. ^ Grobar, Matt (January 10, 2023). "'Beau Is Afraid' Trailer, Release Date: Joaquin Phoenix Journeys Through Surreal Mixed-Media Landscape In Ari Aster's Third Feature For A24". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 10, 2023. Diakses tanggal January 13, 2023. 
  10. ^ "Sharper". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2023. Diakses tanggal February 11, 2023. 
  11. ^ "Sharper Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 11, 2023. Diakses tanggal February 10, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]