Saus asam manis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ikan saus asam manis

Saus asam manis adalah saus yang berasal dari masakan Tionghoa, dibuat dari air, cuka, saus tomat, gula, garam, dan tepung sebagai pengental yang dimasak di atas penggorengan. Tepung yang digunakan untuk pengental umumnya tepung sagu atau tepung kentang.

Masakan Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, saus asam manis sering dibuat dengan tambahan bawang putih dan sambal botol sebagai bumbu. Versi lain saus asam manis menggunakan daun bawang dan wortel agar menarik. Masakan Indonesia yang memakai saus asam manis misalnya ikan asam manis (ikan kakap atau gurame), udang asam manis atau kepiting asam manis.

Saus asam manis juga digunakan pada masakan ayam, daging sapi, atau daging babi yang digoreng tidak sampai garing, ditambah sayur-sayuran seperti bawang bombay, nanas, paprika, kol dan tomat.

Saus asam manis siap pakai juga dijual dalam kemasan sachet yang tinggal dimasak dengan ditambah air.

Masakan Tionghoa[sunting | sunting sumber]

Ayam saus asam manis

Pada mulanya, saus asam manis adalah saus untuk masakan masakan Tionghoa yang disebut babi asam manis (gǔlǎoròu dalam bahasa Tionghoa atau gulouyuk dalam bahasa Kantonis).

Masakan Tionghoa Amerika[sunting | sunting sumber]

Masakan Tionghoa Amerika dengan saus asam manis yang terkenal adalah babi asam manis (sweet and sour pork), ayam asam manis, dan udang asam manis untuk disantap dengan nasi putih.