Serat Pustaka Raja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Serat Pustaka Raja adalah salah satu serat/kitab atau buku yang dikarang oleh Raden Ngabehi Rangga Warsita yaitu seorang pujangga keraton Surakarta pada abad ke-19. Buku ini berisi cerita Mahabarata dan Ramayana yang ada sejak pertama dikenal di Indonesia. Menurut buku ini, sumber kedua cerita tersebut terbagi menjadi dua bagian:

  • Pustaka Raja Purwa yang memuat cerita asli dan terjemahan dari India yang banyak dianut di Indonesia pada kira-kira 800 tahun pertama sejak tahun Jawa/Saka 1 sampai tahun Saka 800 (~tahun 100M –> tahun 878 M), dan
  • Pustaka Raja yang memuat cerita carangan (berarti dahan dalam bahasa Jawa) dari cerita Ramayana dan Mahabarata aslinya. Bentuk carangan atau modifikasi ini berisi cerita asli yang telah ditambah dan dibumbui sehingga sesuai dengan keadaan bumi Indonesia dan mempunyai arti falsafah yang mendalam bagi masyarakat Jawa pada kurun waktu 800 tahun sesudahnya (tahun Saka 800 sampai tahun Saka 1600, yaitu pada saat akhir pemerintahan Prabu Brawijaya V). Bagian ini justru yang popular saat ini dan menjadi ciri khas dari kebudayaan wayang kulit Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia atau Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Buku Serat Pustaka Raja ini dikumpulkan dan diterbitkan oleh Sri Paduka Mangkunegara VII menjadi 37 jilid yang terbagi menjadi 3 bagian utama:

  • cerita mengenai keadaan sebelum Pendawa lahir (pada jilid 1 dan 2)
  • cerita mengenai Pendawa (pada jilid 3 sampai 34), dan
  • cerita mengenai Sri Rama atau Ramayana (pada jilid 35, 36 dan 37).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Suluk, Kawruh Pedhalangan lan Macapat, Nanang Windradi, Penerbit Cendrawasih, 2002.