Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Dhyana Pura Bali
Didirikan 7 Juli 2011
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. I Made Nyandra, Sp.Kj., M.Repro.
Lokasi Denpasar, Bali
Situs web http://undhirabali.ac.id
[[1]]

Selamat datang di website Universitas Dhyana Pura Bali

Universitas ini diberi nama Universitas Dhyana Pura Bali yang disingkat dengan Undhira Bali. Universitas ini merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Dhyana Pura. Undhira Bali dikelola oleh Yayasan Dhyana Pura yang kini dipimpin oleh Pdt. Dr. Wayan Mastra. Proses perkuliahan berlangsung di kampus Dhyana Pura dengan lingkungan yang asri di Jln. Raya Padang Luwih, Tegal Jaya, Dalung, Kuta Utara, Kab. Badung Bali.

Universitas Dhyana Pura memiliki moto yakni “Morning of the World”. Maknanya, Undhira akan selalu menjadi pemrakarsa dan selalu terdepan bagi masyarakat. Dengan mendapatkan pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan tinggi ini, para mahasiswa dan lulusannya lebih introspeksi diri dan mawas diri agar lebih memaknai hidup sebagai satu kesatuan dengan alam semesta. Melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai “kendaraan” untuk mewujudkan kesejahteraan umat manusia yang berakhlak dan berjiwa sehat.

Universitas Dhyana Pura Bali memiliki visi sebagai pusat pembentukan manusia seutuhnya yang berkualitas secara ekademis, profesional, mandiri dan memiliki kedalaman spiritual. Melalui visi Undhira akan dicapai universitas sebagai pembentuk manusia yang mempunyai latar belakang akademis yang berkualitas dalam pengertian sesuai dengan tingkat perkembangan ilmu pengetahuan yang selalu berkembang secara inovatif. Juga mendidik manusia untuk profesional di bidangnya, sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang memuaskan dan efisien dalam pelaksanaannya. Dengan dasar keilmuan dan profesionalisme, diharapkan juga mempunyai perilaku, etika, moral yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan serta mendasarinya dengan keimanan yang teguh pada Tuhan sebagai awal segala pengetahuan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

YAYASAN DHYANA PURA memprakarsai mendirikan STIM DHYANA PURA yang memiliki ciri khas tersendiri sebagai suatu terobosan baru, tampil beda dengan yang lain, dengan memasukkan materi PARIWISATA & PERHOTELAN dalam kurikulumnya. STIM DHYANA PURA bernaung di bawah DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL RI melalui KOPERTIS WILAYAH VIII.

FAKULTAS EKONOMI DAN HUMANIORA[sunting | sunting sumber]

   Ekonomi dan Humaniora
   Manajemen S1
   Manajemen Pemasaran D3
   Pendidikan Anak Usia Dini S1
   Pendidikan Kesejahteraan Keluarga S1
   Sastra Inggris S1
   Psikologi S1

FAKULTAS KESEHATAN, SAIN, TEKNOLOGI[sunting | sunting sumber]

   Kesehatan, Sains dan Teknologi
   Teknik Informatika S1
   lmu Kesehatan Masyarakat S1
   Ilmu Gizi S1
   Fisioterapi S1
   Perekam dan Informasi Kesehatan S1
   Biologi S1
   Sistem Informasi S1

PUSAT PENDIDIKAN & LATIHAN PARIWISATA[sunting | sunting sumber]

PROGRAM 1 TAHUN TATA HIDANGAN, TATA BOGA, KANTOR DEPAN, TATA GRAHA PROGRAM 2 TAHUN TATA HIDANGAN, TATA BOGA, AKOMODASI, SEKRETARIS PERHOTELAN, PUBLIC RELATION, HOTEL TOURISM COMPUTER, TOURS & TRAVEL, AKUNTANSI, BAHASA INGGRIS PROGRAM 3 TAHUN MANAJEMEN FOOD & BEVERAGE MANAJEMEN KANTOR DEPAN MANAJEMEN DIVISI KAMAR



KANTOR DEPAN (FRONT OFFICE) Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal tata cara penanganan pemesanan kamar, pelayanan tamu tiba dan berangkat, pengoperasian telephone – telex – faximile – fasilitas elektronik lainnya, keluhan tamu, rekening tamu, dan administrasi umum kantor depan.


