Sencha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Teh Sencha

Sencha (煎茶) adalah sejenis teh hijau Jepang, teh ini tanpa melalui proses penggilingan. Bahan bakunya diambil dari Cina setelah matcha (抹茶, teh hijau bubuk). Beberapa jenis mengembang ketika dicelupkan untuk membandingkan hijau daun menurut aroma, wujud, dan rasanya.

Sencha secara harfiah berarti " teh (茶) yang dipanggang (煎)", tetapi, proses pembuatan sencha berbeda dari teh hijau Cina, yang mulanya digongseng (digoreng tanpa minyak) (dan karenanya ia dapat dipanggil teh panggang). Teh hijau Jepang dikukus selama 15–45 detik untuk mencegah oksidasi daun. Lantas digulung, dibentuk, dan dikeringkan. Langkah-langkah ini menghasilkan bentuk teh seperti pilinan tabung yang tipis. Akhirnya, setelah pengeringan, pucuk daun teh dipanggang untuk membantu pengawetan dan memperkaya citarasa.[1]

Tahap pengukusan permulaan adalah tahap yang membedakan rasa antara teh hijau Cina dan Jepang, teh hijau Jepang lebih kuat citarasa daunnya, hampir mirip rerumputan (beberapa juga mirip rumput laut). Infusi dari sencha dan teh hijau lainnya adalah bahwa pengukusan (seperti sebagian besar teh hijau Jepang) juga menghasilkan warna yang lebih hijau dan berasa lebih getir daripada teh hijau Cina.

Sencha sangat merakyat di Jepang, diminum panas-panas di bulan-bulan yang dingin dan biasanya dibekukan di bulan-bulan panas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]