Sears, Roebuck and Company

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sears, Roebuck and Company
Jenis anak perusahaan Sears Holdings Corporation
Industri/jasa pedagang eceran
Didirikan 1886 (Chicago, Illinois, Amerika Serikat)
Kantor pusat Hoffman Estates, Illinois, AS
Produk busana, alas kaki, perlengkapan tidur, mebel, perhiasan, kosmetik, perabot rumah tangga, alat pertukangan, dan barang elektronik.
Pendapatan $23,6 juta
Slogan Where It Begins, "Don't just give a gift, Grant a Wish" (slogan musim liburan 2007)
Situs web www.sears.com

Sears, Roebuck and Company adalah nama toko serba ada berantai asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1886. Pendirinya bernama Richard Sears dan Alvah Roebuck. Di Kanada, Sears memakai nama Sears Canada, sedangkan di Meksiko memakai nama Sears Mexico. Perusahaan ini berkembang dari bisnis menjual barang melalui pos menjadi pedagang eceran terbesar di Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-20.

Sears dikenal orang berkat sistem penjualan melalui katalog produk yang diterbitkannya. Namun penerbitan katalog dihentikan tahun 1993 akibat angka penjualan dan keuntungan yang terus menurun. Katalog yang masih diterbitkan hanya katalog edisi khusus, dan katalog Natal yang disebut Sears Wishbook.

Sesudah Perang Dunia II, persaingan dan perubahan demografi konsumen menyebabkan jumlah toko Sears yang berada di tengah kota dan daerah pedesaan menyusut. Sebaliknya, toko-toko Sears di daerah pinggiran kota mengalami kemajuan. Pada awal tahun 2005, Sears merger dengan Kmart menjadi Sears Holdings Corporation. Sears pernah diperdagangkan di Bursa Saham New York (NYSE) dengan kode "S" (sekarang digunakan oleh Sprint Nextel). Saham Sears, Roebuck and Company juga masuk dalam indeks Dow Jones Industrial Average dari 2 Januari 1924 hingga 29 Oktober 1999.

Toko serba ada Sears di Toronto Eaton Centre, Kanada adalah toko Sears terbesar di dunia. Pemilik toko yang luasnya 75.981 m² ini adalah Sears Canada. Di Amerika Serikat, toko serba ada Sears yang terbesar berada di dekat kantor pusat Sears. Toko seluas 38.600 m² ini berada di dalam Mal Woodfield, Schaumburg, Illinois, pinggir kota Chicago.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1886, Amerika Serikat hanya terdiri dari 38 negara bagian. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah pedesaan dan hidup dari bercocok tanam. Pada waktu itu, semua barang kebutuhan rumah tangga dibeli orang Amerika di toko kelontong yang disebut general store. Pemilik toko kelontong mengambil barang dari sejumlah pedagang grosir yang mengakibatkan harga barang menjadi mahal ketika sampai di tangan konsumen. Pada saat yang bersamaan, jaringan kereta api di Amerika Serikat semakin berkembang, dan digunakan sebagai sarana distribusi barang ke toko-toko di daerah.

Awal bisnis[sunting | sunting sumber]

Ketika menjadi agen jasa transportasi kereta api di North Redwood, Minnesota, Richard Sears menerima paket kiriman berisi jam tangan dari toko jam di Chicago. Sears membeli paket kiriman tersebut setelah toko jam setempat tidak lagi membutuhkannya. Jam tangan tersebut ditawar-tawarkan kepada kenalan sesama pegawai kereta api dan ternyata laku. Sears menjadi ketagihan berdagang, dan kembali memesan sejumlah jam tangan untuk dijual kembali. Tidak lama kemudian, Sears mendirikan bisnis pemesanan melalui pos yang menawarkan jam tangan lewat katalog. Tahun berikutnya, Sears pindah ke Chicago, Illinois, dan bertemu mitra dagang bernama Alvah C. Roebuck. Pada tahun 1893, perusahaan yang dimilikinya berganti nama menjadi Sears, Roebuck and Company.

