Seung-Hui Cho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seung-hui Cho
Lahir 18 Januari 1984
Korea Selatan
Meninggal 16 April 2007 (umur 23)
Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat
Sebab meninggal Bunuh diri, setelah melakukan aksi pembunuhan
Pekerjaan Pelajar
Dikenal karena Pembunuhan dan penembakan
Kerabat Sung Tae Cho
Hyang-Im Cho[1]
Seung-Hui Cho
Hangeul 조승희
Hanja 趙承熙
Alih Aksara yang Disempurnakan Jo Seung-hui
McCune–Reischauer Cho Sŭng-hŭi

Seung-hui Cho (Korea: 조승희 Cho Seung Hui) (lahir di Korea Selatan[2], 18 Januari 1984 – meninggal di Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat, 16 April 2007 pada umur 23 tahun) adalah warga negara Korea Selatan yang menjadi tersangka pembunuhan dalam peristiwa Pembantaian Virginia Tech[3][4][5] pada tanggal 16 April 2007. Setelah itu ia bunuh diri, sebab jasadnya ditemukan di antara jenazah para korban.

Ia berimigrasi ke AS pada umur 8 tahun bersama dengan keluarganya dan tinggal dengan status residen tetap (kartu hijau).

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Cho Seung-Hui lahir di Korea Selatan. Keluarganya tinggal di Seoul, di sebuah apartemen kontrakan. Pemilik rumah Lim Bong-Ae menyatakan bahwa ia tidak tahu ayah Cho Seung-Hui dulu bekerja sebagai apa. Yang ia ketahui ialah bahwa mereka merupakan keluarga miskin. Oleh karena itu mereka merantau ke Amerika Serikat untuk mengadu nasib. Latar belakang kemiskinan ini kelak akan menjadi salah satu alasannya melakukan pembantaian di Virginia Tech tersebut.

Cho Seung-Hui berhijrah ke Amerika Serikat pada usia 8 tahun bersama kakak perempuan dan kedua orangtuanya. Ia tetap berwarga negara Korea Selatan.

Kakak perempuannya, Cho Sun-Kyung, berkuliah di Universitas Princeton dan menjadi seorang pengacara sukses.

Kemungkinan motif pembantaian di Virginia Tech[sunting | sunting sumber]

Gambar Cho Seung-Hui yang ia kirimkan ke NBC News

Hingga 17 April 2007, motif Cho untuk melakukan pembunuhan ini tetap tidak jelas.

Ketika polisi menyelidiki kamar Cho, mereka menemukan sebuah catatan yang melukiskan betapa hidupnya sangat menderita dan rencananya untuk bunuh diri. Dalam sebuah catatan yang ditinggalkannya di pintu kamar asramanya, ia menguraikan daftar keluhannya; di situ ia mengecam "anak-anak kaya", "pembual" yang "jahat" dan "penipu" di kampus itu. Kalimat lainnya dalam catatan itu berbunyi "kalian yang membuat aku melakukan semua ini".[6] Kata-kata "Ismail Ax" ditemukan tertulis di lengannya dengan tinta merah.[7] Teman sekamarnya menceritakan kepada wartawan bahwa Cho kelihatan normal wajahnya dua jam sebelum penembakan liar itu.

Lucinda Roy, mantan dosen penulisan kreatif Cho, dan mantan ketua departemen bahasa Inggris, mengatakan bahwa ia merasa terganggu oleh kelakuan dan tulisan mahasiswa itu hingga ia memperingatkan polisi kampus dan para pejabat lainnya tentang Cho, tetapi mereka mengatakan tidak dapat berbuat banyak karena ia tidak menimbulkan ancaman langsung dan mereka tidak dapat melanggar hak kebebasan berbicaranya.[8] Roy mengatakan kepada ABC News bahwa Cho tampaknya "luar biasa kesepian - orang yang paling kesepian yang pernah saya jumpai dalam hidup saya." Ia mengatakan bahwa Cho selalu mengenakan kacamata hitam dan sebuah topi di dalam ruangan, berbicara seperti berbisik dan mengambil foto-fotonya dengan telepon genggam. Karena sangat prihatin, ia mengatur untuk membantu Cho secara pribadi, dan memintanya pergi mengikuti konseling, tetapi tampaknya Cho tidak pernah pergi.[9]

Situs The Smoking Gun telah memperoleh sebuah salinan drama karya Cho yang berjudul "Richard McBeef." Drama singkat ini menyebutkan topik-topik yang sangat grafik seperti misalnya pedofilia, kekerasan dengan gergaji listrik, dan berakhir dengan si tokoh memberikan "pukulan yang mematikan" kepada anak tirinya yang berusia 13 tahun.[10] Cho juga menulis drama kedua, yang berjudul "Mr. Brownstone"; drama ini diberinya nama sesuai dengan judul lagu karya Guns N' Roses, dan memuat kata-kata yang disalinnya langsung dari lagu itu.[11]

Seorang profesor yang tak disebutkan namanya, yang mengajar Cho mencirikan karyanya sebagai "sangat kekanak-kanakan" dan "konyol", dengan upaya melakukan "komedi kasar" dan "unsur-unsur kekerasan."[12]

Dalam sebuah paket yang dikirim Cho ke stasiun televisi swasta NBC, di New York, ia menceritakan pemikirannya dalam suatu dokumen yang berisikan 1800 kata [13][14][15].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sandhya Somashekhar and Sari Horwitz (April 12, 2008). "A Year After Massacre, Family Lives 'in Darkness'". Washington Post. Diakses 2008-10-23. 
  2. ^ NPR
  3. ^ VT front page
  4. ^ John M. Broder. "Virginia Gunman Identified as a Student". New York Times. Diakses 17 April 2007. 
  5. ^ "Gunman Identified as Massacre at Virginia Tech Enters Second Day". ABC News. Diakses 17 April 2007. 
  6. ^ Baron, Mike "Virginia Tech Shooting: Cho Seung-Hui Suicide Note Found" Post Chronicle, retrieved on.
  7. ^ Sources: College gunman left note", Chicago Tribune, 17 April 2007
  8. ^ "Kaine Seeks Independent Review of Officials Response". Washington Post. 17 April 2007. 
  9. ^ Killer's Note: 'You Caused Me to Do This'", ABC News, 17 April 2007
  10. ^ Virginia Killer's Violent Writings: Play told of pedophilic stepfather, murder of 13-year-old boy, The Smoking Gun, diakses 17 April 2007.
  11. ^ Cho Seung-Hui's Plays, AOL News, accessed 17 April 2007.
  12. ^ Pat Wingert, Lynn Waddell and Arian Campo-Flores. "He Was Just Off", Newsweek, 17 April 2007. Diakses terakhir 17 April 2007.
  13. ^ (Inggris) "Gunman sent package to NBC News". NBC. 10:02 p.m. ET April 18, 2007
  14. ^ (Jerman) "Ihr habt entschieden, mein Blut zu vergießen", N24, 19. April 2007
  15. ^ (Indonesia) "Cho Mengirim Paket ke NBC Sebelum Membantai", Liputan 6, 19/04/2007 10:16

Pranala luar[sunting | sunting sumber]