Sepak bola rugbi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah permainan rugbi.

Sepak bola rugbi (bahasa Inggris: Rugby) merupakan sejenis permainan sepak bola tim yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim mencoba mencetak skor dengan cara menyepak, melontar, atau membawa bola sehingga mereka dapat menyepak untuk melepaskan gol lawan atau menyentuh di belakang garis lawan. Tim yang mencetak poin paling banyak menjadi pemenang

Sejarah sepak bola rugbi[sunting | sunting sumber]

Ketika pertandingan sepak bola tingkat sekolah di England tahun 1823, William Webb Ellis mengambil bola dengan tangannya dan membawanya lari. Sejak itu, dimulailah pertandingan sepak bola rugbi. Olahraga ini dibuat berdasarkan sejarah yang terjadi secara spontan.

Kemudian Universitas Cambridge memodifikasi permainan ini, mempopulerkan dan membuat peraturan resmi rugbi. rugbi mulai populer tahun 1871 di sekolah-sekolah di England. Kemudian Klub rugbi mengumumkan peraturan resmi permainan rugbi di London sepuluh tahun kemudian.

Tahun 1895 Liga Rugby (The Rugby League) telah didirikan dengan 13 permainan bersama dengan peraturan yang lebih profesional. Rugby mulai berkembang ke seluruh dunia dan pertandingan antara negara diadakan. Berbagai perubahan telah dilakukan. Tahun 1880 scrum telah dimodifikasi, berarti perbuatan atau metode memulai kembali permainan setelah suatu pelanggaran ketika kedua lawan kelompok ke depan bersama-sama dengan kepala ke bawah dan saling dan tekan untuk mendapatkan tanah sedangkan scrumhalf melemparkan bola dan pemain tengah (hooker) mencoba untuk rebut bola untuk tim mereka sendiri.pemain biasanya dipanggil oleh wasit (set banyak orang) tetapi bisa dibentuk secara spontan (longgar banyak orang).

Pada tahun 1905 pertandingan antara Sarthmore dengan Pennsylvania telah memicu keributan. Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt telah mengubah peraturan untuk mengurangi kekerasan dalam permainan rugby.

Pada tahun 1906, akibat dari perubahan pada permainan rugby, muncullah American football di Amerika Serikat.

Permainan rugby semakin mencoret nama terutama di Britania Raya, Selandia Baru, Australia dan Afrika Selatan. Jumlah klub bertambah dari 80 pada 1000 klub antara tahun 1964 sampai 1980. 1975 dibentuk Klub Sepak Bola Rugby di Amerika Serikat (The United States of America Rugby Football Union (USARFU). Kini permainan rugby berkembang hingga ke 80 negara di seluruh dunia.

Rugby adalah salah satu olahraga yang kasar dan lasak jika ia di lihat melalui mata kasar namun jika benar cara memainkan pemain tidak akan terluka. Sebaliknya, rugby adalah salah satu olahraga yang membentuk kepribadian seseorang malah membutuhkan disiplin yang tinggi. Rugby juga dianggap sebagai olahraga atau permainan yang dianggap pria sejati untuk beberapa pihak. Saat pertandingan, seseorang yang menjadi pemain rugby akan menganggap tim lawan mereka sebagai musuh bebuyutan yang perlu di kasari tetapi setelah pertandingan berakhir, kedua tim ini adalah sahabat yang baik.

Permulaan[sunting | sunting sumber]

Bagaimana permainan rugby ini dimulai? Ia dimulai pada tahun 1823 di England, pada waktu itu William Webb Ellis bermain sepak bola di sekolah Rugby. Dia secara tidak sengaja telah mengambil dan membawa lari bola tersebut. Maka tercetuslah suatu permainan baru. Setelah itu Universitas Cambridge pula telah melakukan aktivitas tersebut, melalui universitas ini rugby telah dikembangkan sehingga ia menarik minat banyak orang. Universitas Cambridge juga telah membuat beberapa peraturan untuk permainan rugby ini.

