Saus Tabasco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Saus Tabasco
McIlhenny Company
Jenis Perusahaan keluarga
Industri Makanan
Didirikan 1868
Pendiri Edmund McIlhenny
Kantor pusat Bendera Amerika Serikat Avery Island, Louisiana, Amerika Serikat
Produk saus cabai dan bumbu penyedap lain
Pendapatan Tidak diumumkan
Karyawan Sekitar 200 (2007)
Situs web www.tabasco.com

Tabasco adalah merek dagang untuk berbagai jenis saus cabai yang dibuat dari cuka, cabai jenis Capsicum frutescens var. tabasco, dan garam. Sebelum dibotolkan, saus ini disimpan selama 3 tahun di dalam tong yang dibuat dari kayu ek putih. Dengan demikian saus ini memperoleh rasa dan aromanya yang unik. Saus ini rasanya pedas sedikit asam, dan populer di banyak negara di dunia. Saus ini diproduksi di Amerika Serikat, tetapi namanya berasal dari nama negara bagian Tabasco di Meksiko.

Saus tabasco dipasarkan perusahaan Amerika Serikat bernama McIlhenny Company asal Avery Island, Louisiana.[1] Perusahan McIlhenny adalah perusahaan keluarga. Pemiliknya yang sekarang adalah pemilik generasi ke-5. Keseluruhan dari 145 pemegang sahamnya masih sanak keluarga yang mewariskan saham perusahaan secara turun temurun.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah saus tabasco dimulai tahun 1840 ketika Edmund McIlhenny pindah ke Louisiana. Lahir tahun 1815 di Hagerstown, Maryland, McIlhenny bekerja sebagai seorang nasabah. Setelah jatuh bangkrut akibat Perang Saudara Amerika Serikat, ia mulai menjual saus pedas yang mungkin inspirasinya didapat dari saus serupa yang dijual pengusaha New Orleans bernama Maunsel White.

McIlhenny pertama kali menanam cabai tabasco untuk saus produksinya pada tahun 1868. Cabai tersebut ditanamnya di Avery Island, Louisiana. Setelah panen, hasilnya dibuat saus dan pertama kali dipasarkannya pada tahun 1869.

Pada tahun 1870, McIlhenny mendapat surat paten untuk saus cabai penemuannya. Saus penemuannya dikemas dalam botol yang tutupnya dibuat dari gabus. Logo segi empat yang digunakannya pada waktu itu terlihat hampir serupa dengan logo yang sekarang.

Saus tabasco pertama kali dipasarkannya di kota-kota di daerah selatan Amerika Serikat, terutama di New Orleans. Pada pertengahan dekade 1870-an, sausnya sudah dipasarkan di sebagian besar kota-kota besar di Amerika Serikat. Walaupun masih dalam jumlah terbatas, saus tabasco bahkan sudah diekspor ke Eropa dan sejumlah negara lain.

McIlhenny meninggal dunia pada tahun 1890, tapi dirinya tidak menganggap saus tabasco sebagai pencapaian terbesar dalam hidupnya. Di masa tuanya, McIlhenny menuliskan hal-hal yang menurutnya akan dikenang orang bila dirinya sudah meninggal dunia, dan saus tabasco tidak dimasukkannya dalam daftar tersebut.[2]

Setelah Edmund McIlhenny meninggal dunia, keluarganya memperbesar kapasitas produksi dan melakukan modernisasi praktik bisnis perusahaan. Pada awal abad ke-20, Tabasco sudah menjadi produk terkenal di Amerika Serikat, dan banyak negara di dunia. Nama "Tabasco" bahkan sudah identik dengan saus cabai. Saus tabasco bisa dijumpai di seluruh Eropa, India, RRC, Mesir, Afrika bagian barat, dan tempat-tempat lain di dunia.[3]

Lokasi pabrik pada label kemasan botol saus mulanya ditulis sebagai "New Iberia, Louisiana." Pada abad ke-19, New Iberia merupakan pusat distribusi yang terdekat dengan pabrik saus tabasco di Avery Island. Pada tahun 1980-an, lokasi pabrik pada label diganti menjadi "Avery Island."

Pada tahun 1990-an, sebagian dari perkebunan cabai tabasco disubkontrakkan ke sejumlah perkebunan di Amerika Latin, tapi bibit cabainya masih dikirim dari Avery Island. Bidang usaha perusahaan McIlhenny berkembang dari saus tabasco hingga ke bidang penambangan garam, pertambangan gas dan minyak bumi, serta sebuah kebun botani bernama Jungle Gardens.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Shevory, Kristina. "The Fiery Family," Wall Street Journal, 31 Maret 2007, hlm. B1.
  2. ^ "TABASCO's Hot History," Morning Edition, National Public Radio (NPR), 29 November 2002.
  3. ^ Kurlansky, Mark. Salt: A World History. Walker & Company: 2002. ISBN 0-8027-1373-4

Pranala luar[sunting | sunting sumber]