Senebhenaf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Senebhenaf merupakan seorang wazir Mesir Kuno selama Periode Menengah Kedua Mesir.

Senebhenaf dikenal dari peti mati putrinya, Ratu Mentuhotep;[1] prasasti tersebut menyatakan bahwa ayahandanya adalah Senebhenaf dan ibundanya adalah Sobekhotep. Ratu Mentuhotep adalah istri Raja Djehuti. Posisi raja ini di dalam Periode Menengah Kedua tidak pasti (ia dikaitkan dengan awal Dinasti keenam belas Mesir[2] dan awal Dinasti ketujuh belas Mesir[3]), sehingga posisi Senebhenaf juga belum diperbaiki.

Beberapa Egiptolog[4] mengemukakan bahwa Senebhenaf mungkin salah satu dari dua putra wazir Ibiaw yang senama yang memimpin di bawah Dinasti ke-13 firaun-firaun Wahibre Ibiaw dan/atau Merneferre Ay; jika disahkan, asosiasi ini dapat membentuk hubungan temporal yang jelas di antara penguasa-penguasa Mesir Hilir pada pertengahan-akhir Dinasti ke-13 dan kerajaan Mesir Hulu yang dipimpin oleh Djehuti. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh Wolfram Grajetzki, pada keadaan pengetahuan saat ini identifikasi semacam itu murni hanya dugaan.[1]

               Ibiaw
           :?
           :
             Senebhenaf = Sobekhotep
                        |
                        | 
                    Mentuhotep = Djehuti                    

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Labib Habachi: "The Family of Vizier Ibiˁ and His Place Among the Viziers of the Thirteenth Dynasty", in Studien zur altägyptischen Kultur 11 (1984), pp. 113-126.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b W. Grajetzki, Court Officials of the Egyptian Middle Kingdom, London 2009, p. 40.
  2. ^ K.S.B. Ryholt, The Political Situation in Egypt during the Second Intermediate Period (Carsten Niebuhr Institute Publications, vol. 20. Copenhagen: Museum Tusculanum Press, 1997), pp. 259-60
  3. ^ Jürgen von Beckerath: Handbuch der ägyptischen Königsnamen, Münchner ägyptologische Studien, Heft 49, Mainz: P. von Zabern, 1999, ISBN 3-8053-2591-6, pp. 126–127.
  4. ^ K.S.B. Ryholt, op. cit., p. 192.