Seniwati Gallery

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seniwati Gallery of Art By Women merupakan sebuah ruang seni yang secara khusus menghadirkan karya seni rupa dari para seniman perempuan yang ada di Bali. Seniwati didirikan oleh Mary Northmore, seorang perempuan berkebangsaan Inggris yang bermukim di Bali, pada tahun 1991 di Ubud. Memiliki misi untuk memperkenalkan karya-karya dari para seniman perempuan di Bali ke kalangan publik yang lebih luas, termasuk memperkenalkannya dengan pasar seni rupa. Galeri ini menampilkan karya seni yang beragam, mulai dari seni lukis tradisional Bali, serta lukisan modern dan kontemporer.[1] Selain itu, Seniwati juga berkembang menjadi sanggar dan komunitas untuk para seniman perempuan yang mendorong regenerasi dan lahirnya seniman-seniman muda di Bali. Beberapa seniman perempuan yang pernah bergabung dengan Seniwati antara lain Ni Wayan Warti, Cok Mas Astiti, Gusti Agung Galuh, Ni Made Suciarmi, I Gusti Ayu Kadek Murniasih, dan Ni Nyoman Sani.

Seniwati merupakan satu-satunya ruang seni yang secara khusus hanya menampilkan karya-karya dari para seniman perempuan sebagaimana tertulis dalam newsletter yang diterbitkan oleh IVAA Diarsipkan 2018-06-27 di Wayback Machine. (Indonesian Visual Art Archive) edisi Maret-April 2017.[2] Setelah tidak lagi dikelola oleh Mary Northmore, Seniwati sempat dipimpin oleh Ni Nyoman Sani menjelang tahun 2012. Pada masa ini, Seniwati Gallery berpindah lokasi dari Ubud ke Batubulan yang lebih memungkinkan menarik minat seniman-seniman muda di kota Denpasar untuk bergabung seperti Atmi Kristiadewi, Citra Sasmita, Ni Luh Pangestu Widya Sari dan Ni Luh Gede Widiyani. Pada tahun 2013, Galeri Seniwati sempat menggelar pameran untuk seniman-seniman muda antara lain "Me Finding Me" dan "I Love You, Mom". Namun, pada akhir tahun 2013, Seniwati akhirnya membubarkan diri. Nyoman Sani kemudian mengganti nama ruang tersebut menjadi Mother Art Space.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Galeri-Galeri di Bali - Fokus Pada Seni Rupa Kontemporer". michellechin.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-23. Diakses tanggal 2018-06-27. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-27. Diakses tanggal 2018-06-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]