Persaingan dengan toko kelontong[sunting | sunting sumber]

Richard Sears tahu kebiasaan petani membawa hasil panen ke kota untuk dijual. Uang hasil penjualan dibelikan barang keperluan sehari-hari di toko kelontong yang sering memasang harga yang sangat tinggi. Sears memanfaatkan peluang dengan menerbitkan katalog berisi daftar barang kebutuhan sehari-hari berikut harganya yang jelas. Hanya dengan melihat katalog, calon pembeli bisa mengetahui semua barang-barang yang dijualnya, dan bisa memesan barang yang diingini melalui pos. Bisnis penjualan barang melalui pos yang dirintis Sears berkembang dengan cepat. Pada tahun 1894, tebal katalog Sears sudah menjadi 322 halaman. Isinya menawarkan barang-barang konsumsi hingga mesin jahit, sepeda, alat olahraga, dan sejumlah produk baru.

Pada tahun 1895, produsen pakaian dari Chicago, Julius Rosenwald bergabung menjadi salah seorang pemilik Sears. Rosenwald membantu Sears dalam sistem pemesanan yang lebih ekonomis dan efisien. Setelah itu, Alvah Roebuck harus mengundurkan diri karena kondisi kesehatan yang menurun. Walaupun demikian, nama "Roebuck" terus dicantumkan sebagai nama perusahaan. Tahun berikutnya, katalog Sears mulai berisi barang-barang seperti boneka, lemari es, kompor, dan bahan makanan.

Pembeli segera mengenal Sears sebagai perusahaan yang memiliki reputasi baik. Barang yang dijual berkualitas dan kepuasan konsumen diutamakan. Pada tahun 1895, tebal katalog Sears sudah mencapai 532 halaman, dan barang-barang yang dijual sudah semakin lengkap. Sears memiliki semua barang yang mungkin dibutuhkan konsumen, "Pada tahun 1893, penjualan menembus angka 400.000 dolar. Dua tahun kemudian, sudah 750.000 dolar." Selanjutnya pada tahun 1906, Sears membuka pusat penerbitan katalog yang juga berada di Menara Sears yang lama.[1]

Penjualan rumah lewat katalog[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1908, Sears memulai bisnis rumah bongkar pasang yang ditawarkan lewat katalog Sears Modern Homes. Hingga penjualan rumah lewat katalog dinyatakan selesai pada tahun 1940, Sears berhasil menjual sebanyak 100 ribu unit rumah.

Toko eceran yang pertama[sunting | sunting sumber]

Toko serba ada Sears di Chinook Centre, Calgary, Alberta, Kanada

Toko eceran Sears yang pertama diresmikan di Chicago pada 2 Februari 1925 di Homan Avenue dan Arthington Street. Lokasinya seatap dengan kantor pusat Sears di Gedung Merchandise. Di toko pertamanya, Sears membuka gerai kacamata, es krim, dan minuman ringan.[2] Toko Sears yang dibuka 5 Oktober 1925 di Evansville, Indiana adalah toko pertama milik Sears yang menempati gedung sendiri.[3] Sepanjang musim panas 1928, Sears membuka lagi tiga toko serba ada di Chicago yang berlokasi di sisi timur Lawrence dan Winchester, di sisi selatan 79th dan Kenwood, serta di 62nd dan Western. Pada tahun 1929, Sears mengambil alih bisnis toko serba ada Becker-Ryan. Toko Becker-Ryan yang lama di Englewood diruntuhkan pada tahun 1933. Sebagai gantinya, Sears mendirikan toko serba ada pertama yang tidak memiliki jendela. Inspirasinya berasal dari Pameran Dunia Chicago tahun 1932.

Setelah Perang Dunia II, Sears membangun banyak sekali toko serba ada di pusat perbelanjaan yang ada di pinggiran kota. Sears menjadi pemilik bisnis ecaran terbesar di Amerika Serikat hingga awal tahun 1980-an, tapi peringkatnya sempat turun ketika merger dengan Kmart.

