Sekitori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sekitori (関取?) adalah sebutan untuk pesumo profesional yang dalam banzuke (ranking pesumo) telah mencapai peringkat jūryō atau peringkat di atasnya. Sebaliknya, pesumo yang berada di peringkat makushita dan peringkat di bawahnya disebut Toriteki

Keistimewaan sekitori[sunting | sunting sumber]

Pegulat peringkat sekitori berhak bertanding setiap hari dalam turnamen yang berlangsung selama 15 hari. Sekitori berhak memakai keshōmawashi sewaktu mengikuti upacara dohyōiri, dan menata rambut dengan model ōichō sewaktu bertanding dan tampil dalam kesempatan resmi. Dibandingkan pegulat makushita yang hanya diizinkan memakai mawashi berbahan katun, sekitori berhak menggunakan mawashi dari kain sutra. Mawashi yang dikenakan sekitori juga memakai hiasan mawashi bernama sagari yang dikanji agar kaku. Hiasan sagari pada mawashi yang dikenakan pesumo peringkat makuuchi dan di bawahnya terlihat berumbai-rumbai karena tidak dibuat kaku.

Dalam kehidupan sehari-hari, nama pesumo peringkat sekitori disebut dengan tambahan gelar "seki", misalnya Takamisakari-zeki. Pesumo sekitori juga mendapat gaji bulanan, setiap turnamen menerima bonus uang yang disebut rikishi hōshōkin berdasarkan prestasi. Berlainan dengan pesumo peringkat makushita dan di bawahnya yang tinggal ruangan besar dengan sesama pesumo, sekitori memiliki kamar pribadi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Banzuke Peringkat dalam sumo