Serunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aksi menyerunda seorang pencari tandem di Algonquin Park

Serunda atau menyerunda adalah praktik membawa perahu air atau muatan melewati darat, baik mengitari rintangan di sungai, atau di antara dua badan air. Jalur di mana barang-barang secara teratur dibawa antar perairan disebut jalur serunda.

Seiring waktu, jalur serunda penting terkadang dilengkapi dengan kanal dengan kunci, dan bahkan jalur kereta api . Pengangkutan primitif umumnya melibatkan pengangkutan kapal dan isinya melintasi pengangkutan dalam beberapa perjalanan. Kano kecil dapat diangkut dengan cara digendong secara terbalik di atas bahu dan penyangga tengah dapat dirancang dengan gaya kuk untuk memfasilitasi hal ini. Secara historis, para pelancong sering kali menggunakan tali pancing di kepala mereka untuk membawa beban di punggung mereka.

Teknik[sunting | sunting sumber]

Bagian ini sebagian besar membahas tentang kano barang berat yang digunakan oleh Voyageurs Kanada. [1]

Jalur serunda biasanya dimulai sebagai jalur binatang dan diperbaiki dengan menginjak-injak atau membakar. Di beberapa tempat dipasang rangka kayu berlapis besi untuk membawa gerobak tangan. Rute yang sering digunakan terkadang berkembang menjadi jalan raya ketika kereta luncur, atau lembu digunakan, seperti di Methye Portage . Terkadang rel kereta api ( Champlain dan St. Lawrence Railroad ) atau kanal dibangun.

Saat menyusuri hilir melalui jeram, seorang pelayaran berpengalaman yang disebut pemandu akan memeriksa jeram dan memilih antara pekerjaan berat sebagai portage dan risiko yang mengancam jiwa saat menjalankan jeram. Jika jalur kedua dipilih, perahu akan dikendalikan oleh barisan depan yang berdiri di depan dengan dayung panjang dan gouvernail yang berdiri di belakang dengan dayung sepanjang 2,7-meter (9 ft) dayung kemudi. Kapal depan memiliki pandangan yang lebih baik dan bertanggung jawab tetapi gouvernail memiliki kendali lebih besar atas kapal. Para kano lainnya memberikan tenaga di bawah instruksi avant.

Menuju ke hulu lebih sulit, karena banyak tempat yang arusnya terlalu deras untuk didayung. Jika dasar sungai dangkal dan kokoh, wisatawan akan berdiri di atas sampan dan mendorongnya ke hulu dengan 3-meter (10 ft) tiang. Jika garis pantai cukup bersih, sampan dapat 'dilacak' atau 'dilapisi', yaitu, awak kano akan menarik sampan dengan tali sementara satu orang tetap berada di kapal untuk menjauhkannya dari pantai. (Kasus pelacakan yang paling ekstrem terjadi di Tiga Ngarai di Tiongkok di mana semua perahu harus ditarik ke hulu melawan arus Sungai Yangtze .) Dalam kondisi yang lebih buruk, teknik 'demi-charge' digunakan. Separuh muatan dibongkar, sampan dipaksa ke hulu, dibongkar dan kemudian kembali ke hilir untuk mengambil separuh muatan yang tersisa. Pada arus yang lebih buruk lagi, seluruh muatan dibongkar ('décharge') dan dibawa melalui darat sementara sampan didorong ke hulu. Dalam kasus terburuk diperlukan serunda penuh. Kano diangkut melalui darat oleh dua atau empat orang ( perahu York yang lebih berat harus diseret ke darat dengan roller) Kargo dibagi menjadi standar 41-kilogram (90 pon) bungkusan atau pièces dengan masing-masing orang bertanggung jawab atas sekitar enam buah. Satu paket serunda atau kano akan dibawa dengan tumpline dan satu lagi di punggung ( hernia strangulata adalah penyebab umum kematian). Untuk memungkinkan istirahat yang teratur, penjelajah akan menjatuhkan ranselnya dengan posisi masing-masing1 kilometer (12 mi) dan kembali untuk memuat berikutnya. Waktu untuk portage diperkirakan satu jam per setengah mil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fraser, P. M. (1961), "The ΔΙΟΛΚΟΣ of Alexandria", The Journal of Egyptian Archaeology, 47: 134–138, doi:10.2307/3855873, JSTOR 3855873