Diversifikasi usaha[sunting | sunting sumber]

Sejak pertengahan abad ke-20, Sears menjadi konglomerat bisnis eceran setelah melakukan diversifikasi usaha. Sears memiliki merek-merek seperti Kenmore, Craftsman, DieHard, barang elektronik Silvertone, dan Toughskins. Pada tahun 1931, Sears mendirikan perusahaan asuransi Allstate. Agen asuransi Allstate menawarkan jasa asuransi kepada pengunjung toko serba ada Sears hingga awal tahun 1934. Pada tahun 1984, Sears membeli perusahaan real estat Dean Witter dan Coldwell Banker. Masih pada tahun yang sama, Sears mendirikan penyelenggara jasa Internet bernama Prodogy sebagai perusahaan patungan dengan IBM. Tahun berikutnya (1985), Sears memperkenalkan jasa kartu kredit Discover. Sepanjang akhir tahun 1980-an hingga akhir 1993, kartu Discover adalah kartu satu-satunya yang diterima di toko-toko Sears.

Di tengah Depresi Hebat yang melanda ekonomi Amerika Serikat, Alvah Roebuck kembali bekerja membantu Sears sebagai juru bicara hingga meninggal dunia pada tahun 1948. Tidak tahan dengan kesibukan bisnis menjadi salah satu alasan Roebuck meninggalkan Sears pada tahun 1895. Di kemudian hari, Roebuck membanggakan umurnya yang lebih panjang dibandingkan Richard Sears. Nama "Roebuck" tetap dipertahankan pada nama resmi perusahaan, walaupun sudah dihapus dari merek toko sejak tahun 1970-an.

Menara Sears[sunting | sunting sumber]

Sears mencatat sejarah pada tahun 1974 dengan selesainya pembangunan Menara Sears yang terdiri dari 110 lantai. Menara Sears bertahan sebagai gedung tertinggi di dunia sebelum dikalahkan Menara Petronas di Kuala Lumpur yang selesai dibangun tahun 1996. Pada tahun 1993, Sears pindah ke Hoffman Estates, Illinois dan menjual Menara Sears. Walaupun demikian, Sears tetap memiliki hak penamaan atas Menara Sears.

[sunting | sunting sumber]

Logo Sears yang sekarang diciptakan tahun 1984. Sebelumnya, logo Sears adalah kotak biru dengan tulisan "Sears" berwarna putih di dalam. Penggantinya adalah nama "Sears" yang ditulis semuanya dalam huruf besar berwarna biru dengan garis putih. Sejak akhir tahun 2004, hanya huruf pertama pada logo Sears yang ditulis dengan huruf besar.

Kode Adam[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1981, Adam Walsh, 6 tahun, putra jurnalis televisi John Walsh (America's Most Wanted) diculik dari toko serba ada Sears di Hollywood, Florida yang sekarang sudah ditutup. Adam Walsh kemudian ditemukan tewas terbunuh. Setelah kasus yang terjadi di Sears, Wal-Mart menciptakan serangkaian prosedur yang disebut Kode Adam. Pegawai toko akan segera bereaksi begitu ada laporan anak hilang di dalam toko. Prosedur yang serupa juga diterapkan pedagang eceran lain di Amerika Serikat.[4]

Sears Grand[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Sears membuka toko serba ada Sears Grand dengan konsep hipermarket. Luas toko Sears Grand sekitar 16.300 m² hingga 19,500 m². Toko Sears Grand yang pertama dibuka tahun 2003 di Jordan Landing, West Jordan, Utah. Pada tahun 2005, Sears melakukan renovasi sejumlah toko Kmart, dan mengubahnya menjadi Sears Essentials[5] untuk kemudian diubah menjadi Sears Grand.

Merger dengan Kmart[sunting | sunting sumber]

Pada 17 November 2004, Kmart mengumumkan niatnya untuk membeli Sears. Sebagai bagian dari rencana merger, Kmart Holdings Corporation berganti nama menjadi Sears Holdings Corporation, dan akan terus mengelola toko dengan nama Sears dan Kmart.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Book: Historic Sears, Roebuck and Co. Catalog Plant ISBN 0-7385-3977-5, opening date.
  2. ^ "Sears Archives". Sears. Diakses 25 March 2007. 
  3. ^ "Sears Archives". Sears. Diakses 25 March 2007. 
  4. ^ Mikkelson, Barbara (1998-12-31). "Code Adam". Urban Legends Reference Pages. Diakses 20 August 2006. 
  5. ^ Sears ditches Sears Essentials name

Pranala luar[sunting | sunting sumber]