Setelah itu rugby mulai berkembang di seluruh dunia dan disertai oleh banyak negara. Awalnya sistem permainan tidak teratur disebabkan hukum permainan selalu berubah. Selain itu cara permainannya yang agak kasar menyebabkan banyak yang takut untuk mengikutinya Ini bisa dilihat saat 'scrimmage' terjadi saat kedua tim mencoba merebut bola. Tetapi semenjak aktivitas ini diperbaharui dari segi permainannya, banyak orang mulai bergabung.

Permainan ini mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya pengeluaran. Apa yang penting dalam permainan rugby ini adalah; bolanya tidak bisa dilemparkan ke depan. Sebaliknya, ia harus dilontar ke belakang. Selain itu, permainan ini memungkinkan pemain menarik pemain dan bisa juga menjatuhkan pemain tetapi tidak diizinkan sama sekali menendang pemain.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Untuk bermain rugby, setiap tim harus memiliki sebanyak 15 orang pemain. Tetapi untuk saat sekarang, permainan rugby 7 dan 10 sebelah semakin meningkat populer. Ada dua kelompok pemain. Kelompok pertama disebut "forwards" yang terdiri dari delapan pemain. Kelompok kedua disebut "queus" yang terdiri dari tujuh orang pemain.

Pengenalan pada permainan sepak bola rugbi[sunting | sunting sumber]

Tim rugby memiliki sebanyak 15 orang pemain. Pemain akan mencoba mendapatkan bola bentuk oval dan mencoba melewati garis gol lawan yang disebut "try-line". Jika berhasil membawa bola melewati garis gol lawan dan menyentuh bola ditanah, tim tersebut mencetak 5 poin. Setelah tim sukses mencoba, mereka diberi pula "conversion". Seorang pemain yang diberi julukan "fly half" adalah mahir menendang dalam tim itu dan akan menendang bola dan melewati palang gol.

Keselamatan[sunting | sunting sumber]

Di dalam permainan rugby ini, keamanan adalah antara fitur-fitur penting yang perlu dititikberatkan selain peraturan dan teknik permainan. Sebelum memulai permainan, sebaiknya peraturan permainan Rugby perlu dipelajari untuk menghindari penggunaan teknik-teknik yang salah saat bermain di atas lapangan. Ada juga pelindung tubuh yang bisa dipakai saat bermain Rugby. Antaranya seperti headgear untuk melindungi kepala, pelindung bahu dan dada, pelindung siku dan lutut dan pelindung gigi.

Selain itu, teknik yang benar dalam permainan ini penting untuk menghindari cedera parah. Saat mencapai lawan, bagaimana akses di buat, daerah mana akses dilakukan, semua itu adalah penting untuk menghindari pihak dari terluka. Pendidikan awal untuk olahraga ini adalah sangat penting, karena banyak yang salah anggap dengan permainan ini, dan hanya bermain dengan membuta tuli dan berikutnya telah menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan terjadi seperti cedera patah bahu atau tangan.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Pakaian yang biasa digunakan adalah jersey ramah lingkungan yang terbuat dari bahan yang kuat. Antara produsen jersey yang terkenal adalah seperti Adidas, Canterburry, Hasbro dan banyak lagi. Tetapi kini, ada merek lain seperti Gilbert, Kooga Selain itu, pemain rugby akan memakai sepatu yang memiliki stad di situs seperti sepatu bola. Terbagi ke 2 jenis yaitu 6 stad untuk bagian forward dan 8 stad untuk backline. Ini adalah dengan tujuan untuk bermain di atas lapangan berumput agar tidak tergelincir atau sebagainya. Dilengkapi dengan stoking, pemain rugby ini biasanya memakai celana pendek atau panjang dari bahan yang tahan lama juga. Rugby juga terkenal dengan body armor atau body tight sejenis baju tipis yang ketat dipakai sebelum menyarung jersey. Tujuannya adalah untuk menghindari goresan dengan kulit badan akibat jatuh atau terseret di lapangan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]