Sejarah rekayasa genetik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Studi DNA menunjukkan bahwa anjing kemungkinan besar muncul dari leluhur yang sama dengan serigala abu-abu.[1]

Rekayasa genetik (RG) adalah ilmu yang memanipulasi bahan genetik suatu organisme. Modifikasi genetik buatan pertama yang dilakukan dengan menggunakan bioteknologi adalah transgenesis yaitu proses transfer gen dari satu organisme ke organisme lain, pertama kali dilakukan oleh Herbert Boyer dan Stanley Cohen pada tahun 1972. Hasilnya adalah serangkaian kemajuan dalam teknik yang memungkinkan modifikasi langsung dari genom. Kemajuan penting lainnya termasuk penemuan enzim restriksi dan DNA ligase, kemampuan untuk merancang plasmid dan teknologi seperti reaksi berantai polimerase dan pengurutan DNA.

Transformasi DNA menjadi organisme inang diselesaikan dengan penemuan biolistik, Agrobacterium - rekombinasi yang dimediasi dan mikroinjeksi. Hewan yang dimodifikasi secara genetik pertama adalah tikus pada tahun 1974 oleh Rudolf Jaenisch. Pada tahun 1976, teknologi tersebut dikomersialkan, seiring dengan munculnya bakteri yang dimodifikasi secara genetik yang menghasilkan somatostatin, diikuti oleh insulin pada tahun 1978. Pada tahun 1983 gen resisten antibiotik dimasukkan ke dalam tembakau, yang mengarah kepada tanaman yang dimodifikasi secara genetik pertama.

Dengan berbagai kemajuan yang telah dicapai, memungkinkan para ilmuwan untuk memanipulasi dan menambahkan gen ke berbagai organisme yang berbeda dan menginduksi berbagai efek yang berbeda. Tanaman yang pertama kali dikomersialkan adalah tembakau yang tahan virus, dirilis di Tiongkok pada tahun 1992. Makanan yang dimodifikasi secara genetik pertama adalah tomat Flavr Savr yang dipasarkan pada tahun 1994. Pada 2010, 29 negara telah menanam tanaman biotek komersial. Pada tahun 2000, sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Science memperkenalkan beras emas, makanan pertama yang dikembangkan dengan peningkatan nilai gizi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Skoglund, Pontus; Ersmark, Erik; Palkopoulou, Eleftheria; Dalén, Love (2015-06-01). "Ancient Wolf Genome Reveals an Early Divergence of Domestic Dog Ancestors and Admixture into High-Latitude Breeds". Current Biology (dalam bahasa English). 25 (11): 1515–19. doi:10.1016/j.cub.2015.04.019. PMID 26004765. 

Sumber[sunting | sunting sumber]