Sarpsborg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang kota

Sarpsborg ialah sebuah kota dan kotamadya di Provinsi Østfold, Norwegia. Didirikan oleh Raja Viking Olav Haraldsson (Santo Olav) pada 1016. Saat itu Sarpsborg ialah ibukota Norwegia.

Kata Sarp berarti air terjun, yang tetap dan menjadi ciri penting industri. Borg berarti benteng, sehingg artinya secara keseluruhan; benteng dekat air terjun.

Sayangnya sebagian besar kota tua didirikan di dekat sungai Glomma, setelah longsoran lumpur antara 1200-1400. Kota ini dibangun kembali di lokasi yang lebih aman namun dibakar habis oleh bangsa Swedia pada 1567. Seluruh kota dipindahkan ke arah hilir ke daerah yang kini dikenal sebagai Fredrikstad, sekitar 15 km ke arah hulu. Namun Sarpsborg dibangun kembali, dan penduduknya terus berkembang. Selama musim panas 2005 mencapai 50.000.

Bersama dengan Fredrikstad, Sarpsborg membentuk daerah perkotaan terbesar ke-5 di Norwegia. Dari 1 April 2006, menurut Statistik Norwegia kedua kotamadya itu memiliki jumlah penduduk 121.097 - 50.135 di Sarpsborg dan 70.962 di Fredrikstad.

Industri Borregaard telah menjadi industri terpenting di kota ini. Kota ini juga lokasi Borg Bryggerier, bagian Hansa Borg Bryggerier, kelompok tempat pembuatan bir terbesar ke-2 di Norwegia.

Pada 1960-an, Sarpsborg terkenal karena tim sepak bolanya Sarpsborg FK, namun kini lebih terkenal karena tim hokinya Sparta Warriors. Dalam sepak bola, Sparta Sarpsborg telah mengambil alih tahta setempat.

Tokoh terkenal dari Sarpsborg[sunting | sunting sumber]