Sebastião Salgado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebastião Salgado

Sebastião Ribeiro Salgado (lahir 8 Februari 1944) adalah seorang fotografer berkebangsaan Brasil dengan spesialisasi fotojurnalisme dan foto-dokumentasi.

Sebastião pada masa kuliahnya mempelajari bidang ekonomi dan mendapat gelar Master dari Universitas of São Paulo di Brasil. Kemudian pada tahun 1971 dia mulai bekerja sebagai ekonomis di Organisasi Kopi Internasional di London. Dalam pekerjaan tersebut dia sering ditugaskan ke Afrika dalam misi Bank Dunia, kesempatan di mana dia mulai menekuni fotografi.

Karier Fotografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973 dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan pindah ke Paris untuk menjadi fotografer penuh waktu. Awalnya lebih banyak bergelut dengan tugas jurnalisme berita baru kemudian menjurus kearah foto-dokumentasi. Pada masa tersebut dia bernaung dibawah agensi foto Sygma di mana dia banyak ditugaskan ke Portugal, Angola dan Mozambique.

Kemudian pada tahun 1974 pindah ke Gamma di mana dia banyak ditugaskan ke Afrika, Amerika Latin, dan Eropa.

Pada tahun 1977 dia memulai suatu proyek dokumentasi suku Indian dan kaum petani di Amerika Latin. Proyek ini kemudian rampung pada tahun 1984 dan diterbitkan sebagai suatu buku berjudul Other Americans.

Kemudian pada tahun 1979 dia pindah ke Magnum Photo dan pada tahun 1994 dia keluar dari Magnum Photo untuk membentuk agensi dia sendiri yaitu Amazona Images.

Dalam kurun waktu 1984-1986 Sebastião bekerja sama dengan organisasi Doctors Without Borders untuk mendokumentasikan dampak kelaparan di Afrika. Karya dokumentasi ini kemudian diterbitkan dalam Sahel: Man in Distress dan Sahel: The End of the Road.

Dalam kurun waktu 1986-1992 Sebastião mengerjakan suatu essay tentang kaum pekerja-pekerja industri di 23 negara yang kemudian diterbitkan dalam buku Workers. Karya dokumentasi ini sudah dipamerkan di 65 museum. Dalam essay ini terdapat sebuah potret pekerja di Kawah Idjen, Indonesia, sedang memanggul bongkahan belerang.

Terinspirasi oleh Workers, Sebastião meneruskan dalam proyek essay Migrations. Dalam proyek ini Sebastião berkelana ke 43 negara untuk mendokumentasikan orang-orang yang meninggalkan kampung halaman mereka untuk bermukim di kota.

Afiliasi dan Minat Utama[sunting | sunting sumber]

Sebastião banyak dianugerahi penghargaan dibidang fotografi dan kemanusiaan. Sebastião adalah duta UNICEF dan merupakan anggota kehormatan Academy of Arts and Sciences di Amerika.

Sebastião sering menghabiskan waktu yang lama dalam meneliti suatu komunitas dan alam di sekitarnya. Beberapa hal lain yang sangat menjadi perhatian bagi Sebastião adalah flora, fauna, tradisi dan budaya dalam suatu komunitas, perlindungan alam, sumber daya alam, dan konservasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]