Sayyad-2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sayyad 2 (Persia: صیاد-۲, Hunter II) adalah rudal permukaan-ke-udara (SAM) bahan bakar padat mid-range ketinggian tinggi yang diproduksi oleh Iran.

Sayyad-2 adalah versi yang diluncurkan oleh tabung, rekayasa terbalik dari Rudal Standar RIM-66 (SM-1), rudal darat-ke-udara yang diperoleh Iran dari Amerika Serikat sebelum revolusi 1979.[1][2][3]

Rudal ini adalah versi upgrade dari sistem Sayyad-1 dengan ketepatan, jangkauan, dan kekuatan pertahanan yang lebih tinggi. Sayyad-1 adalah versi Iran yang ditingkatkan dari sistem SAM HQ-2, namun berbeda dari versi Cina dalam subsistem panduan dan kontrol. Sayyad-1 dilengkapi dengan hulu ledak sekitar 200 kilogram dan memiliki kecepatan sekitar 1.200 meter per detik. Kisaran rudal Sayyad-2 tidak diketahui. Sumber yang berbeda mengklaim angka yang beragam, dari 60 km hingga 120 km.

Setelah upacara pembukaan pada November 2013, menjadi jelas bahwa rudal Sayyad-2 terlihat mirip dengan rudal SAM SM-2 Standard tetapi sirip kontrolnya mirip dengan rudal SAM TAER-2 jarak menengah Iran. ia juga mengumumkan akan bekerja sama dengan sistem S-200 melalui sistem antarmuka TALASH-2. Direncanakan bahwa rudal Sayyad-2 ditambahkan ke frigat kelas Moudge Iran. Menteri Pertahanan Iran mengumumkan bahwa Sayyad-2 mencakup jarak menengah dan tinggi dan memiliki sistem panduan gabungan.

Peluncur rudal Sayyad-2 yang terdiri dari 4 tabung dalam konfigurasi 2*2 adalah salah satu hal yang menarik tentang rudal permukaan udara baru untuk Iran karena memiliki banyak kesamaan dengan peluncur sistem MIM-104 Patriot SAM Amerika. Iran mengatakan rudal telah dipasang dan berhasil diuji-coba dari sistem pertahanan udara S-200.[4][5][6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]