Tata Graha (House Keeping) Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal tata cara penataan ruang tamu, pembersihan ruang umum – kamar tamu, tata cara penggunaan peralatan dan perlengkapan Tata Graha, penanganan laundry dan binatu, penggunaan bahan-bahan pembersih, serta administrasi umum tata graha.


Tata Hidangan (F & B Service) Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penataan meja makan, penanganan pemesanan makanan dan minuman, penanganan pengolahan ramuan minuman, berkomunikasi dalam bahasa Inggris, pembersihan dan penyiapan peralatan restauran serta bar, dan administasi umum Tata Hidangan.


Tata Boga (F & B Production) Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penggunaan – perawatan perlengkapan dan peralatan dapur, pengolahan berbagai jenis makanan – buah-buahan – sayuran dan roti, pengolahan berbagai jenis makanan unggas dan telur, pembuatan soup dan sous, pembuatan dan penyusunan menu, administrasi umum Tata Boga.


JENJANG 2 TAHUN

Tata Hidangan (F & B Service) Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penataan meja makan, penanganan pemesanan makanan dan minuman, penanganan pengolahan ramuan minuman, berkomunikasi dalam bahasa Inggris, pembersihan dan penyiapan peralatan restauran serta bar, dan administasi umum Tata Hidangan.

Tata Boga (F&B Production) Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penggunaan – perawatan perlengkapan dan peralatan dapur, pengolahan berbagai jenis makanan – buah-buahan – sayuran dan roti, pengolahan berbagai jenis makanan unggas dan telur, pembuatan soup dan sous, pembuatan dan penyusunan menu, administrasi umum Tata Boga.

Akomodasi (Room Division) Bidang Studi ini merupakan perpaduan antara Bidang Studi Kantor Depan dan Tata Graha dimana mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penanganan prinsip-prinsip pemesanan dan penjualan kamar, penerapan prinsip-prinsip manajemen Akomodasi, pengendalian biaya materi dan bahan, penanganan tugas di bagian Tata Graha dan Kantor Depan.


Public Relation Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penanganan acara-acara resmi di hotel, berkomunikasi, sebagai juru bicara perusahaan, sebagai pembawa acara, pengoperasian komputer dan peralatan elektronik lainnya, tata cara berkomunikasi dan penanganan hubungan kemasyarakatan.

Sekretaris Perhotelan Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penanganan administrasi surat-menyurat, filing, berkomunikasi, sebagai juru bicara perusahaan, sebagai pembawa acara, pengoperasian komputer dan peralatan elektronik lainnya, tata cara berkomunikasi dan penanganan hubungan kemasyarakatan.

Hotel and Tourism Computer Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan secara khusus sebagai pengguna komputer secara umum maupun secara khusus yang berkaitan dengan dunia pariwisata. Sebagai tambahan mahasiswa diberikan pengetahuan & ketrampilan dalam bidang Kantor Depan.

Special Tourism English Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan secara khusus dalam hal berbahasa Inggris. Disamping itu pula mahasiswa diberikan juga pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang Tata Graha, Tata Hidangan, Tata Boga dan Kantor Depan.

Akuntansi Perhotelan Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penanganan pembukuan di hotel, pembuatan dan penyusunan laporan penjualan hotel, penanganan rekening dan transaksi tamu (kasir kantor depan maupun restauran), peng- evaluasian anggaran pendapatan dan pengeluaran serta modal, pembuatan dan penyusunan akuntansi hotel.

Usaha Perjalanan Wisata Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal tata cara penanganan dan pemberian informasi mengenai obyek-obyek wisata, pemanduan wisatawan, pengaturan perjalanan, penanganan dan pengaturan tiket.

JENJANG 3 TAHUN

Manajemen Kantor Depan Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan bidang Kantor Depan. Kekhususannya mahasiswa diberikan pengetahuan manajemen

Management Food & Beverage Mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang Tata Hidangan dan Tata Boga serta pengetahuan dibidang manajemen.

Manajemen Divisi Kamar Bidang Studi ini merupakan perpaduan antara Bidang Studi Kantor Depan dan Tata Graha dimana mahasiswa diberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penanganan prinsip-prinsip pemesanan dan penjualan kamar, penerapan prinsip-prinsip manajemen Akomodasi, pengendalian biaya materi dan bahan, penanganan tugas di bagian Tata Graha dan Kantor Depan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]