Schlumberger Business Consulting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Schlumberger Business Consulting
Segmen Schlumberger
IndustriKonsultasi Manajemen
Didirikan2004
Kantor
pusat
Paris, Prancis
15 kantor di seluruh dunia
Tokoh
kunci
Antoine Rostand, Pendiri & Direktur Utama (Global)
Eric Janvier, Anggota Pendiri & Direktur (Global)
Christiaan Peeters, Direktur Eropa, Timur Tengah, Afrika dan CIS
Panos Cavoulacos, Direktur Asia
Al Escher, Direktur Amerika Utara dan Selatan
ProdukServis Konsultasi Manajemen
Karyawan
200 pegawai di seluruh dunia
Situs webhttp://www.sbc.slb.com

Schlumberger Business Consulting (SBC) adalah segmen Schlumberger yang memiliki spesialisasi konsultasi manajemen di industri eksplorasi dan produksi (E&P) minyak dan gas. Dengan 200 konsultan di 15 kantor yang tersebar di seluruh dunia, keahlian SBC bervariasi, mulai dari strategi, organisasi hingga efisiensi kinerja operasional. Kantor pusat SBC terletak di Paris, Prancis.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

SBC merupakan pemain baru di dunia konsultasi manajemen mengingat segmen ini baru didirikan pada tahun 2004. Gagasan yang mendasari inisiatif ini adalah menggabungkan keahlian teknik dan pengetahuan migas Schlumberger dengan pengetahuan konsultasi manajemen. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk mendirikan sebuah perusahaan konsultasi manajemen dengan fokus utama di E&P, yang mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan konsultasi manajemen lainnya. Dalam 9 tahun terakhir, SBC telah tumbuh dengan sangat cepat dan saat ini, dia telah menjadi salah satu perusahaan konsultasi manajemen terbesar di sektor energi.[1] SBC dikelola sebagai segmen/divisi mandiri dari Schlumberger dan bertanggung jawab atas laba ruginya sendiri.

Persaingan[sunting | sunting sumber]

Pesaing Utama SBC di bidang konsultasi manajemen untuk E&P adalah McKinsey & Company, The Boston Consulting Group, Booz & Company dan Bain & Company

Klien[sunting | sunting sumber]

Klien SBC mencakup perusahaan-perusahaan migas, tingkat internasional dan nasional (BUMN maupun non BUMN).[2]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Organisasi SBC memiliki lima kemampuan inti: strategi, organisasi & pengelolaan SDM, peningkatan kinerja operasional, pengelolaan teknologi, merger dan akuisisi dan integrasi pasca-merger. Manajemen SBC dilakukan berdasarkan area geografi (Amerika Utara & Selatan, Eropa, Timur Tengah & Afrika, dan Asia). Setiap area geografi dikelola oleh seorang Direktur. Tim-tim konsultan di dalam SBC tidak dikelola berdasarkan negara: konsultan-konsultan diminta melayani klien-klien di seluruh penjuru dunia, tidak hanya di area geografi sendiri, tetapi juga di area lainnya.

Kantor-kantor[sunting | sunting sumber]

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun, SBC menerbitkan benchmark SDM dengan tujuan untuk memantau rekrutmen insinyur migas dan juga memberi wawasan tentang penawaran dan permintaan untuk sarjana teknik di bidang energi.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Schlumberger's SBC Unit Expands Global Senior Leardership". Rigzone. 3 Desember, 2009. Diakses tanggal 22 July 2010. 
  2. ^ "SBC opens 4 new offices Schlumberger Business Consulting (SBC), the management consultancy arm of French services giant Schlumberger is opening four new offices in New Delhi, Rio de Janeiro, Beijing and Abu Dhabi, respectively". Upstream. 3 Desember, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-31. Diakses tanggal 18 January 2010. 
  3. ^ Helman, Christopher (Desember 8, 2009). "Big Oil Worries About The Next Boom". Forbes. Diakses tanggal 18 January 2010. 
  4. ^ "NOCs maintain recuitment tempo while others cut back". Oil Online. 22 Desember, 2009. Diakses tanggal 21 July 2010.  [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]