Sasha Lazin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sasha Lazin
Informasi latar belakang
Nama lahirAlexander Yurievich Lazin
Lahir27 Oktober 1999 (umur 24)
Krasnoyarsk, Rusia
AsalKrasnoyarsk, Rusia
GenrePop
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif2005 - sekarang

Alexander Yurievich Lazin, atau yang biasa dikenal dengan nama Sasha Lazin (lahir 27 Oktober 1999 di Krasnoyarsk, Rusia), adalah penyanyi berkebangsaan Rusia yang merupakan kontestan Kontes Lagu Eurovision Junior pada tahun 2010. Bersama dengan teman akrabnya, Liza Drozd, Lazin menyanyikan lagu yang berjudul "Boy & Girl" (Laki-laki dan Perempuan) pada perhelatan tersebut, setelah memenangi seleksi tingkat nasional di Rusia.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Sekarang, Lazin tinggal bersama ayahnya, Yuri, ibunya, Natalia, dan saudaranya, Artem. Sejak kecil, ia mulai senang menari dan menyanyi, apalagi jika akan ada audisi atau ada konser ataupun penampilan yang bintang-tamunya adalah Lazin. Sejak tahun 2005, ia sudah mulai dikenal sebagai penyanyi solo di studio "Magic Microphone". Banyak konser yang diikutinya, sampai ia bertemu dengan rekan duetnya sekarang, Liza Drozd di situ. Sekarang, ia bersekolah di SDN Krasnoyarsk 16 (dalam bahasa Inggris disebut School #16 of Krasnoyarsk). Hobinya yang lain adalah berenang, menari, bermain komputer, dan belajar bahasa Inggris. Saat ini, Lazin juga berkonsentrasi berlatih pada cabang olahraga atletik.

Karier[sunting | sunting sumber]

Popularitas Lazin mulai muncul pada tahun 2005, dimana pada saat itu ia menjadi penyanyi solo di studio "Magic Microphone". Dari situlah kariernya berangkat, mulai dari berbagai konser yang diadakan di sana hingga puncaknya yaitu kontes Eurovision. Pada saat yang bersamaan, ia mulai bertemu dengan rekan duetnya sekarang, yaitu Liza Drozd. Mereka bersusah payah untuk mendapatkan tiket menuju Seleksi Nasional Rusia dan pada akhirnya, mereka memenangi seleksi nasional tersebut dan berhak mewakili Rusia di Kontes Lagu Eurovision Junior tahun 2010 ini. Lagu yang mereka bawakan berjudul "Boy & Girl" (Laki-laki dan Perempuan). Saat berlangsungnya Eurovision di Minsk, Belarusia, Lazin & Drozd mendapatkan urutan tampil ketujuh, setelah wakil Swedia, Josefine Ridell dan sebelum wakil Latvia, Šarlote & Sea Stones. Pada akhirnya, Rusia keluar sebagai juara kedua dengan raihan 119 poin, selisih satu poin saja dari juaranya, Armenia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ekaterina Ryabova
dengan "Malenky Prints"
Rusia di Kontes Lagu Eurovision Junior
2010
Diteruskan oleh:
Ekaterina Ryabova
dengan "Kak Romeo i Dzhulyetta"