Saus tiram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Saus tiram (Hanzi: 蚝油 pinyin: háo yóu) adalah saus kental berwarna agak kehitaman dalam masakan Tionghoa yang dibuat dari bahan dasar tiram dan mempunyai rasa gurih dan asin.

Saus tiram berkualitas tinggi dibuat tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan garam, monosodium glutamat (vetsin) dan tanpa bahan pengawet. Saus tiram juga ada yang masih mengandung potongan kecil daging tiram.

Saus tiram berkualitas tinggi berharga mahal sehingga saus tiram untuk konsumsi masyarakat banyak dibuat dari sedikit kaldu tiram encer ditambah tepung pengental, karamel gula dan monosodium glutamat.

Saus tiram khusus vegetarian dibuat dari bahan dasar jamur dengan tambahan bahan perasa. Lee Kum Kee adalah salah satu produsen saus tiram yang terkenal.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Masyarakat provinsi Guangdong di Tiongkok mempunyai tradisi membuat tiram kering (蠔豉 háochǐ) dari tiram yang dijemur setelah direbus dengan air garam.

Pada tahun 1888, pengusaha bernama Lee Kam Sheung dari desa Nam Shui di provinsi Guangdong membuat saus dari air rebusan untuk membuat tiram kering yang dikentalkan dengan tambahan gula dan bahan lain.

Pabrik saus milik Lee Kam Sheung di desa Nam Shui terbakar pada tahun 1902, sehingga pabrik dan pusat penjualan saus tiram dipindahkan ke Makao yang menjadi cikal bakal perusahaan Lee Kum Kee. Pada tahun 1932, perusahaan Lee Kum Kee mendirikan perwakilan di Hong Kong dan merek dagang Lee Kum Kee menjadi semakin terkenal di seluruh dunia hingga sekarang.

Penggunaan dalam masakan[sunting | sunting sumber]

Saus tiram memiliki rasa asin yang cukup kuat sehingga masakan yang menggunakan saus tiram biasanya tidak perlu lagi dibubuhi garam atau kecap asin.

Saus tiram biasanya digunakan sebagai perasa untuk tumis sayur-sayuran seperti cap cai dan tumis kailan. Saus tiram bisa juga digunakan sebagai penyedap untuk mie goreng atau nasi goreng.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]